Home » , , » Cara Menciptakan Bunga Kembang Sepatu Dari Kertas

LIRIK LAGU : Cara Menciptakan Bunga Kembang Sepatu Dari Kertas

Tutorial DIY menciptakan bunga hias ibarat kembang sepatu memakai kertas krep. Bunga kembang sepatu ada beberapa jenis dan dua yang paling familiar di Indonesia yaitu kembang sepatu yang terdiri dari 5 helai dan kembang sepatu tumpuk yang sekilas terlihat mirip mawar.

Nah, pada kesempatan ini kita akan berguru cara menciptakan kerajinan tangan berupa bunga hias ibarat kembang sepatu tumpuk memakai kertas krep berwarna merah.

Karena memakai kertas krep, kerajinan tangan ini terbilang sangat murah sebab hanya dengan 1 kajang kertas krep seharga Rp 2000,-  kita sudah sanggup menciptakan beberapa kuntum bunga.

Alat dan Bahan

Adapun alat dan materi yang digunakan dalam tutorial DIY kali ini antaralain:
1). Kertas krep merah
2). Putik sintetis warna pink
3). Kawat untuk batang
4). Selotip batang
5). Tali plastik atau benang
6). Gunting dan penggaris.

Untuk kawat, edutafsi menyarankan membeli kawat pergulung seharga Rp 5.000,- sebab lebih irit dibanding membeli kawat bunga yang dijual perbatang. Kawat pergulung itu sanggup digunakan untuk menciptakan batang sekitar 50 batang. 

Tutorial DIY menciptakan bunga hias ibarat kembang sepatu memakai kertas krep CARA MEMBUAT BUNGA KEMBANG SEPATU DARI KERTAS

Untuk putik sintetis, edutafsi membelinya di toko khusus kerajinan tangan dengan harga Rp 5.000,- perbungkus. Dalam satu bungkus terdapat lebih kurang 100 putik sintetis.

Selotip batang merupakan selotip kertas hijau yang mempunyai perekat sehingga sanggup menempel pada kawat ketika membungkus kawat. Harganya Rp 4.000,- pergulung.

Kalau Sobat Tafsi tidak sanggup menemukan selotip batang, Kalian sanggup memakai materi pengganti mirip kertas krep hijau, sedotan hijau, atau kantung plastik hijau.

Proses Pembuatan

Kalau Sobat Tafsi sudah membaca atau menonton tutorial menciptakan bunga hias berbentuk bola mengunakan kertas krep yang sebelumnya dipost, niscaya Kalian tidak akan kesulitan menciptakan bunga ini sebab prosesnya hampir sama.

#1 Membentuk Kertas Krep

Langkah pertama dipotong kertas krep berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 16 cm dan lebarnya 10 cm. Jadi, ukuran kertasnya yaitu 16 cm x 10 cm.

Untuk menciptakan satu kuntum bunga, diperlukan empat lembar kertas dengan ukuran yang sama. Jika sudah tersedia empat lembar kertas, maka tumpuk keempatnya menjadi satu.

Setelah itu, lipat kertas secara bersamaan dengan lebar lipatan kira-kira 3,5 hingga 4 cm. Tujuan melipat kertas yaitu untuk membentuk cuilan pinggir kertas.

Bagian pinggir ketas akan dibuat melengkung. Gunakan gunting untuk memotong cuilan pingir kertas. Gunting pinggiran kertas di kedua sisi sehingga ketika kertas dibuka dihasilkan bentuk mirip pada gambar 1.

#2 Melipat Kertas Krep

Setelah bentuk dasar simpulan dibuat, maka selanjutnya kertas tersebut kembali dilipat. Tapi kali ini lebar lipatannya kira-kira 1,5 cm dan dilipat secara bolak-balik mirip menciptakan kipas dari kertas.

Tujuan lipatan ini yaitu sebagai kerangka proses pembentukan bunganya nanti. Lipat dari salah satu ujung hingga bertemu ujung lainnya dan kesudahannya lebih kurang mirip gambar 2.

#3 Memasang Putik

Langkah berikutnya gunakan tali plastik atau benang untuk mengikat cuilan tengah kertas. Di waktu yang bersamaan, pasangkan pula putik bunganya.

Caranya, letakkan putik di cuilan tengah kertas kemudian gunakan tali untuk mengikat putik bersamaan dengan kertas. Ikat dua kali supaya lebih kuat.

Saat mengikat, pastikan tali dan putik berada dalam posisi yang benar. Posisi yang benar yaitu tali berada di cuilan bawah sedangkan putik berada di cuilan atas mirip gambar 3.

#4 Menarik Kertas

Setelah putik berhasil dipasang, selanjutnya regangkan kertas sehingga kedua tepinya saling bertemu dan membentuk lingkaran. Rapikan juga cuilan tengahnya. Tujuannya yaitu supaya kita gampang ketika akan menarik kertas ke atas.

Berikutnya, ambil kertas lembaran pertama (yang paling atas atau yang akrab dengan putik). Tarik kertas tersebut mendekati putik secara pelan-pelan.

Tutorial DIY menciptakan bunga hias ibarat kembang sepatu memakai kertas krep CARA MEMBUAT BUNGA KEMBANG SEPATU DARI KERTAS

Tarik kertas hingga kertas tegak dan mengelilingi putik. Lakukan proses yang sama untuk lembar kertas berikutnya, sehingga dihasilkan bentuk mirip gambar 4.

Baca juga : Cara Membuat Bunga Bulat dari Kertas Krep.

#5 Memasang Batang

Pada langkah 4, kita sudah berhasil menciptakan sekuntum bunga. Langkah berikutnya, tingal melengkapi bunga dengan batang dan daun.

Untuk daun, sobat Tafsi sanggup memakai sedotan hijau, tali plastik hijau, atau kertas krep hijau. Pada tutorial ini digunakan sedotan hijau.

Setelah kawat dikaitkan pada bunga, selanjutnya kawat dibungkus dengan selotip sambil memasang daun pada batangnya. Bungkus kawat hingga cuilan yang diinginkan tertutup.

Dengan cara yang sama (langkah 1 - 5), buatlah beberapa tangkai bunga lagi. Pada tutorial ini dibuat 5 tangkai bunga yang kemudian dirangkai menjadi satu batang dan diletakkan dalam vas bunga.

Bunga hias kembang sepatu simpulan dibuat!

Demikian tutorial singkat cara menciptakan bunga kembang sepatu memakai kertas krep yang sanggup edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat buat Sobat yang suka berkreasi.

Kalau Kamu resah dengan tahapan di atas, proses pembuatan selengkapnya sanggup Sobat Tafsi tonton di channel youtube kita Tafsi Video, atau melalui link di bawah ini.

Tonton Video : DIY Bunga Kembang Sepatu.

Seperti biasa, bila konten kerajinan tangan ini bermanfaat, bantu edutafsi membagikannya ke teman-teman Kalian supaya keuntungannya tidak berhenti hanya pada Kalian.

Buat Sobat Tafsi yang suka menciptakan kerajinan tangan dan punya ilham menciptakan sesuatu, boleh loh dishare di komentar. Barangkali kita sanggup berguru bareng.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!