Home » » Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya

LIRIK LAGU : Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya

Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya -  Tumbuhan mempunyai beberapa penggalan di dalamnya. Salah satunya yaitu daun. Apa pengertian daun itu? Bagaimana struktur pada daun itu? Apa saja jenis jenis daun? Daun yaitu penggalan dari flora yang terdapat pada ranting. Warna daun pada umumnya yaitu hijau dikarenakan terdapat klorofil atau zat hijau daun di dalamnya. Selain itu daun juga mempunyai fungsi yang utama yaitu menangkap cahaya matahari sebagai energi dalam proses fotosintesis. Daun sendiri berperan penting dalam kelangsungan hidup flora sebab termasuk dalam salah satu organ di dalamnya.

Tumbuhan termasuk dalam organisme autotrof obligat yang merupakan jenis pemasok energi yang diharapkan dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan energinya diperoleh melalui cahaya matahari yang dikonversi menjadi energi kimia. Fungsi daun yang paling banyak diketahui yaitu sebagai daerah terjadinya fotosintesis. Fotosintesis yaitu proses produksi atau pengolahan kuliner melalui stomata yang berasal dari air dan CO2 (Karbon Dioksida) dengan santunan cahaya sebagai energi sehingga sanggup dijadikan sebagai zat tepung. Semua itu tidak sanggup dilepaskan dari adanya tugas struktur daun, baik apapun jenis daunnya.
Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya
Struktur Pada Daun
Daun tidak hanya berkhasiat sebagai daerah fotosintesis saja. Tetapi juga dipakai untuk alat respirasi sebab di dalamnya terdapat stomata. Fungsi stomata tersebut yaitu untuk alat pernafasan atau untuk bernafas. Bahkan daun juga berfungsi untuk alat reproduksi vegetatif, contohnya saja tumbuhan cocor angsa yang sanggup menghasilkan tunas pada daunnya. Daun pada cocor angsa berkhasiat untuk menciptakan tumbuhan tersebut menjadi lebih banyak. Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan perihal struktur daun lengkap dengan jenis jenis daunnya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya

Kita tahu bahwa daun merupakan salah satu organ flora dengan aneka macam macam bentuknya. Setiap jenis daun mempunyai sruktur yang hampir sama meskipun bentuknya berbeda. Selain itu fungsinya juga sama. Salah satunya yaitu sebagai alat transpirasi. Transpirasi merupakan proses penguapan air dalam daun yang berlangsung di permukaan daun melalui kutikula dan stomata atau verbal daunnya. Namun proses penguapan air ini pada umumnya berlangsung di daun penggalan bawah. Di permukaan daun memang mempunyai kutikula yang berkhasiat untuk mengurangi penguapannya.
Baca juga : Sistem Pernapasan Hewan Vertebrata dan Invertebrata Lengkap
Daun juga berfungsi untuk proses gutasi. Apa yang dimaksud gutasi itu? Gutasi yaitu proses pengeluaran air atau cairan yang berbentuk tetesan air. Daun sendiri mempunyai struktur penggalan di dalamnya yang terdiri dari dua macam. Adapun macam macam struktur daun yaitu strukur penggalan dalam daun dan struktur penggalan luar daun. Apapun jenis daunnya niscaya mempunyai kedua struktur tersebut. Berikut klarifikasi selengkapnya:

Struktur Bagian Luar Daun

Struktur pada daun yang pertama akan aku jelaskan yaitu struktur di penggalan luarnya. Struktur luar daun terdiri dari beberapa penggalan di dalamnya. Berikut struktur penggalan luar daun yaitu meliputi:
  • Pelepah daun berkhasiat untuk menciptakan daun sanggup didudukkan pada batang.
  • Tangkai daun (Petiolus) berkhasiat untuk menciptakan helai daun dengan batang (pelepah) menjadi terhubung.
  • Helai daun (Lamina) berkhasiat untuk organ fotosintesis sebab cara kerjanya paling dominan. Helai daun tersebut mempunyai bentuk yang cukup beraneka macam, baik tebal maupun tipis.
Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya
Struktur Bagian Luar Daun

