Home » » Pintar Pelajaran Hujan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Hujan

musim hujan. Musim hujan ialah animo di mana hujan terus menerus turun meskipun pada animo kemarau hujan juga sanggup turun sewaktu-waktu. Berikut ini beberapa fakta menarik wacana hujan yang mungkin belum Anda ketahui dan sanggup Anda jadikan sebagai materi penelitian.

1.   Turunnya Hujan

Hujan mempunyai kecepatan jatuh yang cukup lambat, yakni hanya sekitar 8-10 kilometer per jamnya. Hal ini dikarenakan titik hujan yang mempunyai bentuk khusus dan ditambah dengan ukiran atmosfer ketika hujan turun. Bayangkan kalau hujan turun dalam bentuk gelembung air besar dengan kecepatan penuh, tentunya hal ini angker lantaran bumi sanggup hancur setiap kali hujan turun.


2.   Butiran air hujan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, butiran air hujan atau titik hujan mempunyai bentuk khusus. Bentuk ini sanggup berubah ratusan kali tiap detiknya. Jika dibekukan, akan terjadi keping kristal indah. Sangat berbeda dengan air yang dibekukan di freezer. 

3.   Jumlah Air Hujan

Diperkirakan ada sekitar 16 juta ton air yang menguap dari bumi setiap detiknya. Hal ini sama dengan jumlah air yang turun ketika hujan atau proses lain di bumi dalam satu detiknya. Meskipun begitu air tidak pernah berkurang lantaran mereka akan terus berputar dalam semacam daur seimbang.

4.   Hujan unik

Fakta menarik wacana hujan yang satu ini seringkali dijadikan materi penelitian. Hujan rupanya tidak hanya berupa air saja. Pernah terjadi banyak sekali macam hujan yang unik di banyak sekali potongan dunia. Di Indonesia sendiri, kerapkali ditemui hujan bubuk yang berasal dari erupsi gunung berapi. Di samping itu, di negara tropis menyerupai Indonesia ini juga seringkali ditemui hujan es. Mengapa sanggup terjadi hujan es?

Sebenarnya hujan es sangat sulit terjadi. Hal ini sanggup disebabkan oleh banyak hal. Pertama yakni adanya awan kumolonimbus, yang disebabkan oleh adanya arus udara yang berpengaruh sehingga terjadi pembekuan air hujan di puncak awan. Jika air hujan sudah beku, maka air itu diturunkan di kawasan hangat semoga kelembapan tidak hilang dan siklusnya pun tetap berulang. Hujan es sanggup terjadi di sekitar khatulistiwa yang mempunyai jajaran pegunungan besar. Di samping itu, hujan es juga sanggup terjadi kalau udara hangat. Ciri-cirinya juga terlihat kalau cuaca sangat panas kemudian tiba-tiba terjadi awan mendung yang sangat hitam, maka hal ini sanggup saja merupakan tanda akan terjadi hujan es.

Hujan unik lainnya yakni hujan “darah”. Hujan ini gotong royong berupa air berwarna merah sehingga terlihat menyerupai darah. Diduga adanya semacam ganggang atau kuman yang turut dalam air hujan ini. Hujan “darah” ini pernah terjadi di Kerala, India di tahun 2001. Pernah juga terjadi pada 2008 di La Sierra Choco, Columbia, meskipun tentunya dengan tekstur air hujan yang berbeda.

Hujan disertai busa putih (foam menyerupai ketika mencuci baju) juga pernah terjadi di Aberdeen, Skotlandia. Hujan ini merupakan adonan dari air dan materi organik lainnya.

5.   Aroma Hujan

Banyak orang menyukai aroma hujan yang khas ini. Hal ini dikarenakan adanya senyawa yang disebut sebagai petrichor.

6.   Dapat “Menghipnotis”

Mengapa banyak orang menyukai momen ketika hujan? Fakta menarik wacana hujan ini memang benar dan pernah diteliti meskipun belum sanggup dibuktikan secara ilmiah. Hal ini dikarenakan hujan sanggup menciptakan insan mengingat kembali momen masa kemudian sehingga seakan-akan terhipnotis.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!