Home » » Pintar Pelajaran Peranan, Manfaat Koloid Dalam Industri Dan Kehidupan Sehari-Hari, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Peranan, Manfaat Koloid Dalam Industri Dan Kehidupan Sehari-Hari, Kimia

Peranan, Manfaat Koloid dalam Industri dan Kehidupan Sehari-hari, Kimia - Setelah mempelajari jenis-jenis koloid dan contohnya pada uraian di atas, ternyata kalian aneka macam memakai benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam sistem koloid, contohnya kosmetik, makanan, maupun obat-obatan.

1. Manfaat Koloid Dalam Industri Kosmetik

Bagi kalian para wanita, mungkin tak ada yang absurd dengan kosmetik. Bahkan, ketika ini kosmetik tidak hanya dipakai oleh kaum perempuan saja, akan tetapi kaum laki-laki pun mulai menggunakannya. Hal ini ditunjukkan dengan beragamnya kosmetik yang diperuntukkan khusus laki-laki maupun khusus wanita. Dalam bidang kosmetik, kita sering memakai koloid dalam pelarut tertentu menyerupai pembersih muka, pewangi tubuh berbentuk spray, semprot rambut, jell untuk rambut, dan produk kosmetik lainnya.

2. Peranan Koloid Dalam Bidang Makanan

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari ada yang berbentuk padatan ataupun cairan. Akan tetapi, terkadang beberapa kuliner yang berbentuk padatan sulit untuk dicerna. Sehingga oleh pabrik, produk-produk kuliner dibentuk dalam bentuk koloid. Produk-produk kuliner yang memakai sistem koloid antara lain kecap, saus, keju, mentega, dan krim.

3. Manfaat Koloid Dalam Bidang Farmasi

Seperti halnya makanan, obat pun ada yang berwujud padatan (tablet) sehingga bagi belum dewasa sulit untuk menelannya. Untuk mengatasinya, obat tersebut dikemas dalam bentuk koloid sehingga gampang diminum Contohnya obat batuk yang berbentuk sirup.

4. Peranan Koloid Dalam Industri Tekstil [1]

Pewarna tekstil berbentuk koloid alasannya yaitu memiliki daya serap yang tinggi, sehingga sanggup menempel pada tekstil.

5. Manfaat Koloid Dalam Industri Sabun dan Detergen [1]

Sabun dan detergen merupakan emulgator untuk membentuk emulsi antara kotoran (minyak) dengan air, sehingga sabun dan detergen sanggup membersihkan kotoran, terutama kotoran dari minyak.

Anda kini sudah mengetahui Peranan Koloid atau Manfaat Koloid. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Premono, S. A. Wardani, dan N. Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Referensi Lainnya :

[1] Utami, B. A. Nugroho C. Saputro, L. Mahardiani, S. Yamtinah, dan B. Mulyani. 2009. Kimia 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI, Program Ilmu Alam. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 274.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!