Struktur Bagian Dalam Daun

Struktur daun selanjutnya yang akan aku jelaskan yaitu struktur di penggalan dalamnya. Struktur dalam daun terdiri dari beberapa penggalan di dalamnya. Berikut struktur penggalan dalam daun yaitu meliputi:
Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya
Struktur Bagian Dalam Daun
Epidermis
Struktur penggalan dalam daun yang pertama yaitu epidermis. Epidermis yaitu lapisan daun paling luar yang berupa sel hidup. Jaringan epidermis sanggup dibagi menjadi dua jenis yaitu epidermis bawah dan epidermis atas. Jaringan epidermis pada daun berfungsi untuk menjaga jaringan yang berada di bawahnya.
Baca juga : Sistem Ekskresi Hewan Vertebrata dan Invertebrata (Avertebrata) Lengkap
Jaringan Mesofil
Struktur dalam daun selanjutnya yaitu jaringan mesofil. Jaringan ini sanggup dibagi menjadi dua jenis yaitu jaringan spons dan jaringan palisade. Jaringan spons atau jaringan bunga karang yaitu jaringan yang berkhasiat untuk menyimpan cadangan makanan. Jaringan tersebut lebih berongga daripada jaringan palisade. Kemudian pengertian jaringan palisade atau jaringan tiang yaitu jenis jaringan yang mempunyai kloroplas di dalamnya cukup banyak. Kloroplas ini mempunyai tugas penting dalam proses pembuatan kuliner pada daun. Jaringan palisade mempunyai ciri yaitu susunan selnya rapat dan bentuk selnya silinder.

Berkas Pembuluh Angkut
Struktur daun penggalan dalam selanjutnya yaitu berkas pembuluh angkut. Struktur pada daun ini sanggup dibagi menjdi dua jenis yaitu pembuluh tapis (Floem) dan pembuluh kayu (Xylem). Pembuluh kayu (Xylem) berkhasiat untuk membawa mineral dan air ke daun. Selain itu, xylem juga terdapat pada batang yang gunanya untuk mendukung flora supaya bangun tegak. Sedangkan pembuluh tapis (floem) berkhasiat untuk membuatkan hasil dari fotosintesis pada daun menuju semua penggalan pada tumbuhan.

Stomata
Struktur penggalan dalam daun selanjutnya yaitu stomata. Fungsi stomata yaitu organ respirasi. Karbon Dioksida (CO2) di udara diambil oleh stomata sebagai materi fotosintesis. Fotosintesis tersebut menghasilkan gas yang berupa Oksigen (O2). Letak stomata sendiri berada di epidermis bawah. Pada flora tingkat tinggi tidak hanya stomata saja yang dipakai untuk bernapas, namun juga memakai lentisel yang berada di batang.

Jenis Jenis Daun

Setelah membahas perihal struktur daun di atas, selanjutnya aku akan menjelaskan perihal jenis jenis daun. Adapun beberapa macam daun yaitu sebagai berikut:

Daun Skala
Macam daun selanjutnya yaitu daun skala. Penemuan daun skala (Cataphylls) ini banyak berada di rimpang dengan bentuk kecil dan kasar. Daun ini berkhasiat untuk melindungi tunas. 

Daun Penyimpanan
Jenis daun selanjutnya yaitu daun penyimpanan. Penemuan daun ini banyak berada di tumbuhan succulents dan berumbi. Daun penyimpanan tersebut juga mempunyai struktur daun menyerupai di atas. Fungsi daun penyimpanan yaitu alat untuk menyimpan makanan.

Sulur dan Duri
Macam daun selanjutnya yaitu sulur dan duri. Penemuan sulur dan duri biasanya terdapat di tumbuhan kacang dan barberry. Daun tersebut dimodifikasi sedemikian rupa untuk membantu dan melindungi tumbuhan di penggalan batangnya.

Menyirip
Jenis daun selanjutnya mempunyai bentuk menyirip. Daun ini dinamakan dengan retikular atau daun jaring berurat yang mempunyai pembuluh darah cabang di penggalan pelepah utamanya. 

Sekian klarifikasi mengenai struktur daun lengkap dengan jenis jenis daunnya. Daun mempunyai dua jenis struktur yaitu struktur penggalan dalam dan struktur penggalan luar. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!