soal%2Bhots.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="327" data-original-width="567" height="230" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgf18cNzyt-8YU_8KieKoOtfVr_dZM4iGoGDuNDrxNO-Z1OatG6Q-yEX-3lHb0OOO9s5p9N74sBC5cpdynTznSmBBcF5JR2vlWNL1imOe3jZC3ZNp8JE-ttzIUTwD25frCSPmGuEV0fYIWv/s400/soal%2Bhots.JPG" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" width="400" /> |
Diagram Taksonomi Bloom LOTS ke HOTS |
Kemampuan HOTS dalam individu terjadi ketika isu gres berkaitan dengan isu yang sebelumnya telah dimiliki. Lalu diciptakan sebuah solusi yang belum dikenal konteksnya dalam persoalan tertentu. Ilmu Higher Order Thinking Skills (HOTS) cenderung memperlihatkan pemahaman isu lebih dalam daripada sekedar mengingatnya saja. Untuk itu soal HOTS Matematika SD Kelas 6 merujuk pada daypikir dan pemahaman akan soal tersebut sehingga bukan sekedar recall (mengingat kembali) cara mengerjakannya. Namun referensi soal HOTS kelas 6 ini bukan berarti lebih sulit dikerjakan dibandingkan soal recall. Kali ini saya akan membagikan referensi soal HOTS Matematika kelas 6 beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.
Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Mempelajari latihan soal memang sangatlah penting, namun yang tidak kalah penting yaitu memahami pengertian dan hakikat HOTS itu sendiri. Sebelum membagikan referensi soal HOTS kelas 6 Matematika. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai HOTS terlebih dahulu. Biasanya yang ditekankan dalam soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) lebih merujuk pada proses menyerupai di bawah ini:
- Pentransferan fakta yang berasal dari satu konteks menuju konteks lainnya.
- Memilih, menerapkan dan memproses sebuah informasi.
- Memeriksa beberapa isu yang saling berafiliasi namun berbeda.
- Menyelesaikan duduk masalah melalui penggunaan informasi.
- Menguji secara kritis akan gagasan dan informasi.
Baca juga : Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya
Soal HOTS Matematika kelas 6 memang lebih menekankan pada hal hal di atas. Selain itu soal HOTS kelas 6 Matematika mempunyai bentuk eksplorasi dan analisis, mengkritisi, menginterpretasi dan menilai, eksplorasi dan jawaban, serta menalar sebuah isu bukan mengingatnya kembali. Namun penyajian bentuk soal Higher Order Thinking Skills biasanya terdiri dari pilihan ganda, isian singkat, menjodohkan, unjuk kerja, esai, dan portofolio.
Untuk penyajian soal HOTS Matematika SD Kelas 6 yang berbentuk pilihan ganda biasanya berupa stimulus soal yakni berafiliasi dengan konteks dunia nyata. Selanjutnya untuk soal yang berbentuk pertanyaan diharuskan untuk menjawabnya dengan berpikir logis, metakognisi, tidak sekedar pemahaman atau ingatan lagi, kritis, dan kreatif. Maka dari itu para penulis soal mempunyai pedoman tertentu untuk mengaplikasikan beberapa cara pembuatan butir soal yang mengupayakan cara berpikir tingkat tinggi. Dengan kata lain menurut ranah kognitif Bloom dibuatlah pertanyaan atas materi khusus untuk mengukur sikap pada level kreasi, analisis dan evaluasi.
Cara berpikir tingkat tinggi sanggup diajarkan melalui butir soal HOTS yang berdasar pada stimulus (pertanyaan) dengan bentuk materi atau sumber bacaan menyerupai paragraf, penggalan cerita/novel/dongeng, kasus, grafik, rumus, tabel, contoh, bunyi yang direkam, evaluasi, teks bacaan, kreasi, analisis, teks drama, puisi, gambar, foto, daftar simbol/kata dan peta. Butir soal HOTS kelas 6 Matematika ditulis dengan beberapa teknik di bawah ini yaitu:
- Untuk level pendidikan harus memperhatikan lingkup materinya.
- Setiap level pendidikan harus memperhatikan beberapa kompetensi yang nantinya diluncurkan dalam bentuk beberapa tujuan dan indikator pembelajaran sesuai dengan rekomendasi kurikulumnya.
- Menggunakan pengetahuan dasar yang meliputi level pendidikan dengan kemungkinan perbedaan materi.
