Home » » Cara Menciptakan Peta Wilayah Dengan Memakai Kompas Terlengkap

LIRIK LAGU : Cara Menciptakan Peta Wilayah Dengan Memakai Kompas Terlengkap

Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap - Pada umumnya peta diartikan sebagai hasil pengukuran arah dan jarak sebuah kawasan yang dipetakan sehingga sanggup dipakai dengan sebagaimana mestinya. Mungkin kita sudah tidak abnormal lagi dengan istilah peta tersebut. Namun apakah anda tahu bagaimana cara menciptakan peta memakai kompas? Cara menciptakan peta wilayah memakai kompas tersebut pastinya tidak sembarangan. Langkah langkah dalam menciptakan peta ini harus memperhatikan beberapa hal penting biar hsail pengukuran arah dan jaraknya sama dengan kenyataan.
Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap
Bagian Bagian Kompas
Praktik pemetaan sanggup dilakukan sendiri dengan cara menciptakan peta sekolah ataupun peta lingkungan sekitar. Dalam pembuatannya tersebut membutuhkan beberapa alat yang dipakai mirip meteran untuk mengukur jarak, busur derajat untuk menggambar hasil pengukuran arah di atas kertas, dan kompas untuk mengukur arahnya. Namun cara menciptakan peta memakai kompas tersebut harus dilakukan dengan hati hati dan teliti biar jadinya sesuai dengan aslinya. Lalu bagaimana cara menciptakan peta wilayah memakai kompas itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana cara menciptakan peta wilayah dengan memakai kompas terlengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.


Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap

Sebelum menjelaskan wacana cara menciptakan peta memakai kompas, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara memakai kompas. Kompas mempunyai penggalan berupa sebuah jarum yang menawarkan petunjuk arah utara di salah satu ujungnya dan arah selatan pada ujung lainnya. Cara memakai kompas tersebut hanya tinggal mengarahkannya saja ke sebuah objek. Kemudian jarum akan bergeser ke objek lainnya sesuai dengan arah utara dan selatan. Hal ini dikarenakan jarum kompas akan tetap menuju utara meskipun digeserkan ke semua arah.
Baca juga : Keterkaitan Sarana Transportasi Dengan Aglomerasi Industri Lengkap
Selain itu adapula penggalan kompas yang berupa piring kompas dimana didalamnya terdapat angka derajat, mulai dari 0⁰- 360⁰. Jika jarum kompas bergerak maka piringan tersebut juga ikut bergerak. Dalam piringan kompas kita hanya cukup melihat angka derajat untuk memilih posisi objeknya melalui garis penunjuknya (pointer). Apabila pointer menyatakan angka 30 derajat maka dari arah utara terdapat letak benda tersebut sejauh 30 derajat. Sebelum memahami cara menciptakan peta memakai kompas, anda harus mengetahui beberapa langkah memakai kompas terlebih dahulu. Berikut cara memakai kompas yang benar yaitu meliputi:
  • Langkah pertama yaitu memilih pembidikan objek terlebih dahulu mirip objek yang tidak melaksanakan gerakan. Contohnya pohon, tiang listrik, perempatan jalan dan sebagainya. Anda juga sanggup memakai tongkat atau tiang biar sanggup berdiri maupun ditancapkan. Bahkan salah satu teman sendiri juga sanggup dijadikan sebagai objek bidikan.
  • Kemudian epilog kompas dibuka dan objek yang sudah ditentukan tadi dibidik. Lalu pandangan diarahkan menuju objek melalui kawat pembidik yang letaknya di penggalan epilog kompas. Tunggu jarum kompas yang mengarah ke utara hingga stabil. Bidikan yang sempurna berasal dari fokus tidaknya arah pada kompas.
  • Lihat tanda penunjuk yang menyatakan sudut angka derajatnya.
Dalam cara menciptakan peta memakai kompas biasanya terdapat titik Azimuth. Pengertian titik Azimuth yaitu sudut yang besarnya berasal dari bidikan titik tempat menuju sasaran dengan tepat. Selain itu adapula Back Azimuth yaitu bidikan pada tempat sasaran dari tempat awal pembidikannya sehingga pembentukan sudutnya sanggup berkebalikan. Untuk itu besar angka derajatnya sanggup ditambah dengan 180 derajat ataupun dikurangi dengan 180 derajat. Kompas sanggup dipakai untuk mengukur arah dengan tepat, bila pelaksanaan bidikan tidak mempunyai gangguan serta tepat. Adapun bentuk gangguannya mirip di sekitar kompas terdapat besi, fatwa listrik maupun baja.
Baca juga : 12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia
Maka dari itu pengukuran arah pada cara menciptakan peta memakai kompas harus benar dan tepat. Selain itu bidikan objeknya juga harus stabil dan jauhkan benda benda yang mengganggu kompas saat melaksanakan bidikan menuju objek. Jika anda belum paham mengenai cara memakai kompas tersebut, maka lakukan langkah langkah di atas hingga anda sanggup memakai kompasnya. 

