Home » » Lambang Pancasila (Sila 1 Hingga 5) Dan Artinya

LIRIK LAGU : Lambang Pancasila (Sila 1 Hingga 5) Dan Artinya

Lambang Pancasila (Sila 1 hingga 5) dan Artinya - Negara Indonesia mempunyai ideologi dasar berupa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila tersebut sanggup dibagi menjadu dua kata Sansekerta yakni kata "Panca" yang artinya lima dan "Sila" yang artinya asas atau prinsip. Pancasila sanggup didefinisikan sebagai pemikiran dan rumusan untuk seluruh rakyat Indonesia dalam bernegara dan berbangsa. Pancasila terdiri dari sila ke 1 hingga sila ke 5. Masing masing sila mempunyai kandungan makna dan arti yang berbeda beda. Meski begitu sila pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima saling berkaitan untuk membetuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lantas apa arti lambang Pancasila itu?
 Negara Indonesia mempunyai ideologi dasar berupa Pancasila dan Undang-Undang Dasar  Lambang Pancasila (Sila 1 hingga 5) dan Artinya
Gambar Lambang Dalam Pancasila Sila 1 hingga 5
Pancasila tersusun oleh lima sendi utama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradap, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat akal dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kelima sendi utama tersebut merupakan sila pertama hingga sila kelima dalam Pancasila. Bahkan dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 paragraf ke empat terdapat pernyataan sila sila Pancasila ini. Nah pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan perihal arti lambang Pancasila, baik sila ke 1 hingga sila ke 5. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Lambang Pancasila (Sila 1 hingga 5) dan Artinya

Setiap sila Pancasila intinya mempunyai lambangnya masing masing. Lambang Pancasila sila 1 hingga 5 tersebut tercantun dalam bab tengah lambang negara Indonesia yakni Burung Garuda. Sila pertama Pancasila dilambangkan dengan simbol Bintang. Sila kedua Pancasila dilambangkan dengan simbol Rantai. Sila ketiga Pancasila dilambangkan dengan simbol Pohon Beringin. Sila keempat Pancasila dilambangkan dengan simbol Kepala Banteng. Sedangkan sila kelima Pancasila dilambangkan dengan simbol Padi dan Kapas. Adapun arti lambang dalam Pancasila sila ke 1 hingga 5 yaitu sebagai berikut:
Baca juga : 4 Pembahasan Pancasila Secara Ilmiah Terlengkap

Sila ke 1 Pancasila

 Negara Indonesia mempunyai ideologi dasar berupa Pancasila dan Undang-Undang Dasar  Lambang Pancasila (Sila 1 hingga 5) dan Artinya
Gambar Lambang Sila ke 1 Pancasila
Lambang sila pertama Pancasila ialah simbol bintang emas, dimana berlatar belakang hitam dan mengandung lima sudut didalamnya. Bunyi sila ke 1 Pancasila ialah "Ketuhanan Yang Maha Esa". Arti lambang Pancasila sila ke 1 yang disimbolkan bintang emas ialah cahaya kehidupan insan yang berlandaskan pada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu simbol bintang juga melambangkan sebuah cahaya sebagai penerang untuk kelima Dasar Negara sesuai dengan alinea 4 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, kelima tujuan negara sesuai dengan alinea 4 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, serta kelima sifat negara sesuai dengan alinea 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Kemudian untuk latar belakang bintang yang berwarna hitam tersebut menggambarkan warna alam yang artinya rahmat dan berkat dari Allah sebagai sumber dari semua hal.

