Home » » Pintar Pelajaran Kelimpahan Golongan Viia, 7A, Halogen, Di Alam, Senyawa, Unsur Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kelimpahan Golongan Viia, 7A, Halogen, Di Alam, Senyawa, Unsur Kimia

Kelimpahan Golongan VIIA, 7A, Halogen, di Alam, Senyawa, Unsur Kimia - Berdasarkan konfigurasi elektronnya, halogen menempati golongan VIIA dalam tabel periodik. Atom-atom unsur halogen mempunyai afinitas elektron tinggi sehingga gampang mendapatkan elektron membentuk konfigurasi elektron gas mulia. Oleh alasannya yaitu itu, unsur-unsur halogen tidak pernah ditemukan dalam keadaan unsur bebas di alam.

Halogen umumnya terdapat dalam bentuk garamnya. Oleh alasannya yaitu itu, unsur-unsur golongan VIIA dinamakan halogen, artinya pembentuk garam (halos dan genes, halos = garam; genes = pembentuk atau pencipta). Fluorin dan klorin merupakan unsur halogen yang melimpah di alam. Fluorin terdapat dalam mineral fluorapatit, 3Ca3(PO4)2.CaF2 dan mineral fluorit, CaF2. 

Klorin melimpah dalam bentuk NaCl terlarut di lautan maupun sebagai deposit garam. Bromin kurang melimpah, terdapat sebagai ion Br dalam air laut. Iodin terdapat dalam jumlah sedikit sebagai NaI dalam air maritim dan sebagai NaIO3 bersama-sama garam nitrat. Unsur astatin tidak dijumpai di alam alasannya yaitu bersifat radioaktif sehingga gampang berkembang menjadi unsur lain yang lebih stabil.

a. Klor [1]

Klor terdapat di alam lantaran daya gabung klor terhadap unsur-unsur lain yang biasanya sangat besar membentuk senyawaan terutama dalam garam dapur NaCl, KCl dan MgCl2.

b. Brom [1]

Brom mula-mula diperoleh dari dalam air laut. Unsur-unsur ini kini diusahakan dalam jumlah yang besar sebagai bromida, misal NaBr, MgBr2.

c. Iod [1]

Iod terdapat sebagai Na-iodat dalam mutterlauge, sendawa chili sebagai iodida dalam ganggang maritim dan dalam sumber air iodium di Jawa Timur (Mojokerto) serta dalam kelenjar gondok insan dan hewan.

d. Fluor [1]

Oleh lantaran daya gabung terhadap unsur-unsur lain lebih besar daripada halogen lainnya, maka fluor selalu terdapat sebagai senyawaan, antara lain fluorit (CaF2) dan kriolit (Na3AlF6).

Anda kini sudah mengetahui Kelimpahan Golongan VIIA. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

Referensi Lainnya :

[1] Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!