Home » , » Perbedaan Penggunaan To Dan For Dalam Bahasa Inggris

LIRIK LAGU : Perbedaan Penggunaan To Dan For Dalam Bahasa Inggris

Kapan kita memakai "for" dalam kalimat bahasa Inggris? dan kapan kita lebih sempurna memakai "to" dalam kalimat daripada kata "for" ? Dapatkah Kamu menjelaskan perbedaan antara kedua kata depan tersebut dan memilih kalimat mana yang memakai kata depan "to" atau "for" yang sempurna dalam Bahasa Inggris?

Kata "to" dan "for" merupakan preposisi atau kata depan yang cukup umum dipakai dalam kalimat Bahas Inggris sehari-hari.

Jika kalimat yang memakai kata to dan for diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, maka artinya akan terdengar sama. Akan tetapi, intinya keduanya mempunyai fungsi yang sangat berbeda.

- Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa poin penting mengenai perbedaan "to" dan "for" dari segi penggunaannya.

Tapi, sebelum kita membahas apa saja perbedaannya, kita akan melihat persamaan antara "to" dan "for" serta melihat fungsi keduanya terlebih dahulu.

Persamaan To dan For

Seperti yang telah dijelaskan di atas, to dan for, keduanya merupakan preposisi atau kata depan yang mempunyai beberapa arti tergantung konteks kalimatnya.

Salah satu arti dari "to" dan "for" yang menciptakan keduanya terlihat sama yakni "untuk". Tergantung konteksnya, to dan for dalam kalimat sanggup diartikan sebagai "untuk".

Untuk jelasnya, mari kita perhatikan dua referensi berikut ini:
1). My mother asks me to help her (Ibuku memintaku untuk membantunya).
2). My mother asks me for help (Ibuku meminta bantuanku).

Dari kedua referensi di atas, sanggup kita lihat bahwa kata to dan for dalam kalimat tersebut sama-sama mempunyai arti untuk.

Akan tetapi, jikalau Sobat Tafsi perhatikan lebih jeli, maka Kalian akan menemukan perbedaan yang sangat terang mengenai penggunaan to dan for dalam kedua kalimat tersebut.

Apa bedanya? Dapatkah kita menukar posisi to dan for dalam kedua referensi di atas? Simak ulasannya di bawah ini.

Fungsi To dan For

Secara umum, kata to mempunyai beberapa arti yang bergantung pada konteks kalimatnya menyerupai untuk, ke, atau kepada. Sementara for secara umum diartikan sebagai untuk atau selama.

Arti secara umum :
1). To : untuk, ke, kepada
2). For : untuk, selama.

Jika melihat kedua referensi kalimat di atas, fungsi to dan for di sana yaitu untuk menjelaskan alasan dari suatu kegiatan. Fungsi tersebut diwakili oleh arti keduanya, yaitu "untuk".

Meski sama-sama mempunyai fungsi untuk menunjukan atau menjelaskan (alasan) dari suatu kegiatan, tetapi keduanya sangat berbeda dari segi penggunaan. Berikut beberapa fungsi dan perbedaannya.

#1 Menjelaskan Alasan

Perbedaan pertama yang paling mencolok yakni terletak pada kata berikutnya sesudah kata depan to atau for. Untuk jelasnya mari kita lihat kembali kedua referensi tadi.

Contoh kalimat :
1). My mother asks me to help her (Ibuku memintaku untuk membantunya).
2). My mother asks me for help (Ibuku meminta bantuanku).

Dari referensi di atas, pada kalimat pertama, kata to diikuti oleh kata kerja (verb). Kata kerja yang dimaksud yakni kata help yang artinya membantu.

Sedangkan pada kalimat kedua, kata for tidak diikuti oleh kata kerja melainkan diikuti oleh kata benda (noun). Kata benda yang dimaksud yakni help yang artinya bantuan.

Jadi, Sobat Tafsi sanggup memakai kata to sebagai preposisi dalam kalimat untuk menjelaskan sesuatu dengan menambahkan kata kerja atau verb sesudah kata to tersebut.

Sedangkan untuk penggunaan kata for, umumnya dipakai sebagai preposisi untuk menjelaskan maksud dengan cara menambahkan kata benda sesudah kata for.

Berikut beberapa referensi lain:
1). I go to the store to buy milk (Saya pergi ke toko untuk membeli susu)
2). I go to the store for milk (Saya pergi ke toko untuk susu).

Pada kalimat pertama terang disebutkan bahwa tujuan saya pergi ke toko yakni untuk membeli susu. Pada kalimat kedua tidak dijelaskan spesifik membeli tapi kata pergi ke toko sudah dianggap sebagai bentuk kepastian untuk membeli sesuatu, dan yang dibeli yakni susu.

