Home » » Pengertian Interaksi Insan Dan Komputer (Imk) Beserta Tujuannya

LIRIK LAGU : Pengertian Interaksi Insan Dan Komputer (Imk) Beserta Tujuannya

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Beserta Tujuannya - IMK atau interaksi insan dan komputer ialah ilmu disiplin yang membahas wacana hubungan antara insan dengan komputer ibarat implementasi, perancangan dan penilaian antar pengguna komputer sehingga sanggup dipakai oleh insan dengan mudah. Interaksi insan dengan komputer tersebut meliputi serangkaian proses, acara dan obrolan yang dilakukan oleh insan sehingga sanggup melaksanakan interaksi dengan komputer secara interaktif biar tugasnya sanggup diselesaikan dan dilaksanakan sesuai keinginan. Lalu apa tujuan interaksi insan dengan komputer itu? Apa saja ruang lingkup IMK?
Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer  Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Beserta Tujuannya
Interaksi Antara Manusia dan Komputer
Interaksi insan dengan komputer (IMK) sanggup didefinisikan sebagai sebuah ilmu yang bekerjasama dengan penilaian dan desain implementasi secara interaktif dari suatu sistem komputasi sehingga sanggup dimanfaatkan dalam bidang studi dan insan itu sendiri. Interaksi ini meliputi beberapa ruang lingkup ibarat dalam interaksi antar manusia, antar komputasi mesin, maupun interaksi antara insan dan komputer. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana pengertian interaksi insan dan komputer (IMK) beserta tujuannya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Beserta Tujuannya

Pengertian interaksi insan dan komputer ialah sebuah ilmu yang membahas wacana bagaimana cara implementasi, desain dan penilaian secara interaktif dalam sistem komputer sehingga insan sanggup dengan gampang menggunakannya. Interaksi sendiri sanggup didefinisikan sebagai komunikasi antara sistem komputer dengan user (manusia) secara dua arah. Jika kedua belah pihak sanggup memperlihatkan respon (aksi reaksi) dan stimulan yang saling mendukung, maka proses terjadinya interaksi diantara keduanya sanggup berjalan dengan maksimal. Tetapi kalau salah satu pihak tidak memperlihatkan respon atau timbal balik, maka interaksinya akan mengarah pada pembiasan tujuan dan mengalami kendala tertentu. Lantas apa tujuan interaksi antara insan dan komputer itu? Apa saja ruang lingkup IMK?
Baca juga : Pengertian Mikrotik, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Manfaatnya
Selain definisi di atas, adapula pengertian interaksi insan dan komputer yaitu suatu ikatan dengan karakteristik tertentu antara insan dengan komputer sehingga sanggup menggapai tujuan tertentu melalui sistem interface atau antar muka. Prinsip kerja dalam komputer sama dengan proses input dan output. Komputer tersebut akan mendapatkan data yang berupa formasi aksara dan angka. Setelah itu komputer akan mengolah data tersebut dan mengeluarkannya sesuai dengan impian ataupun kebutuhan dari para penggunanya (manusia). Dari sinilah akan terjadi interaksi antara insan dan komputer melalui layar monitor. Komunikasi tersebut dilakukan dalam bentuk menekan tombol pada keyboard komputer, baik tombol angka ataupun tombol huruf.

Interaksi insan dan komputer (IMK) yang kita lakukan tersebut akan menghasilkan data input untuk dirubah menjadi gosip yang diinginkan. Dengann begitu gosip tersebut sanggup muncul pada layar monitor maupun printer (mesin pencetak). Di bawah ini terdapat beberapa tujun IMK dan penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Tujuan Interaksi antara Manusia dan Komputer

Setelah membahas wacana pengertian interaksi insan dan komputer (IMK), selanjutnya saya akan membahas wacana tujuan interaksi insan dengan komputer. Berikut beberapa tujuan IMK yaitu diantaranya:

Membuat Sistem
Tujuan IMK yang pertama ialah untuk membuat sistem. Sistem yang ingin dibentuk IMK bertujuan biar kinerjanya menjadi lebih baik. Dengan begitu akan tercipta sistem yang lebih: 
  • Efektif
  • Usable (berguna)
  • Efisien
  • Produktif
  • Fungsional
  • Aman