- Menggunakan kemampuan dasar atau pengetahuan untuk menuntaskan persoalan.
Biasanya dalam menjawab pertanyaan di tingkat berikutnya memakai tingkat taksonomi bloom yang terendah sehingga sanggup dijadikan sebagai pengetahuan dasar.
Contoh Soal Matematika HOTS
Setelah membahas wacana soal HOTS kelas 6 Matematika di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa referensi soal HOTS Matematika kelas 6. Berikut referensi soal dan pembahasannya:
Baca juga : Contoh Soal Dimensi Tiga dan Pembahasannya
1. Perusahaan jaringan infomasi melaksanakan survey pengembangan jaringan melalui panggilan telepon. Dika yaitu salah satu karyawan yang bertugas untuk mencatat hasil jumlah panggilan telepon dalam beberapa periode berurutan setiap harinya. Penyajian hasil cacatan Dika diubah dalam bentuk grafik menyerupai berikut ini:
soal%2Bhots%2B1.png" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="340" data-original-width="624" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggKrEdxDxSxmso25dnjPbG80Rdh3zPoUwoGqpI9gGwAntMX6xZt8WNDKt5YqWWsOA9BhDOATC6N7biW-QjM64T4NK8S77T9jXe9eEtBQovfcN2CLsyS9FHb85io7ffBVIgQJ3GBylaheey/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B1.png" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 #1 |
Berdasarkan data di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini:
a. Berapa harikah survei yang dilakukan Dika?
b. Hari ke berapa Dika tidak melaksanakan panggilan keluar?
c. Hari ke berapa panggilan masuk yang diterima Dika lebih banyak dibandingkan panggilan keluar untuk pertama kalinya?
Jawaban
a. Survei yang dilakukan Dika berlangsung selama 8 hari.
b. Dika tidak melaksanakan panggilan keluar pada hari ke 4.
c. Panggilan masuk yang diterima Dika lebih banyak dibandingkan panggilan keluar untuk pertama kali terjadi pada hari ke 5.
2. Edi mempunyai flashdisk dengan kapasitas 1024 MB (1 Gigabyte) dengan beberapa data menyerupai di bawah ini:
soal%2Bhots%2B2.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="104" data-original-width="394" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGAwTkDngCgeQ_uHZWLXbQYTnVpm0LtqSmn4DwDunGSNIGD-uANsmy0LAnD-rzoI_ygdBYtPQc2uDKS8Dawet8q0ZZDTCLJ0wHGQWfxJ3ObENcDg0eGeFMjIWk7ske6kX_FsMjPGubehaD/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B2.JPG" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 #2 |
Jika Edi ingin menambahkan 400 MB file gambar. Maka salah satu file paling besar dalam flashdisk tersebut ingin dipindahkan ke laptop. File manakah yang harus dipindahkan ke laptop itu?
Jawaban
File yang akan dipindahkan ke laptop mempunyai ukuran terbesar. Dari data diatas terdapat file terbesar yaitu 500 MB untuk kategori "Musik". Makara file yang harus dipindahkan ke laptop ialah file musik.
3. Di sebuah sangkar terdapat ayam yang jumlahnya 50 ekor. Di dalamnya terdapat 20 ekor ayam betina dan 10 ekor di antaranya mempunyai warna putih. Jika ayam yang warnanya putih berjumlah 25 ekor. Berapakah jumlah ayam jantan yang warnanya tidak putih?
Jawaban
Untuk menuntaskan soal HOTS Matematika kelas 6 di atas, kita sanggup mengaplikasikannya dalam bentuk tabel menyerupai di bawah ini:
soal%2Bhots%2B3.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="97" data-original-width="371" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8Husvon4Ru7f8SiSlDVLYW4FzuBZAbPXtTK_8gwAW6vfr1OgMvpHnJnWxU6Yr_QvgcD2f6SfViMlJvbsh7uyexdJT7Fe1B2H_eCJb6pwIcjJ9yVC7KHwQJXYb1EVEdstycPg27s8XjEyK/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B3.JPG" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Tabel Jawabah Soal HOTS |
Setelah tabel dibentuk sedemikian rupa, kemudian lengkapi tabel diatas menyerupai di bawah ini:
soal%2Bhots%2B33.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="98" data-original-width="369" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEMdMDLeoItF4iSEpYzL-L7uWhm0astGmGlQBZaOF34L6iEaOGVD3MoczTwEdQzemoA5Tn_JqDP7JwVegvtyr8gB8e63Px6rB6XCb-BneV095Nl_H0ba2D5Cqz0kvp_-mr-JC3N1cebleQ/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B33.JPG" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Tabel Jawabah Soal HOTS |
Baca juga : Sifat Sifat Operasi Bilangan Bulat Matematika Kelas 5 SD4. Perhatikan gambar di bawah ini!