Sila ke 2 Pancasila

 Negara Indonesia mempunyai ideologi dasar berupa Pancasila dan Undang-Undang Dasar  Lambang Pancasila (Sila 1 hingga 5) dan Artinya
Gambar Lambang Sila ke 2 Pancasila
Lambang sila kedua Pancasila ialah simbol tali rantai, dimana berlatar belakang merah dan mengandung persegi serta bermata bulatan dibagian kiri bawah perisai. Bunyi sila ke 2 Pancasila ialah "Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab". Rantai tersebut tersusun oleh mata rantai yang bentuknya lingkaran dan segi empat yang saling bekerjasama sehingga sanggup membentuk lingkaran tali rantai. Bentuk lingkaran dalam rantai melambangkan seorang wanita, sedangkan gelang persegi dalam rantai melambangkan seorang pria. Dengan kata lain arti lambang Pancasila sila ke 2 yang disimbolkan tali berantai ini ialah ikatan yang terjadi antar sesama insan sehingga sanggup saling bersatu, membantu dan pundak membahu, baik laki laki ataupun perempuan.

Sila ke 3 Pancasila

 Negara Indonesia mempunyai ideologi dasar berupa Pancasila dan Undang-Undang Dasar  Lambang Pancasila (Sila 1 hingga 5) dan Artinya
Gambar Lambang Sila ke 3 Pancasila
Lambang sila ketiga Pancasila ialah simbol pohon beringin, dimana berlatar belakang putih dibagian kiri atas perisai. Bunyi sila ke 3 Pancasila ialah "Persatuan Indonesia". Pohon beringin ialah sebuah pohon yang besar. Maka dari itu arti lambang Pancasila sila ke 3 ialah daerah yang sanggup dipakai untuk semua rakyat Indonesia semoga sanggup berteduh dan berlindung. Akar dari pohon beringin tersebut termasuk akar yang tunggal panjang atau akar tunjang sehingga sanggup masuk tumbuh ke bawah tanah bab dalam. Hal ini menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Baca juga : Pengertian Sistem Hukum Modern dan Ciri Cirinya
Selain itu dalam pohon beringin juga terdapat ranting ranting yang digelantungi oleh akar akar. Hal ini menggambarkan sebuah negara kesatuan yakni negara Indonesia, meskipun dari sabang hingga merauke mempunyai aneka macam jenis latar belakang budaya, agama dan suku yang berbeda beda.

Sila ke 4 Pancasila

 Negara Indonesia mempunyai ideologi dasar berupa Pancasila dan Undang-Undang Dasar  Lambang Pancasila (Sila 1 hingga 5) dan Artinya
Gambar Lambang Sila ke 4 Pancasila
Lambang sila keempat Pancasila ialah simbol kepala banteng, dimana berlatar belakang merah dibagian kanan atas perisai. Bunyi sila ke 4 Pancasila ialah "Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan". Arti lambang Pancasila menyerupai kepala banteng yang menggambarkan binatang berkelompok dan berpengaruh ialah cara yang dipakai untuk mengambil keputusan dalam masyarakat dengan berdiskusi, berkumpul dan bermusyawarah.

Sila ke 5 Pancasila

 Negara Indonesia mempunyai ideologi dasar berupa Pancasila dan Undang-Undang Dasar  Lambang Pancasila (Sila 1 hingga 5) dan Artinya
Gambar Lambang Sila ke 5 Pancasila
Lambang sila kelima Pancasila ialah simbol padi dan kapas, dimana berlatar belakang putih dibagian kanan bawah perisai. Bunyi sila ke 5 Pancasila ialah " Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia". Masyarakat Indonesia mempunyai kebutuhan utama yang berupa padi dan kapas tanpa melihat kedudukan dan status yang dimilikinya. Lambang kapas menggambarkan pakaian atau sandang, sedangkan lambang padi menggambarkan masakan pokok. Maka dari itu arti lambang Pancasila sila ke 5 ialah persamaan sosial antar masyarakat Indonesia tanpa adanya kesenjangan dan perbedaan ekonomi/sosial.

Sekian klarifikasi mengenai arti lambang Pancasila sila 1 hingga 5. Dalam Pancasila ini mengandung sila sila yang makna dan lambangnya berbeda beda. Simbol dari sila sila Pancasila tersebut tercantum dalam bab tengah Burung Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca bahan lambang dalam Pancasila di atas.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!