Home » » Pintar Pelajaran Angin Demam Isu (Muson) Timur

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Angin Demam Isu (Muson) Timur

angin ekspresi dominan timur atau biasa disebut juga angin muson timur. Ilmu pengetahuan yang semakin berkembang menciptakan insan dapat memprediksi dan mempelajari dengan baik serangan angin tersebut. Dengan begitu resiko terburuk dapat dihindari oleh manusia, kalau serangan angin ini tiba mengusik kehidupan manusia. Keberadaan fenomena alam ini tentunya tidak dapat dihindari, sehingga kewaspadaan tinggi harus diterapkan. Adanya angin ekspresi dominan timur ini sangat dipengaruhi oleh gravitasi, perpindahan matahari dan perputaran bumi yang terjadi dalam satu kesatuan. Apa saja fakta menarik berkaitan dengan angin ekspresi dominan timur ini?


1.   Angin ekspresi dominan timur biasanya melanda sekitar bulan April hingga Oktober. Saat angin ekspresi dominan ini menyerang, posisi matahari menempati belahan bumi pecahan utara. Kondisi tersebut berdampak pada naiknya temperatur dan menurunnya tekanan udara. Fenomena alam ini akan melanda hampir seluruh benua Asia. Sedangkan kalau angin ekspresi dominan timur melanda daerah Australia, maka temperatur akan menurun dan tekanan udara menjadi tinggi. Kondisi ini dikarenakan matahari mengalami perpindahan. Sehingga angin ekspresi dominan ini kemudian bergerak ke arah berlawanan dengan meluncur dari Australia menuju daerah Asia.

2.   Angin ekspresi dominan timur dikenal juga dengan sebutan angin ekspresi dominan kemarau. Hal ini lantaran jawaban terpaan angin tersebut curah hujan menjadi menurun, sehingga berdampak pada datangnya ekspresi dominan kering atau ekspresi dominan kemarau di daerah Indonesia.

3.   Musim pancaroba muncul sebelum pergantian ekspresi dominan jawaban adanya angin ekspresi dominan timur. Kedatangan ekspresi dominan ini biasanya akan dibarengi dengan adanya hujan lebat mendadak dan cepat, temperatur udara sangat panas dan hembusan arah angin tidak teratur.

4.   Keberadaan angin ekspresi dominan timur tidak dapat dihindari, lantaran meskipun terkadang mengganggu aktifitas insan bekerjsama kondisi ini harus disyukuri. Karena adanya angin ekspresi dominan ini terjadi keseimbangan alam. Sehingga terjadi pergantian ekspresi dominan antara ekspresi dominan hujan dan ekspresi dominan kemarau. Dengan adanya perbedaan ekspresi dominan ini, insan dapat lebih beradaptasi, antisipasi dampak negatif dan memanfaatkan dampak konkret untuk keberlangsungan hidup manusia.

5.   Istilah muson berasal dari bahasa Arab yakni mosem yang mempunyai makna ekspresi dominan dalam bahasa Indonesia. Sehingga dikala ini masih dipakai dua istilah angin muson timur dan angin ekspresi dominan timur.

6.   Angin ekspresi dominan timur yakni angin yang bergerak secara periodik di Samudra Hindia dan pecahan selatan benua Asia.

7.   Angin ekspresi dominan timur dimanfaatkan untuk dunia pelayaran oleh orang Yunani kuno. Mereka sangat gemar berlaut hingga jarak yang jauh untuk berperang. Hippalus yakni pelaut Yunani pertama yang memanfaatkan kondisi alam ini guna menambah kecepatan kapal layarnya di daerah sepanjang Samudra Hindia.

8.   Fenomena angin timur maritim terjadi disebabkan  daratan terasa lebih sejuk dan hangat daripada lautan. Kondisi itu mengakibatkan temperatur di lautan menjadi lebih dingin, dibandingkan dengan temperatur di daratan dikala terjadi ekspresi dominan panas. Keadaan ini juga mencetus suhu udara di daratan menjadi lebih panas.

9.   Angin ekspresi dominan timur ibarat angin laut, hanya saja hembusannya lebih kuat, lebih konstan dan ukuran yang lebih besar. Ilmu pengetahuan mengenai angin ekspresi dominan tersebut tersebar ke aneka macam daerah diantaranya Afrika,  Australia dan Asia yang mempunyai iklim subtropis dan tropis.

10. Nelayan di daerah pantai maritim selatan terpaksa tidak mencari ikan selama berbulan-bulan kalau angin ekspresi dominan timur ini datang. Karena untuk pertimbangan keselamatan jiwa para nelayan. Untuk menunggu serangan angin ini selesai, mereka biasanya memperbaiki jala, kapal dan perlengkapan lainnya.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!