Home » » Pintar Pelajaran Pembuatan Dan Kegunaan Gas F2, Cl2, Br2, I2, Fluorin, Klorin, Bromin, Iodin, Halogen, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Pembuatan Dan Kegunaan Gas F2, Cl2, Br2, I2, Fluorin, Klorin, Bromin, Iodin, Halogen, Kimia

Pembuatan dan Kegunaan Gas F2, Cl2, Br2, dan I2, Fluorin, Klorin, Bromin, Iodin, Halogen, Kimia - Gas F2 merupakan oksidator berpengaruh sehingga hanya sanggup dibentuk melalui elektrolisis garamnya, adalah larutan KF dalam HF cair. Dalam elektrolisis dihasilkan gas H2 di katode dan gas F2 di anode. Perhatikan Gambar 1.
merupakan oksidator berpengaruh sehingga hanya sanggup dibentuk melalui elektrolisis garamnya Pintar Pelajaran Pembuatan dan Kegunaan Gas F2, Cl2, Br2, I2, Fluorin, Klorin, Bromin, Iodin, Halogen, Kimia
Gambar 1. Pembuatan gas F2 secara elektrolisis.
Gas F2 diproduksi secara komersial untuk materi bakar nuklir uranium. Logam uranium direaksikan dengan gas fluorin berlebih menghasilkan uranium heksafluorida, UF6 (padatan berwarna putih dan gampang menguap).

Gas Cl2 dibuat melalui elektrolisis lelehan NaCl, reaksinya:

Anoda : Cl(l) →  Cl2(g)
Katoda : Na+(l) → Na(s)

Gas Cl2 digunakan sebagai materi dasar industri plastik, menyerupai vinil klorida, CH2=CHCl (untuk PVC), CCl4 (untuk fluorokarbon), dan CH3Cl (untuk silikon dan TEL). Dalam jumlah besar, klorin dipakai untuk desinfektan, pemutih, pulp kertas, dan tekstil.

Gas Br2 dibuat dari air bahari melalui oksidasi dengan gas Cl2. Secara komersial, pembuatan gas Br2 sebagai berikut.

a. Air bahari dipanaskan kemudian dialirkan ke tanki yang berada di puncak menara.
b. Uap air panas dan gas Cl2 dialirkan dari bawah menuju tanki. Setelah terjadi reaksi redoks, gas Br2 yang dihasilkan diembunkan sampai terbentuk lapisan yang terpisah. Bromin cair berada di dasar tangki, sedangkan air di atasnya.
c. Selanjutnya bromin dimurnikan melalui distilasi.

Bromin dipakai dalam industri untuk menciptakan senyawa metil bromida, CH3Br (sebagai pestisida), perak bromida (untuk film fotografi), dan alkali bromida (untuk sedatif).

Gas I2 diproduksi dari air bahari melalui oksidasi ion iodida dengan oksidator gas Br2. Iodin juga sanggup diproduksi dari natrium iodat (suatu pengotor dalam garam (Chili, NaNO3) melalui reduksi ion iodat oleh NaHSO3. Iodin dipakai untuk menciptakan senyawa AgI sebagai film fotografi dan KI sebagai nutrisi dan masakan ternak. 

Anda kini sudah mengetahui Gas F2, Cl2, Br2, dan I2. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!