Home » » Pintar Pelajaran Proses Osmosis Balik, Tekanan Luar, Rumus, Pola Soal, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Proses Osmosis Balik, Tekanan Luar, Rumus, Pola Soal, Kimia

Proses Osmosis Balik, Tekanan Luar, Rumus, Contoh Soal, Kimia - Proses osmosis suatu larutan sanggup dihentikan. Proses osmosis juga bahkan sanggup dibalikkan arahnya dengan menerapkan tekanan yang lebih besar dari tekanan osmosis larutan. Proses ini dinamakan osmosis balik. Osmosis balik berkhasiat dalam desalinasi (penghilangan garam) air bahari untuk memperoleh air tawar dan garam dapur, menyerupai sanggup dilihat pada Gambar 1.
 Proses osmosis suatu larutan sanggup tidak boleh Pintar Pelajaran Proses Osmosis Balik, Tekanan Luar, Rumus, Contoh Soal, Kimia
Gambar 1. (a) Alat desalinasi air bahari melalui osmosis balik. (b) Alat desalinasi tersusun atas silinder-silinder yang dinamakan permeator, yang mengandung jutaan serat berongga kecil. (c) Dengan adanya tekanan, air bahari masuk ke dalam permeator dan masuk ke dalam serat berongga sehingga ion-ion garam sanggup dipisahkan dari air laut.
Penerapan tekanan dari luar yang melebihi nilai π (tekanan osmotik) mengakibatkan terjadinya osmosis balik.

Pada proses desalinasi, molekul-molekul air keluar dari larutan meninggalkan zat terlarut. Membran yang sanggup dipakai untuk proses osmosis balik yaitu selulosa asetat. Membran ini sanggup dilewati oleh molekul air, tetapi tidak sanggup dilewati oleh ion-ion garam dari air laut.

Contoh Soal Cara Menentukan / Menghitung Tekanan Luar pada Proses Osmosis Balik :

Air gula (C12H22O11) mempunyai konsentrasi 0,5 M. Berapakah tekanan minimum yang harus diterapkan pada air gula 0,5 M untuk memisahkan gula dari pelarutnya secara osmosis balik pada 25 °C?

Jawaban :

Tekanan minimum yaitu tekanan luar yang setara dengan tekanan osmotik larutan.

π = (0,5 mol L–1)(0,082 L atm mol–1 K–1)(298K) = 4,018 atm

Jadi, tekanan luar yang diharapkan biar terjadi osmosis balik harus lebih besar dari 4,018 atm. (jika tekanan luar sama dengan π, tidak terjadi osmosis balik, tetapi hanya hingga menghentikan tekanan osmotik larutan).

Anda kini sudah mengetahui Osmosis Balik. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!