Home » » Pintar Pelajaran Sejarah Berdirinya Indische Partij (Tahun 1912), Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Sejarah Berdirinya Indische Partij (Tahun 1912), Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional

Artikel dan Makalah perihal Sejarah Berdirinya Indische Partij (25 Desember Tahun 1912), Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional - Indische Partiij merupakan organisasi gabungan orang Indo (peranakan Eropa-Indonesia) dengan pribumi. Indische Partij didirikan oleh Dr.Ernest Francois Eugene Douwes Dekker (Danu Dirjo Setyabudi) Dr. Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat, di Bandung tanggal 25 Desember 1912. Mereka populer dengan sebutan “Tiga Serangkai”. Indische Partij yaitu organisasi yang pertama bergerak dalam bidang politik dengan haluan asosiasi dan kooperasi. Tujuannya yaitu Indonesia merdeka, dasarnya: nasionalisme indische, semboyannya: “Indie untuk Indier”. (Baca juga : Pengaruh Ideologi Baru Terhadap Kesadaran dan Pergerakan Nasionalisme di Indonesia)

Karena sifatnya yang progesif dan tegas, yakni ingin merdeka, pemerintahan Hindia Belanda cemas. Bahkan, pada Agustus 1913 para pemimpinnya ditangkap dan diasingkan ke negeri Belanda. Pada 4 Mei 1913, Indische Partiij dinyatakan sebagai partai terlarang.

Walaupun sudah dibubarkan, ketiga tokoh ini tetap berjuang. Douwes Dekker tetap di jalur politik. Suwardi Suryaningrat yang lalu lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara terjun dalam bidang pendidikan. Adapun Tjipto Mangunkusumo meneruskan perjuangannya yang radikal walaupun dalam beberapa waktu harus berjuang di dalam penjara.

Anda kini sudah mengetahui Indische Partij. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!