Cara Membuat Peta Dengan Kompas

Agar anda memahami lebih lanjut mengenai cara menciptakan peta memakai kompas. Maka sanggup memperhatikan teladan pembuatan peta sekolah memakai hasil pengukuran di bawah ini. Namun sebelum itu anda harus mempersiapkan alat dan materi yang diharapkan untuk menggambar petanya mirip pensil, busur derajat, kertas HVS dan mistar. Setelah itu anda sanggup menerapkan banyak sekali cara menciptakan peta yang akan saya jelaskan memakai hasil pengukuran di lapangannya yaitu:
  • Langkah pertama dalam menciptakan peta yaitu memilih titik pertama pada kertas atau plot A. Setiap plot yang terbentuk harus memperhatikan sudut dan jaraknya sehingga posisi plot A (plot pertama) pada kertas sanggup ditentukan dan selanjutnya arah gambarnya tidak keluar dari kertas yang disediakan.
  • Kemudian memilih arah utara yang terdapat pada peta.
  • Setelah itu menciptakan tanda tegak lurus atau silang pada titik A.
  • Lalu gunakan busur derajat untuk memilih sudut garis A - B sehabis derma silang pada titik A tadi. Setelah itu sudut diukur besarnya berdasarkan hasil bidikan kompas pada titik A menuju titik B (Azimuth). Kemudian garis dari titik A ditarik menuju titik B sesuai dengan panjang skala yang telah ditentukan. Misalnya dilapangan terdapat hasil pengukuran sejauh 20 meter dari jarak A ke B dengan skala gambarnya 1 : 100. Maka diperolah panjang garis pada peta yaitu 20 cm.
  • Langkah selanjutnya menciptakan tanda silang pada plot B mirip halnya pada plot A tadi.
  • Setelah itu gunakan busur derajat untuk memilih sudut garis B - C dan harus ditarik sesuai dengan perbandingan skala tadi.
  • Untuk plot plot selanjutnya sanggup menerapkan langkah langkah tadi hingga menuju plot A lagi.
Setelah penggambaran semua data telah selesai, kemudian peta yang dibentuk tadi perlu diperhatikan apakah bentuknya ibarat poligon tertutup. Apabila cara menciptakan peta memakai kompas dalam lingkup wilayah, maka anda tidak perlu heran bila bentuk petanya tidak berupa poligon tertutup. Meski begitu cara menciptakan peta wilayah memakai kompas sering mengalami beberapa kesalahan yang disebabkan oleh pelaksanaan bidikan kurang tepat, angka derajat kompas salah dibaca, posisi membidik kurang sempurna dan masih banyak lagi. Di bawah ini terdapat langkah langkah memperbaiki kesalahan dalam pembuatan peta yaitu sebagai berikut:
  • Garis ditarik dari kedua ujung celah yang dihubungkan. Lalu panjang celahnya diukur.
  • Kemudian garis lurus yang panjangnya sama dibentuk menuju arah mendatar sehingga garis dari titik A menuju titik A lagi sanggup digambar semua.
Baca juga : Cara Menghitung Kepadatan Penduduk (Aritmatik, Fisiologis, dan Agraris)
  • Setelah itu menciptakan garis tegak lurus pada salah satu ujung garis yang mendatar tadi sehingga panjangnya sama dengan pengukuran panjang celah tadi.
  • Lalu dari ujung garis tegak lurus di tarik lagi menuju ujung garis mendatar hingga terbentuk berdiri segitiga.
  • Lakukan penempatan titik pada garis mendatar mirip titik A, B, C dan seterusnya hingga titik paling akhir. Setiap titik mempunyai panjang yang sama dengan hasil penggambaran panjang pada langkah sebelumnya. Untuk itu kita lebih dulu harus melaksanakan pengukurannya.
  • Di setiap plot atau titik dibentuk garis tegak lurus hingga menuju hipotenusa yakni garis di segitiga siku siku yang bentuknya miring.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengukur panjang di setiap garis dan setiap plot ditempatkan secara tegak lurus.
  • Pada gambar bercelah dibentuk garis keliling gres dengan cara di ujung garis tegak lurus ditarik hingga poligon tertutup telah terbentuk.
  • Akhirnya telah selesai melaksanakan perbaikan gambar pada petanya.
Sekian klarifikasi mengenai cara menciptakan peta wilayah dengan memakai kompas terlengkap. Cara menciptakan peta memakai kompas tersebut membutuhkan ketelitian, ketelatenan dan kesabaran lebih untuk menghasilkan gambar yang sesuai dengan jarak aslinya. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!