soal%2Bhots%2B4.png" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="159" data-original-width="368" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpWFWhQOwpMToQjfM6I5AYiw6y8hpOpH7UExbZV8Mll6JQjXCSnUz7fU-ayxNCgjdYto6DDn1aI_zQhD4y9b9IozxIcEeRQLFk794rZCDCY3yB2mmRFLklVqLX1w-tezFlsxrbfuOBYzd3/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B4.png" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 #4 |
Jawaban
Langkah pertama ialah menambahkan titik KLMN pada kebun di atas. Maka gambar skema kebunnya akan menjadi menyerupai di bawah ini:
soal%2Bhots%2B4.png" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="188" data-original-width="405" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrKi_5u2V36NPhL8SFQx2VBMPsJIWijnlIqFyxifQGSF1VX4xoVL0b28ysB3JFuNSIfQNXTSx1zX63JP2yU4fyBNM9qw2RmEq3Pg3BGR5xXrNNqQOu3e9c9IaDos2XHYKfVXFr__ibtYnF/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B4.png" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Jawaban Soal HOTS No.4 |
soal%2Bhots%2B41.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="137" data-original-width="600" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYMJTNNgrjxT3_h8GLvleF5uUDTpsHX-BVkoIM2svQt3F8y8axs-FldZ9LsIYhL2Z2w7HjekiXpmEGIVPAttKkSvcPLydc3DJvJrU550St97zb9fE3gNjzR_z4jh_cW8kFZEluDuJRHNfj/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B41.JPG" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Cara Mencari Panjang NO |
soal%2Bhots%2B42.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="109" data-original-width="679" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjg8b5r995CVQK_hKUg7npDxKdbh_kpZkaXI9-gD2GAUxQxBuQdu_C_3oKPE2Z9jA2OeZh6dua0GK43uZj1DNwFho_TUmDQpPmnzsBeqf8TKHWOfJW5Nq4kccN6oIay4WFYmRzrF2OfLp9h/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B42.JPG" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Cara Mencari Luas Jalan |
5. Sebuah menara mempunyai bayangan yang panjangnya 20 m dan sebuah tiang pancang juga mempunyai bayangan dengan panjang 4 m. Apabila tiang pancangnya mempunyai tinggi 8m. Berapakah tinggi menaranya?
Jawaban
Bayangan menara (Bm) = 20 m
Bayangan tiang pancang (Bt) = 4 m
Tinggi tiang pancang (Tt) = 7 m
Untuk mencari tinggi menara sanggup memakai konsep perbandingan senilai menyerupai di bawah ini:
soal%2Bhots%2B5.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" border="0" data-original-height="139" data-original-width="682" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjewEDkC2oxBU6TcS_3GzOo58VyxKCWs3VmYoYbolWtKxRJQgjSWxms0MiycdELjL1BwrSaX5euVE0QCLhq-OkBnamAgPo3ZL2J_6yb1Ql1BNOeP6Ugk60Hpmy_Q3PTNOTzGIa9ovhiQA5X/s1600/contoh+soal%2Bhots%2B5.JPG" title="Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya" /> |
Jawaban Soal HOTS No.5 |
Apakah soal HOTS SD, SMP, dan Sekolah Menengan Atas hanya bisa diterapkan dalam pelajaran matematika saja? tentu saja tidak. HOTS yaitu pola pikir yang harus dikembangkan siswa di sekolahan. Ini merupakan tanggung jawab seluruh guru mata pelajaran. jadi semua guru wajib mengimplementasikan dan menciptakan soal HOTS sesuai kurikulum dan bisa dipertanggungjawabkan.
Demikianlah klarifikasi mengenai referensi soal HOTS Matematika kelas 6. Soal HOTS kelas 6 Matematika intinya dipakai untuk menyebarkan cara berpikir secara divergen alasannya yaitu konteks yang ditekankan merujuk pada dunia faktual menyerupai dunia kerja. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca soal HOTS Matematika SD kelas 6 di atas.