Meningkatkan Interaksi Manusia dan Komputer
Tujuan IMK selanjutnya ialah untuk meningkatkan interaksi antara insan dan komputer. Dengan begitu sistem komputer yang dipakai lebih safe (aman) dan usable (bermanfaat) sehingga fungsi dari sistem tersebut sanggup berjalan dengan baik. Selain itu sistem ini juga sanggup meningkatkan dan menyebarkan beberapa hal ibarat :
  • Efektifitas atau Efectiveness
  • Keamanan atau Safety
  • Efisiensi atau Eficiency
  • Ketergunaan atau Usability
  • Utilitas atau Utility
Baca juga : Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Dalam konteks interaksi insan dan komputer tersebut terdapat sistem yang meliputi perangkat lunak dan perangkan keras komputer serta keseluruhan lingkungan di dalamnya, baik lingkungan keluarga ataupun lingkungan organisasi kerja dalam masyarakat. Selain itu yang dimaksud ketergunaan disini meliputi pembuatan sistem yang gampang dipelajari dan gampang dipakai oleh kelompok maupun individu. Utilitas interaksi insan dengan komputer merujuk pada peningkatan keefisienan, fungsionalitas dan keefektifan dari sistem kerjanya.

Perancang interface atau antarmuka insan dengan komputer ini berharap biar rancangan sistem komputernya sanggup mempunyai sifat yang user friendly atau ramah dan bersahabat dengan penggunanya. Agar interaksi insan dan komputer (IMK) sanggup membuat interface yang baik, maka membutuhkan beberapa pemahaman dalam bidang ilmu tertentu. Berikut beberapa bidang ilmu yang perlu dipahami yaitu meliputi:

Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika
Ilmu komputer dan teknik elektro merupakan bidang ilmu pertama yang perlu dipahami dalam interaface interaksi antara insan dan komputer. Bidang ilmu ini perlu dipahami alasannya yaitu bertujuan untuk memberikan kerangka kerja biar sistem HCI dalam IMK sanggup dirancang.

Ilmu Psikologi
Ilmu psikologi merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi insan dan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari wacana keterampilan motorik, kebiasaan, pengolahan kognitif dan persepsi dari usernya (pengguna).

Ilmu Tipografi dan Perancangan Grafis
Ilmu tipografi dan perancangan grafis merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi insan dengan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari wacana suatu gambar yang mempunyai makna yang sama dengan beribu kata. Gambar tersebut mempunyai kegunaan untuk sarana obrolan insan dengan komputer yang cukup efektif.

Ilmu Ergonomik
Ilmu ergonomik merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi insan dan komputer. Bidang ilmu ini berkaitan dengan unsur fisik dalam memperoleh kenyamanan di lingkungan kerja seperti:
  • Pengaturan lampu,
  • Bentuk dingklik dan meja kerja,
  • Posisi duduk,
  • Kebersihan daerah kerja,
  • Bentuk keyboard dan layar tampilan.

Ilmu Antropologi
Ilmu antropologi merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi antara insan dan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari wacana manusia. Ilmu antropologi dalam IMK mempunyai kegunaan untuk memperlihatkan pandangan cara kerja kepada masing masing anggota kelompoknya sehingga sanggup menghasilkan donasi menurut bidangnya sendiri sendiri.

Ilmu Linguistik
Ilmu linguistik merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi insan dan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari wacana bahasa. Agar obrolan sanggup dilakukan maka membutuhkan sarana komunikasi yang cukup seperti:
  • Bahasa Grafis.
  • Bahasa Menu
  • Bahasa Perintah
  • Bahasa Khusus
  • Bahasa Alami
Baca juga : Mengenal Panel Listrik dan Komponen Komponen di Dalamnya
Ilmu Sosiologi
Ilmu sosiologi merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi antara insan dan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari wacana sistem insan dan komputer yang menghipnotis struktur sosial. Contohnya sistem PHK yang dipengaruhi oleh otomasi kantor.

Ruang Lingkup Interaksi Manusia dan Komputer

Selanjutnya saja akan menjelaskan wacana ruang lingkup interaksi antara insan dan komputer (IMK). Adapun beberapa ruang lingkup IMK yang terdiri dari beberapa komponen seperti:
  • Manusia ialah user (pengguna) yang menjalankan komputer. Karakteristik setiap user berbeda beda sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka dalam mengoperasikan komputer itu sendiri.
  • Komputer ialah sebuah alat elektronik yang terdiri dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
  • Interaksi ialah komunikasi yang terjadi diantara insan dengan komputer secara dua arah.
Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian interaksi insan dan komputer beserta tujuan interaksi insan dengan komputer. Interaksi antara insan dan komputer sanggup didefinisikan sebagai sebuah ilmu yang membahas wacana bagaimana cara implementasi, desain dan penilaian secara interaktif dalam sistem komputer sehingga insan sanggup dengan gampang menggunakannya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!