Home » , , » Contoh Soal Grafik Gerak Lurus Memilih Waktu Berhenti

LIRIK LAGU : Contoh Soal Grafik Gerak Lurus Memilih Waktu Berhenti

- Contoh soal dan pembahasan wacana kinematika gerak lurus, memilih waktu ketika benda berhenti menurut grafik. Contoh #4 : Sebuah benda bergerak lurus berubah beraturan dan mempunyai grafik hubungan kecepatan (v) terhadap waktu (t) menyerupai gambar di bawah. Berdasarkan data grafik, benda akan berhenti sehabis bergerak selama .....
A. t = 20 sekon
B. t = 10 sekon
C. t = 8 sekon
D. t = 5 sekon
E. t = 4 sekon

Pembahasan :
Sesuai dengan judulnya, untuk menuntaskan soal ini, Sobat Tafsi harus memahami kembali konsep dasar gerak lurus terutama menganalisis grafik gerak lurus.

Nah, menyerupai biasa sebelum mulai penyelesaian, edutafsi akan bahas terlebih dahulu secara ringkas konsep dasar mengenai gerak lurus dan grafiknya.

Kalau Sobat sudah mulai lupa dengan konsep GLBB boleh diperhatikan kembali tapi kalau Kalian masih ingat betul silahkan diskip ke penyelesaian yang ada di bawah.

Konsep Dasar Gerak Lurus

Sobat Tafsi tentu tahu bahwa gerak lurus ialah gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus. Gerak lurus merupakan jenis gerak yang cukup umum dalam kehidupan sehari-hari.

Secara garis besar, gerak lurus dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB), dan gerak lurus berubah tak beraturan.

Karena soal ini melibatkan grafik kecepatan terhadap waktu, maka kita akan mengingat kembali bagaimana bentuk grafik dari gerak lurus beraturan dan gerk lurus berubah beraturan.

#1 Grafik GLB

Salah satu ciri dari gerak lurus beraturan ialah kecepatannya selalu konstan atau tetap. Artinya, kecepatan benda setiap detiknya selalu sama.

Nah, sebab kecepatannya tetap dari waktu ke waktu, maka grafik v-vs-t untuk gerak lurus berubah beraturan akan berbentuk garis lurus mendatar (garis lurus horizontal).

Sobat Tafsi sanggup cari materi berguru mengenai jenis-jenis grafik gerak lurus melalui tombol penelusuran yang ada di sajian atas halaman ini.

#2 Grafik GLBB

Salah satu ciri dari gerak lurus berubah beraturan ialah kecepatannya berubah secara teratur sebab mengalami percepatan (atau perlambatan) yang konstan dari waktu ke waktu.

Berdasarkan percepatannya, ada dua jenis gerak lurus berubah beraturan, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat. Grafik keduanya menawarkan perbedaan.

a). Grafik GLBB Dipercepat

GLBB dipercepat ialah gerak lurus berubah beraturan yang kecepatannya bertambah secara teratur sebab mengalami percepatan konstan.

Karena kecepatannya meningkat (naik) dari waktu ke waktu, maka grafik v-vs-t untuk GLBB dipercepat akan berbentuk garis lurus naik (miring ke atas).

b). Grafik GLBB Diperlambat

GLBB diperlambat ialah gerak lurus berubah beraturan yang kecepatannya berkurang secara teratur sebab mengalami perlambatan konstan.

Karena kecepatannya berkurang (turun) dari waktu ke waktu, maka grafik v-vs-t untuk GLBB diperlambat akan berbentuk garis lurus turun (miring ke bawah).

Baca juga : Gambar Grafik GLB dan GLBB.

Nah, Sekarang mari kita tinjau grafik untuk soal di atas.

Contoh #4 : Sebuah benda bergerak lurus berubah beraturan dan mempunyai grafik hubungan kecepatan (v) terhadap waktu (t) menyerupai gambar di bawah. Berdasarkan data grafik, benda akan berhenti sehabis bergerak selama .....

 Contoh <a href=soal dan pembahasan wacana kinematika gerak lurus CONTOH SOAL GRAFIK GERAK LURUS MENENTUKAN WAKTU BERHENTI" border="0" data-original-height="208" data-original-width="400" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRN2HFyhvL56RMhiXRU0RK8Ee3uAhxffOPpFl__sfFdxyNx3O-kgRWTp3BcmAkUU917bP9huywJ_6aoGMsT52VspXCuX4bK-jiTNcR9QTGIRj7lSMV8bpeLBpXru5LJPm3lRrVrupEYPa2/s1600/contoh-gerak-lurus-1.jpg" title="CONTOH SOAL GRAFIK GERAK LURUS MENENTUKAN WAKTU BERHENTI" />

Dari gambar di atas sanggup Sobat Tafsi lihat bahwa grafik v-vs-t untuk benda tersebut ialah turun (miring ke bawah kalau dilihat dari kiri). Itu artinya, benda melaksanakan GLBB diperlambat.

