Home » , , » Macam-Macam Persendian Dan Misalnya

LIRIK LAGU : Macam-Macam Persendian Dan Misalnya

- Mengenal jenis-jenis persendian pada manusia. Persendian ialah relasi antar tulang yang satu dengan tulang yang lainnya. Kenapa sistem rangka memerlukan persendian? Tulang yang satu dengan tulang lainnya dihubungkan melalui persendian biar fungsi tulang sanggup berjalan dengan baik. Bayangkan kalau tulang tidak dihubungkan oleh persendian, maka pergerakan tulang akan menjadi kaku atau mungkin tidak ada sama sekali. Persendian dikenal juga dengan istilah artikulasi.

Fungsi utama dari sendi ialah biar terjadi gerakan antar tulang sehingga memungkinkan makhluk hidup untuk melaksanakan banyak sekali macam gerakan.

Secara sederhana, relasi antrar tulang ada dua jenis, yaitu relasi yang cenderung longgar dan relasi antar tulang yang cenderung erat.

Hubungan antar tulang yang cenderung longgar memungkinkan kedua tulang yang berafiliasi untuk sanggup bergerak bebas atau leluasa.

Sedangkan relasi antar tulang yang cenderung akrab hanya memungkinkan gerakan yang sangat terbatas atau bahkan tidak memungkinkan adanya gerakan.

Nah, dalam biologi, kecenderungan relasi antar tulang yang dijelaskan di atas biasa disebut dengan istilah sinartrosis dan diartrosis.

#1 Sinartrosis

Sinartrosis ialah persendian antar dua tulang atau lebih yang tidak sanggup digerakkan atau hanya memungkinkan gerakan yang sangat terbatas.

Berdasarkan komponen penghubungnya, persendian sinartrosis sanggup dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sinostosis, sinkondrosis, dan sinfibrosis.

a). Sinostosis
Sinostosis atau sendi mati ialah relasi eksklusif tulang dengan tulang yang tidak memungkinkan adanya gerakan sama sekali. Contohnya tulang tengkorak orang dewasa.

b). Sinkondrosis
Sinkondrosis ialah persendian yang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan sehingga masih memungkinkan gerakan. Contoh sendi antar tulang rusuk dan tulang dada.

c). Sinfibrosis
Sinfibrosis atau sindesmosis ialah persendian yang dihubungkan oleh jaringan ikat atau jaringan fibrosa padat sehingga masih memungkinkan sedikit gerakan. Contoh : relasi sutura pada anak yang dalam masa pertumbuhan.

#2 Diartrosis

Diartrosis ialah persendian antar dua tulang atau lebih yang memungkinkan terjadinya gerakan tulang-tulang secara bebas atau leluasa.

Pada persendian diartrosis, antartulang diikat oleh jaringan ikat sendi. Pada sendi terdapat rongga yang mengandung cairan atau minyak sinovial.

Minyak sinovial inilah yang berfungsi sebagai pelicin yang memungkinkan tulang-tulang untuk digerakan secara leluasa.

Selain berfungsi melumasi sendi, cairan sinovial juga berperan penting sebagai media untuk nutrisi bagi tulang rawan.

Baca juga : Cara Kerja Otot Sinergis dan Antagonis.

Macam-macam Sendi Diartrosis

Berdasarkan macam atau bentuk gerakannya, persendian diartrosis sanggup dibedakan menjadi beberapa jenis sendi mulai dari sendi engsel sampai sendi geser.

a). Sendi Engsel
Sendi engsel ialah persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah. Sendi engsel dijumpai pada tulang siku, tulang lutut, dan ruas jari.

b). Sendi Pelana
Sendi pelana ialah persendian yang memungkinkan adanya gerakan ke dua arah. Sendi pelana sanggup ditemukan pada relasi ruas-ruas tulang belakang, tulang telapak tangan, dan ruas jari tangan.

c). Sendi Putar
Sendi putar ialah persendian yang memungkinkan adanya gerakan rotasi atau memutar. Pada persendian ini, salah satu tulang mengitari tulang yang lain.

Sendi putar sanggup dijumpai pada relasi antar tulang kepala dengan tulang atlas. Persendian ini memungkinkan kita untuk memutar kepala.

d). Sendi peluru
Sendi peluru ialah persendian yang memungkinkan adanya gerakan yang bebas ke segala arah. Pada persendian peluru, tulang-tulangnya sanggup bergerak secara leluasa.

Sendi peluru sanggup kita temukan pada tulang lengan atas dengan tulang lengan bahu, atau pada relasi antara tulang paha dengan tulang panggul.

e). Sendi Kaku
Sendi kaku ialah persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Gerakan yang dihasilkan juga terbilang gerakan kaku.

Sendi kaku sanggup ditemukan pada relasi antar tulang rusuk dengan tulang dada, relasi antar tulang belakang dengan tulang rusuk, dan antar tulang k3maluan.

f) Sendi Luncur 
Sendi luncur ialah persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan melengkung ke depan, ke belakang, dan gerakan memutar.

Sendi luncur sanggup ditemukan pada relasi antar tulang belikat dan tulang selangka, relasi antar tulang pergerlangan tangan dan telapak tangan.

g). Sendi Geser
Sendi geser ialah bentuk sendi luncur yang memungkinkan terjadinya gerakan menggeser. Sendi ini sanggup ditemukan pada relasi antar tulang hasta dengan tulang pengumpil.

 Persendian ialah relasi antar tulang yang satu dengan tulang yang lainnya MACAM-MACAM PERSENDIAN DAN CONTOHNYA

Demikian pembahasan singkat mengenai macam-macam persendian pada insan yang sanggup edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat.

Jika materi mencar ilmu ini bermanfaat, bantu edutafsi ya membagikannya kepada teman-teman Kalian melalui tombol share sosial media yang Kalian punya.

Untuk materi mencar ilmu biologi wacana sistem gerak lainnya sanggup Kalian lihat di hidangan biologi Sekolah Menengah Pertama atau melalui tombol kategori sistem gerak insan di bawah.

Jika ada pertanyaan, kritik, koreksi, atau saran kalian boleh share di komentar. Feedback dari pembaca akan sangat berkhasiat untuk perbaikan edutafsi ke depannya.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!