A. 37 meter ke arah barat daya
B. 14 meter ke arah selatan
C. 13 meter ke arah tenggara
D. 13 meter ke arah timur
E. 10 meter arah tenggara
Pembahasan :
Untuk menuntaskan soal ini, Sobat Tafsi harus memahami kembali konsep dasar dari besaran fisika terutama besaran vektor dan penjumlahannya.
Seperti biasa, sebelum kita mulai penyelesaian, edutafsi akan membahas kembali secara ringkas konsep dasar dari topik yang bersesuaian dengan soal.
Pembahasan konsep ini bertujuan sebagai pengingat, barangkali Sobat Tafsi sudah mulai lupa. Tapi kalau Kalian masih ingat sanggup diskip pribadi ke pembahasan di bawah.
Konsep Dasar Besaran Fisika
Besaran ialah segala sesuatu yang sanggup diukur dan dinyatakan dengan angka. Berdasarkan arahnya, besaran dibedakan menjadi besaran vektor dan besaran skalar.Besaran skalar ialah besaran yang mempunyai nilai tapi tidak mempunyai arah. Sedangkan besaran vektor ialah besaran yang mempunyai nilai dan arah.
#1 Perpindahan
Perpindahan ialah besaran fisika yang menyatakan perubahan posisi benda. Besar perpindahan sama dengan jarak terdekat antara titik simpulan dan posisi awal.Perpindahan ialah besaran vektor. Artinya, perpindahan mempunyai nilai dan arah. Oleh alasannya itu, untuk memilih perpindahan benda kita harus memperhatikan arahnya.
#2 Penjumlahan Vektor
Konsep selanutnya yang harus Sobat Tafsi perhatikan ialah konsep penjumlah vektor. Seperti yang telah dijelaskan, perpindahan ialah besaran vektor.Karena arah gerak anak dalam soal itu berubah-ubah, maka ada beberapa besaran vektor dari satu titik ke titik lainnya. Jadi, perpindahan totalnya harus diselesaikan dengan konsep resultan vektor.
Untuk vektor-vektor yang saling tegak lurus, resultannya sanggup dihitung memakai dalil pythagoras atau metode segitiga.
Menghitung Perpindahan Benda
Oke kini kita masuk ke penyelesaian. Pertama mari kita perhatikan kembali keterangan atau petunjuk yang ada di dalam soal.Contoh #1 : Seorang anak berjalan lurus ke Barat sejauh 10 meter, kemudian berbelok ke Selatan sejauh 12 meter, dan berbelok lagi ke Timur sejauh 15 meter. Perpindahan yang dilakukan oleh anak tersebut dari posisi awalnya ialah .....
Langkah #1 : Menentukan Bentuk Lintasan
Perhatikan kata-kata yang berwarna merah. Ketiganya merupakan petunjuk untuk menuntaskan soal. Berdasarkan petunjuk tersebut, maka lintasan gerak anak itu ialah sebagai berikut: soal-besaran-vektor.jpg">soal dan pembahasan perihal besaran fisika yaitu memilih perpindahan suatu bend CONTOH SOAL BESARAN FISIKA MENENTUKAN PERPINDAHAN BENDA" border="0" data-original-height="208" data-original-width="400" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDSWku3C9iHxiXKqI4ifdRkwzeoJ4zG8neb6b6bR9CFe12cWI725wE8Gz8MGFBST12xTl1Qs6TgbzuVHvJBMa6vnLXzb3fWyuy3GF9iB72FGz_veljqG5GmjWr9vMkOv6FD5wAJKHxIP15/s1600/contoh-soal-besaran-vektor.jpg" title="CONTOH SOAL BESARAN FISIKA MENENTUKAN PERPINDAHAN BENDA" />
Nah, biasanya bila murid tidak paham konsep besaran vektor, mereka akan menjawab perpindahan benda sebagai jarak yang ditempuh benda itu.
Pada gambar terang terlihat bahwa anak tersebut telah menempuh jarak sejauh 37 m (diperoleh dari 10 + 12 + 15). Tapi yang ditanya ialah perpindahan, jadi bukan 37 m jawabannya.
Langkah #2 : Menentukan Perpindahan
Ingat, perpindahan ialah jarak terdekat antara titik awal dengan titik akhir. Nah, kalau kita tarik garis lurus yang menghubungkan posisi awal dan akhir, maka akan dihasilkan gambar menyerupai ini. soal-besaran-vektor-2.jpg">soal dan pembahasan perihal besaran fisika yaitu memilih perpindahan suatu bend CONTOH SOAL BESARAN FISIKA MENENTUKAN PERPINDAHAN BENDA" border="0" data-original-height="208" data-original-width="400" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0Mw0Hg_Szj3wjRSx54RC3nGiT6MA11LviD8KbeYG85-WPS1tTyzPin0IxeZQc1KkA5h3hhL_cR57IHDFNRxNBQjYeFqN9UGJp78r2jPsWgPnicU4vKDaoljjAdxsNbrcN_Ei9bK8o0iuA/s1600/contoh-soal-besaran-vektor-2.jpg" title="CONTOH SOAL BESARAN FISIKA MENENTUKAN PERPINDAHAN BENDA" />
Coba perhatikan gambar di atas, kalau kita ambil sebuah garis bantu, maka akan terbentuk sebuah segitiga siku-siku. Perhatikan segitiga ABC siku-siku di B.
Posisi awal kita misalkan titik A dan posisi simpulan dimisalkan titik C, maka besar perpindahan anak itu sama dengan panjang AC.
Dari gambar Sobat Tafsi sanggup melihat bahwa panjang AB sama dengan 12 m dan panjang BC sama dengan 5 m (diperoleh dari 15 - 10).
Panjang AC ialah sisi miring segitiga ABC. Karena AB dan BC diketahui panjangnya, maka panang AC sanggup ditentukan dengan dalil pythagoras.
Berdasarkan dalil Pythagoras:
⇒ AC2 = AB2 + BC2
⇒ AC2 = 122 + 52
⇒ AC2 = 144 + 25
⇒ AC2 = 169
⇒ AC = 13 m
Nah, alasannya panjang AC sama dengan 13 m, maka perpindahan yang dilakukan anak tersebut ialah 13 meter dengan arah ke Tenggara. Untuk arahnya, perhatikan gambar petunjuk arah mata angin pada gambar di atas.
Jawaban : C
Baca juga : Kumpulan Soal perihal Besaran Fisika
Demikian pembahasan pola soal perihal besaran fisika nomor 1 dengan model soal memilih besar perpindahan yang dilakukan benda.
Jika pembahasan ini bermanfaat, bantu edutafsi untuk share ke teman-teman kalian melalui tombol share sosial media yang Kalian punya.
Untuk pembahasan pola soal lainnya perihal besaran fisika sanggup Sobat Tafsi lihat di sajian pola soal fisika atau melalui tombol kategori pola besaran di bawah ini.
Kalau Sobat masih belum paham atau gundah dengan pembahasan si atas, boleh share pertanyaan Kalian di komentar, kami akan mencoba menjelaskannya.