Nah, kali ini kita akan coba menuntaskan soal ini dengan dua metode. Metode pertama yaitu memakai konsep GLBB dan metode kedua akan kita gunakan metode grafis.

Cara #1 : Konsep GLBB

Perhatikan kembali gambar grafik v-vs-t untuk soal di atas. Pada gambar sanggup Sobat lihat data untuk kecepatan (v) dan waktu (t).

Langkah #1 : Menentukan Kecepatan Awal

Pada ketika t = 0 (awal gerak), kecepatan bendanya ialah 20 m/s. Itu artinya, kecepatan awal benda ialah 20 m/s.

Kemudian, pada detik ke-4 (t = 4 s) kecepatan benda menjadi 10 m/s. Itu artinya kecepatannya menurun. Benda mengalami perlambatan.

Langkah #2 : Menghitung Percepatan Benda

Karena benda mengalami perlambatan, maka kita perlu memilih perlambatan itu terlebih dahulu untuk memilih waktu henti benda.

Percepatan (perlambatan) ialah hasil bagi perubahan kecepatan terhadap waktu. Berdasarkan konsep itu, maka kita peroleh:
⇒ a = (10 - 20) / (4 - 0)
⇒ a = -10/4
⇒ a = -2,5 m/s2

Langkah #3 : Menghitung Waktu

Nah, kalau percepatannya sudah diketahui maka kita sanggup memilih waktu. Ingat, ketika berhenti, kecepatan benda sama dengan nol, maka vt = 0.

Dik : vo = 20 m/s, vt = 0, a = -2,5 m/s2
Dit : t = .... ?

Berdasarkan konsep GLBB, maka:
⇒ vt = vo + at
⇒ 0 = 20 + (-2,5)t
⇒ 2,5t = 20
⇒ t = 20/2,5
⇒ t = 8 s

Jadi, benda tersebut akan berhenti sehabis bergerak selama 8 sekon.

Cara #2 : Metode Grafis

Metode kedua kita akan menuntaskan soal ini memakai metode grafis. Konsep yang kita gunakan ialah konsep segitiga sebangun.

Sekarang coba perhatikan gambar di bawah ini. Kalau pada grafik kita tambahkan garis lurus di pecahan tengah maka akan dihasilkan dua buah segitiga yang sebangun.

Dari gambar sanggup Sobat lihat bahwa segitiga BAC sebangun dengan segitiga BDE.

 Contoh <a href=soal dan pembahasan wacana kinematika gerak lurus CONTOH SOAL GRAFIK GERAK LURUS MENENTUKAN WAKTU BERHENTI" border="0" data-original-height="208" data-original-width="400" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZYqu2761MC1EDFKGGGspCOy65sqvSI4mV0Qin2eX-EHkJTlZOVJOIGGJKuy444wPqzaa9x-xmW3BP3XFgKOwUxVr1mZDuEKzrIUJ_pqslzN0gCw0Qy5rsPmpXJY40L401S1nKnxRhuQ25/s1600/contoh-gerak-lurus-2.jpg" title="CONTOH SOAL GRAFIK GERAK LURUS MENENTUKAN WAKTU BERHENTI" />

Nah, sebab keduanya sebangun, maka berlaku perbandingan:
⇒ AB : AC = BD : DE
⇒ AB : AC = (AB - AD) : DE

Dari gambar ada beberapa sisi yang diketahui panjangnya, yaitu:
Dik : AB = t, AC = 10, AD = 4

Karena AB = t, maka persamaan di atas sanggup diubah menjadi:
⇒ t : 20 = (t - 4) : 10
⇒ t/20 = (t - 4)/10

Jika dikali silang, maka diperoleh:
⇒ 10t = 20(t - 4)
⇒ t = 2(t - 4)
⇒ t = 2t - 8
⇒ t - 2t = -8
⇒ -t = -8
⇒ t = 8 s

Jadi, benda akan berhenti sehabis bergerak selama 8 sekon.
Jawaban : C

Baca juga : Kumpulan Soal Kinematika Gerak Lurus.

Demikian pembahasan pola soal wacana kinematika gerak lurus nomor 4 dengan model soal memilih waktu henti benda menurut grafik v vs t.

Jika pembahasan ini bermanfaat, bantu edutafsi ya untuk share ke teman-teman kalian melalui tombol share sosial media yang Kalian punya.

Untuk pembahasan pola soal lainnya wacana kinematika gerak lurus sanggup Sobat Tafsi lihat di sajian pola soal fisika atau melalui tombol kategori Contoh Kinematika Gerak Lurus di bawah ini.

Oya, buat Kalian yang amsih galau atau belum paham dengan pembahasan di atas, boleh share pertanyaan Kalian di kolom komentar. Dan dari kedua cara di atas, cara yang mana yang paling Kalian suka?

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!