Home » » Pintar Pelajaran Pembuatan Dan Kegunaan Litium Karbonat, Natrium Hidroksida, Kalium Klorida, Alkali, Reaksi, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Pembuatan Dan Kegunaan Litium Karbonat, Natrium Hidroksida, Kalium Klorida, Alkali, Reaksi, Kimia

Pembuatan dan Kegunaan Litium Karbonat, Natrium Hidroksida, Kalium Klorida, Alkali, Reaksi, Kimia - Litium karbonat yakni garam yang kurang larut, diperoleh dari pengolahan bijih litium. Garam ini digunakan untuk menciptakan LiOH. Kalsium hidroksida bereaksi dengan litium karbonat mengendapkan kalsium karbonat, dan meninggalkan larutan LiOH.

Ca(OH)2(aq) + Li2CO3(aq) → CaCO3(s) + 2LiOH(aq)

LiOH digunakan pada pabrik sabun litium untuk pelumas.

Contoh Soal Pembuatan Unsur Alkali :

Tunjukkan dengan persamaan kimia, bagaimana KNO3 (kalium nitrat) sanggup dibentuk dari KCl (kalium klorida) dan asam nitrat dalam dua tahap.

Jawaban :

Kalium hidroksida dibentuk secara komersial dari kalium klorida dengan cara elektrolisis larutannya.

KOH(aq) + HNO3(aq) → KNO3(aq) + H2O(l)

Natrium klorida merupakan sumber logam natrium dan materi baku senyawa natrium lainnya. Senyawa NaOH diproduksi melalui elektrolisis larutan natrium klorida. Reaksi total sel elektrolisis adalah

2NaCl(aq) + 2H2O(l) → 2NaOH(aq) + H2(g) + Cl2(g)

Natrium hidroksida merupakan basa berpengaruh dan mempunyai banyak aplikasi penting dalam proses kimia. Sejumlah besar NaOH digunakan untuk menciptakan kertas, memisahkan aluminium oksida, dan penyulingan minyak bumi.

Senyawa Na2CO3 (soda ash) digunakan pada pembuatan gelas. Senyawa Na2CO3.10H2O dipakai sebagai pelunak air sadah yang ditambahkan ke dalam pembuatan sabun.

Natrium karbonat dibentuk melalui proses solvay, yaitu metode pembuatan Na2CO3 dari NaCl, NH3, dan CO2. Dalam proses solvay: NH3 dilarutkan ke dalam larutan jenuh NaCl, kemudian gas CO2 dihembuskan ke dalam larutan sampai terbentuk endapan NaHCO3 (baking soda).

Reaksi total :

NH3(g) + NaCl(aq) + CO2(g) → NaHCO3(s) + NH4Cl(aq)

Endapan NaHCO3 disaring, dicuci, kemudian dipanaskan sekitar 175 °C, dan NaHCO3 terurai menjadi natrium karbonat.



2NaHCO3(s)
Na2CO3(s) + CO2(g) + H2O(l)

Kalium klorida merupakan senyawa kalium penting. Lebih dari 90 % KCl digunakan dalam pupuk, alasannya yakni ion kalium berfungsi sebagai nutrien bagi tanaman. Secara berkala, KCl digunakan untuk menciptakan kalium dan senyawa kalium yang lain. Kalium hidroksida diperoleh dari elektrolisis larutan KCl.

Anda kini sudah mengetahui Litium Karbonat, Natrium Hidroksida, Kalium Klorida. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!