Home » » Pintar Pelajaran Kelimpahan Golongan Iia, 2A, Alkali Tanah, Di Alam, Senyawa, Unsur Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kelimpahan Golongan Iia, 2A, Alkali Tanah, Di Alam, Senyawa, Unsur Kimia

Kelimpahan Golongan IIA, 2A, Alkali Tanah, di Alam, Senyawa, Unsur Kimia - Di alam unsur-unsur alkali tanah terdapat dalam bentuk senyawa. Magnesium dan kalsium terdapat dalam batuan silikat dan aluminosilikat sebagai kationiknya. Oleh alasannya yaitu kation-kation dalam silikat itu larut dalam air dan terbawa oleh air hujan ke maritim maka ion-ion Ca2+ dan Mg2+ banyak ditemukan di laut, terutama pada kulit kerang sebagai CaCO3. Kulit kerang dan binatang maritim lainnya yang mati berakumulasi membentuk deposit watu kapur. Magnesium dalam air maritim bereaksi dengan sedimen kalsium karbonat menjadi dolomit, CaCO3.MgCO3. Mineral utama berilium yaitu beril, Be3Al2(SiO3)6 (lihat Gambar 1), mutiara dari jenis aquamarin (biru terang), dan emerald (hijau tua). Stronsium terdapat dalam celestit, SrSO4, dan stronsianat, SrCO3. Barium ditemukan dalam barit, BaSO4, dan witerit, BaCO3. Radium terdapat dalam jumlah kecil pada bijih uranium, sebagai unsur radioaktif.
unsur alkali tanah terdapat dalam bentuk senyawa Pintar Pelajaran Kelimpahan Golongan IIA, 2A, Alkali Tanah, di Alam, Senyawa, Unsur Kimia
Gambar 1. Berilium. [1]
a. Kalsium [2]

Kalsium di alam terdapat dalam senyawaan seperti CaCO3 dalam kalsit, watu kapur (gamping), pualam, watu karang, dan kulit kerang; CaSO4.2H2O dalam gips atau albar atau watu tahu; Ca3(PO4)2 dalam tulang; dan CaF2. Sebagian besar cadangan watu kapur Indonesia terdapat di Sumatra Barat.

b. Magnesium [2]

Magnesium di alam terdapat sebagai garam-garam karbonat, klorida, silikat, dan sulfat. Misal magnesit (MgCO3), dolomit (CaCO3.MgCO3), karnalit (KCl.MgCl2.6H2O), kainit (KCl.MgSO4.3H2O), kiserit (MgSO4.H2O), asbes (CaSiO3.3MgSiO3), talek (3MgO.4SiO2.H2O), dan mika yaitu banyak sekali jenis Al-Mg-K-Silikat. Dolomit banyak ditemukan di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura dan Papua.

Oleh alasannya yaitu efek pelapukan, Mg dibebaskan dari garam-garam silikat dan merupakan bab dari tanah yang sanggup diserap oleh tumbuh-tumbuhan. Mg yaitu salah satu zat yang diharapkan oleh tumbuh-tumbuhan (dalam klorofil).

Anda kini sudah mengetahui Kelimpahan Golongan IIA. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

Referensi Lainnya :

[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Be-140g.jpg

[2] Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!