Home » » Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya

LIRIK LAGU : Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya

Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya - Pada umumnya bulat mempunyai beberapa unsur bab di dalamnya. Salah satunya yaitu tembereng. Tembereng tersebut sanggup didefinisikan sebagai salah satu unsur bab yang terdapat dalam lingkaran. Tembereng juga sanggup diartikan sebagai sebuah luas kawasan yang mempunyai busur dan tali busur sebagai pembatasnya di dalam lingkaran. Sebelum memahami lebih lanjut mengenai cara menghitung luas tembereng dan rumus luas tembereng. Anda harus mempelajari ihwal unsur unsur dalam bulat terlebih dahulu.
Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya
Tembereng dalam Lingkaran
Gambar bulat di atas mengandung unsur bab yang dinamakan dengan tembereng. Dari gambar di atas terdapat bab yang warnanya bubuk abu. Bagian ini dinamakan dengan tembereng. Daerah tembereng mempunyai batasan yang berupa tali busur (garis lurus AB) dann busur (garis lengkung AB). Lalu bagaimanakah cara mencari luas tembereng itu? Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan ihwal cara menghitung luas tembereng beserta rumus luas tembereng. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya

Dari gambar bulat diatas sanggup diketahui beberapa bab didalamnya yaitu segitiga AOB dan juring (luas kawasan AOB keseluruhan). Dari sinilah sanggup diketahui cara menghitung luas tembereng sesuai dengan gambar tersebut yaitu luas juring dikurangi dengan luas segitiga. Jika dijabarkan lebih lanjut maka rumus luas temberengnya yaitu sebagai berikut:
Luas Tembereng Lingkaran = Luas Juring – Luas Segitiga
Agar anda lebih memahami lebih lanjut mengenai luas tembereng di atas, maka aku akan membagikan referensi soal terkait rumus tersebut. Berikut referensi soal luas tembereng beserta pembahasannya yaitu meliputi:
Baca juga : soal-dimensi-tiga-dan" target="_blank">Contoh Soal Dimensi Tiga dan Pembahasannya
Perhatikan gambar berikut ini!
soal%2Btembereng.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnyasoal%2Btembereng.jpg" title="Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya" />
Gambar Contoh Soal Luas Tembereng
Diketahui jarak antara titik B ke O yaitu 14 cm menyerupai pada gambar di atas. Hitunglah luas tembereng AB nya?

Pembahasan
Langkah pertama dalam cara menghitung luas tembereng di atas yaitu mencari luas juring AOB. Namun sebelum itu kita harus menghitung luas bulat seluruhnya terlebih dahulu dengan memakai rumus menyerupai di bawah ini:
Luas Lingkaran = πr²
                          = 22/7 x 14²
                          = 22/7 x 196
                          = 616 cm²

Setelah luas bulat diketahui, lalu mengitung luas juring lingkarannya. Dalam bulat tersebut terdapat besar sudut seluruhnya yaitu 360⁰. Kemudian untuk kawasan juring lingkarannya mempunyai besar sudut 90⁰ dikarenakan sudutnya berbentuk siku siku. Adapun cara menghitung luasnya sanggup memakai rumus luas juring menyerupai di bawah ini:
Luas Juring = (Sudut Juring/360) x Luas Lingkaran
                    = (90/360) x 616
                    = 1/4 x 616
                    = 154 cm²
Baca juga : soal-dimensi-tiga-dan" target="_blank">Sifat Sifat Operasi Bilangan Bulat Matematika Kelas 5 SD
Setelah luas juring bulat diketahui, tahap selanjutnya dalam cara menghitung luas tembereng yaitu menghitung luas segitiganya. Hal ini dikarenakan dalam rumus luas tembereng terdapat dua hal penting yang perlu diketahui yaitu luas juring dan luas segitiganya. Cara mencari luas segitita AOB sanggup memakai rumus menyerupai di bawah ini:
Luas Segitiga = ½ x ganjal x tinggi
                       = ½ x 14 x 14
                       = 98 cm²

Setelah luas segitita dan luas juringnya diketahui, tahap terakhir yaitu menghitung luas tembereng lingkarannya. Adapun rumus luas tembereng yaitu:
Luas Tembereng = Luas Juring – Luas Segitiga
                            = 154 – 98
                            = 56 cm²
Kaprikornus luas tembereng pada bulat tersebut yaitu 56 cm².

Sekian klarifikasi mengenai cara menghitung luas tembereng beserta rumus luas temberengnya. Tembereng bulat sanggup dihitung luasnya bila luas segitiga dan luas juringnya diketahui. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!