Home » » Pintar Pelajaran Batik

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Batik

Perpustakaan Cyber (3/4/2015) - Siapa yang tidak kenal dengan batik? Batik merupakan salah satu hasil karya seni murni dari negara Indonesia. Batik juga merupakan warisan leluhur yang sangat berharga dan diturunkan secara turun temurun dari waktu ke waktu. Tentunya alasannya mempunyai value atau nilai yang sangat tinggi, tidak heran kalau eksistensi dari batik tersebut mempunyai banyak sekali hal-hal unik yang menarik untuk dibahas. Melalui gosip mengenai fakta terkait batik dibawah ini, anda akan dapat mengetahui langsung apa saja hal-hal menarik dan juga menakjubkan yang dimiliki oleh karya seni yang satu ini.


1. Asal Nama Batik

Pertama, batik berasal dari kata amba dan titik. Amba artinya yakni menulis, sementara titik artinya yakni menitik. Kaprikornus dalam batik ini, terlihat sekali bagaimana bakat dari professional pembuat batik yang menciptakan karya seni dengan cara menulis di kain atau pakaian tersebut. Tekniknya yang dimiliki untuk menciptakan batik tersebut tentu saja berbeda satu dengan yang lainnya. Proses menitik yang cukup rumit biasanya akan dilakukan dalam waktu yang lama, sementara proses menitik untuk desain yang sederhana sering kali dapat diselesaikan dengan cara yang cepat. Dalam pembuatan motif yang ada di kain batik, tentunya ada banyak sekali macam motif yang dapat dilihat tergantung dari asal kawasan pembuatan batik itu sendiri.

2. Batik telah Diakui oleh UNESCO

Fakta yang menakjubkan yakni batik itu sendiri ternyata telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu masterpiece atau warisan budaya yang berasal dari Indonesia. Mungkin dulu sempat terdengar rumor bahwa Malaysia mengakui eksistensi dari karya seni batik ini yakni miliknya. Namun dengan tegas rakyat Indonesia menyanggah dan mengambarkan sekuat tenaga bahwa batik ini murni berasal dari negara Indonesia. Hasilnya tentunya jadinya positif alasannya memang batik merupakan salah satu warisan karya seni orisinil Indonesia dan sudah disahkan pada tanggal 2 oktober 2009 lalu. Inilah yang mengambarkan bahwa kecintaan rakyat Indonesia terhadap pakaian yang satu ini memang sanat besar sekali.

3. Membatik yakni Mata Pencaharian yang Eksklusif

Ada fakta menarik mengenai batik ini. Ternyata, membatik yakni mata pencaharian dari perempuan semenjak zaman dahulu. Wanita zaman dahulu, khususnya para remaja telah dilatih untuk menciptakan karya seni batik yang sangat luar biasa. Bahkan ada pelajaran tersendiri mengenai seni batik untuk mereka yang masih kanak-kanak pada masa itu. Hasilnya, terciptalah sebuah karya seni yang luar biasa dan ketika mereka sampaumur maka mereka akan dapat menciptakan sebuah karya seni batik yang istimewa. Pekerjaan ini di masa lampau populer sebagai salah satu pekerjaan yang eksklusif. Hal ini terang dikarenakan banyaknya ningrat dan juga nama-nama besar yang memakai batik ini untuk tujuan tertentu.

4. Corak Tema Batik yakni Flora dan Fauna

Secara fakta, sudah terang bahwa batik ini tidak hanya mempunyai satu atau dua jenis desain saja namun ada banyak sekali jenis desain yang tersedia untuk pakaian batik ini. Tema yang paling sering ditemukan dalam pakaian batik yakni tema tanaman dan juga fauna. Dengan adanya tema tanaman dan fauna ini maka akan semakin mengentalkan desain menarik yang dimilikinya. Pilihan warna dari pakaian batik ini juga ada banyak jumlahnya. Maka dari itu, pakaian yang mempunyai seni batik didalamnya sangat populer sekali tidak hanya di kalangan lokal di negara Indonesia saja namun juga sangat populer di seluruh dunia. Batik juga merupakan sebuah karya seni yang diburu oleh banyak para pedagang, dan bahkan penjajah Indonesia zaman dahulu juga sangat menyukai bentuknya.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!