Home » » Pintar Pelajaran Kelimpahan Golongan Ia, 1A, Alkali, Di Alam, Senyawa, Unsur Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kelimpahan Golongan Ia, 1A, Alkali, Di Alam, Senyawa, Unsur Kimia

Kelimpahan Golongan IA, 1A, Alkali, di Alam, Senyawa, Unsur Kimia - Sumber utama logam alkali yakni air laut. Air maritim merupakan larutan garam-garam alkali dan alkali tanah dengan NaCl sebagai zat terlarut utamanya. Jika air maritim diuapkan, garam-garam yang terlarut akan membentuk kristal. Selain air laut, sumber utama logam natrium dan kalium yakni deposit mineral yang ditambang dari dalam tanah, menyerupai halit (NaCl), silvit (KCl), dan karnalit (KCl.MgCl.H2O). Mineral-mineral ini banyak ditemukan di banyak sekali potongan bumi.

Tabel 1. Mineral Utama Logam Alkali

Unsur
Sumber Utama
Litium
Spodumen, LiAl(Si2O6)
Natrium
NaCl
Kalium
KCl
Rubidium
Lepidolit, Rb2(FOH)2Al2(SiO3)3
Cesium
Pollusit, Cs4Al4Si9O26.H2O

Pembentukan mineral tersebut melalui proses yang lama. Mineral berasal dari air maritim yang menguap dan garam-garam terlarut mengendap sebagai mineral. Kemudian, secara perlahan mineral tersebut tertimbun oleh debu dan tanah sehingga banyak ditemukan tidak jauh dari pantai.

Logam alkali lain diperoleh dari mineral aluminosilikat. Litium terdapat dalam bentuk spodumen, LiAl(SiO3)2. Rubidium terdapat dalam mineral lepidolit. Cesium diperoleh dari pollusit yang sangat jarang, CsAl(SiO3)2.H2O. Fransium bersifat radioaktif.

a. Natrium [1]

Natrium terdapat di alam dalam senyawaan. Antara lain natrium klorida (NaCl) yang terlarut dalam air maritim dan sebagai garam watu dalam tanah; natrium nitrat (NaNO3); dan natrium karbonat (Na2CO3) sebagai soda alam. Natrium karbonat berupa hablur putih yang larut dalam air. Bentuk hidratnya disebut soda cuci, Na2CO3.10H2O. Natrium klorida atau garam dapur terdapat banyak sekali di seluruh dunia. Selain terlarut dalam air maritim (hampir 3%) juga dalam lapisan-lapisan di dalam tanah (garam darat) yang adakala hingga ratusan meter tebalnya. Garam dapur banyak dihasilkan di Pulau Madura.

Natrium nitrat juga disebut sendawa chili, terdapat di alam di perbatasan antara Chili dan Peru. Diduga, bahwa sendawa chili di kawasan tersebut terbentuk dari pelapukan flora maritim dan kotoran-kotoran burung dengan imbas oksigen dan bakteri-bakteri sendawa.

b. Kalium [1]

Kalium dalam alam hanya terdapat dalam senyawaan, menyerupai silvinit (KCl), karnalit (KCl.MgCl2.6H2O), dan kainit (KCl.MgSO4.3H2O). Adapun potas atau garam bubuk (K2CO3) dihasilkan dari pembakaran tumbuh-tumbuhan darat.

Anda kini sudah mengetahui Kelimpahan Golongan IA. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

Referensi Lainnya :

[1] Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!