Perhatikan, bahwa pada kalimat pertama, kata to diikuti oleh sebuah kata kerja, yaitu buy yang artinya membeli. Sedangkan kata for pada kalimat kedua diikuti oleh kata benda, yaitu milk yang artinya susu.

Baca juga : Kata Benda Tunggal dan Jamak.

#2 Menunjuk Penerima

Fungsi berikutnya dari kata to dan for yakni untuk menjelaskan atau menunjuk siapa peserta (to point out the recepient) dalam suatu kalimat.

Contoh kalimat :
1). I give this book to her (Saya memberi buku ini kepadanya).
2). I made this book for her (Saya menciptakan buku ini untuknya).

Pada kedua referensi di atas, dapatkah Kamu melihat perbedaan penggunaan kata to dan for dalam kalimat tersebut? Apa bedanya?

Perbedaannya terletak pada kata kerja yang mendahului keduanya. Pada kalimat pertama, kata kerjanya yakni give (memberi) sedangkan pada kalimat kedua kata kerjanya yakni made (membuat).

Kata memberi dan menciptakan mempunyai perbedaan yang sangat mendasar. Kata give (memberi) merupakan kata kerja yang menjelaskan motion (pergerakkan).

Pada referensi pertama, saat saya memberi buku padanya, maka buku berpindah dari saya ke dia. Jadi, ada pergerakan atau motion di sana. Nah, dalam kondisi menyerupai ini, preposisi yang dipakai yakni to.

Pada kalimat kedua, kata kerja made (membuat) merupakan kata kerja yang menjelaskan situasi atau keadaan, yaitu situasi menciptakan sesuatu.

Ketika saya menciptakan buku untuk dia, tidak serta merta buku itu berpindah dari saya ke ia (tidak ada motion), tapi memang tujuan penerimanya yakni dia. Nah, dalam kondisi menyerupai ini, preposisi yang dipakai yakni for.

Berikut beberapa referensi lain :
1). I send the letter to you (Saya mengirim surat itu kepadamu).
2). I draw this scenery for my son (Saya menggambar pemandangan untuk anak saya).

Pada kalimat pertama, kata kerja send (mengirim) menjelaskan pergerakan atau motion. Dalam hal ini, surat tersebut berpindah dari saya ke kamu.

Pada kalimat kedua, kata kerja draw (menggambar) menjelaskan situasi atau proses menggambar. Dalam hal ini tidak secara pribadi menjelaskan perpindahan gambar pemandangan ke anaknya.

Perbedaan To dan For

Nah, dari beberapa referensi di atas, berikut dua perbedaan yang fundamental antara to dan for dari segi penggunaannya dalam kalimat yang fungsinya sama.

#1 Jenis Kata Setelahnya

Untuk penggunaan yang fungsinya menjelaskan alasan, penggunaan kata to dikuti oleh kata kerja atau verb, sedangkan penggunaan kata for diikuti oleh kata benda (noun).

 dan kapan kita lebih sempurna memakai  PERBEDAAN PENGGUNAAN TO DAN FOR DALAM BAHASA INGGRIS

Formula :
1). Subject + verb + object + to verb + complement.
2). Subject + verb + object + for noun + complement.

#2 Bentuk Kata Kerjanya

Untuk penggunaan yang fungsinya menjelaskan peserta (destinasi), penggunaan kata to didahului oleh kata kerja yang menjelaskan motion atau pergerakan, sedangkan penggunaan kata for didahului oleh kata kerja yang menjelaskan situasi.

Formula :
1). Subject + motion verb + object + to + recepient
2). Subject + situasion verb + obejct +  for + recepient.

Beberapa referensi motion verb antaralain go, walk, bring, give, take, run, drive, carry, send, climb, fly, swim, crawl, lead, drag, dan sebagainya. Beberapa referensi situation verb antaralain make, draw, eat, sing, choose, play, cook, dan sebagainya.

Jadi, jikalau Sobat Tafsi memakai kata kerja motion verb dalam sebuah kalimat contohnya go atau bring,  maka preposisi yang dipakai yakni to.

Sebaliknya, jikalau Sobat memakai kata kerja situation verb dalam sebuah kalimat contohnya make atau cook, maka preposisi yang dipakai yakni for.

Baca juga : Jenis-jenis Text Bahasa Inggris.

Demikian perbedaan penggunaan kata to dan for dalam kalimat bahasa Inggris yang sanggup edutafsi bagikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!