Home » , » Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Ilham Pokok Paragraf

LIRIK LAGU : Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Ilham Pokok Paragraf

- Ide Pokok Paragraf. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia wacana wangsit pokok paragraf untuk tingkat menengah atas. Salah satu model soal membaca yang paling umum muncul yaitu memilih kalimat utama paragraf. Bentuk lain dari kalimat utama yaitu memilih wangsit pokok paragraf. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal wacana wangsit pokok paragraf yang pernah keluar dalam soal ujian nasional. Semoga sanggup menjadi citra bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Mengidentifikasi Ide Pokok Paragraf

Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini sebab komponen tersebut ternyata sangat besar lengan berkuasa pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan sikap sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu dengan sikap sehat, seseorang akan memanfaatkan kemudahan pelayanan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Ide pokok paragraf di atas yaitu ....
A. Memanfaatkan kemudahan yang ada
B. Menjaga lingkungan supaya tetap sehat
C. Perilaku sehat akan besar lengan berkuasa pada pilar lainnya
D. Berperilaku sehat akan menjaga kebersihan
E. Perilaku sehat merupakan pilar utama.

Pembahasan :
Paragraf merupakan rangkaian kalimat yang saling bekerjasama dan membentuk satu kesatuan pembahasan. Umumnya sebuah paragraf terdiri dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Secara garis besar, paragraf terdiri dari dua unsur utama, yaitu gagasan utama dan gagasan penjelas.

Gagasan utama yaitu gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan ini biasanya berada di kalimat utama. Sedangkan gagasan penjelas yaitu gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama dan biasanya dinyatakan dalam beberapa kalimat penjelas.

Dalam paragraf juga dikenal istilah wangsit pokok. Ide pokok yaitu gagasan inti atau gagasan utama yang dijiwai seluruh paragraf. Ide atau pikiran pokok suatu paragraf biasanya terletak di awal paragraf (paragraf deduktif) atau di tamat paragraf (paragraf induktif).

Ide pokok biasanya berada di kalimat utama paragraf. Pada paragraf di atas, kalimat utamanya yaitu kalimat pertama yaitu "Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama". Dengan demikian, wangsit pokok paragraf tersebut yaitu sikap sehat merupakan pilar utama. Paragraf ini termasuk paragraf deduktif.
Jawaban : E

Soal 2 : Menentukan Ide Pokok Paragraf

Bacalah teks berikut dengan seksama!
Dampak merebaknya penyebaran virus sindrom pernafasan akut parah (Severe Acute Respiratory Sindrome/SARS) dari negeri jiran, Singapura, mulai mengancam bisnis perhotelan di Batam. Jumlah tamu, baik dari luar negeri maupun dalam negeri merosot sampai tingkat hunian hotem di Batam berkurang sampai sepuluh persen. Demikian kata Public Relation Manajer Goodway Hotel Puri Garden, Budi Purnomo, dan pengusaha Novotel Hotel, Anas ketika dihubungi kompas di Batam.

Ide pokok paragraf tersebut yaitu ....
A. Dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan
B. Penyebaran virus SARS dari negeri jiran Singapura
C. Virus SARS mengancam bisnis perhotelan di Singapura
D. Dampak virus SARS terhadap penghuni hotel di Batam
E. Dampak penyebaran virus SARS dirasakan oleh penguasaha

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas bagaimana imbas penyebaran virus SARS terhadap merosotnya jumlah tamu perhotelan di Batam. Kalimat utama berada di awal paragraf. Dari kalimat utama tersebut, sanggup disimpulkan wangsit pokoknya, yaitu Dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan (di Batam).
Jawaban : A

Soal 3 : Menentukan Ide Pokok Paragraf Pertama

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam menghadapi persoalan kependudukan. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat yaitu mengenai tanggungan beban negara sebab banyaknya generasi muda dan meningkatnya penduduk usia lanjut.

Ketika proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan 17 agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta, jumlah penduduk negara kita sekitar 70 juta jiwa, sedangkan hasil sensus penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan sampai kini, penduduk Indonesia telah berkembang hampir tiga kali lipat yakni 203,45 jiwa.

Ide pokok paragraf pertama dalam artikel di atas yaitu .....
A. Beban negara terhadap beban penduduk
B. Meningkatnya penduduk usia lanjut di Indonesia
C. Mingkatnya jumlah generasi muda sehabis merdeka
D. Perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan
E. Perhatian terhadap masyarakat bangsa Indonesia.

Pembahasan :
Kalimat utama pada paragraf pertama dalam artikel di atas yaitu Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam menghadapi persoalan kependudukan. Karena wangsit pokok biasanya ada pada kalimat utama, maka wangsit pokok paragraf pertama yaitu Perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan.
Jawaban : D

Soal 4 : Menentukan Ide Pokok Paragraf Kedua

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Semburan Baru Muncul di Mindi
Semburan lumpur, air, dan gas gres keluar dari salah satu halaman belakang salah seorang penduduk, warga desa Mindi, kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan yang ke-59 yang muncul di sekitar sentra semburan utama.

Menurut spesialis dari Leader Team Fergaco, perusahaan yang jago mengawasi gas-gas berbahaya di sekita sentra semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.

Ide pokok paragraf kedua teks tersebut yang sempurna yaitu ....
A. Pengawasan gas oleh tim ahli
B. Pendapat wacana semburan liar
C. Munculnya semburan liar
D. Mengecilnya semburan liar
E. Penutupan lubang liar

Pembahasan :
Paragraf kedua berisi ulasan mengenai pendapat spesialis terkait semburan liar yang muncul. Paragraf tersebut dimulai dengan kalimat yang menyebutkan pendapat sang jago yang kemudian diperjelas dengan pendapat lain yang mendukung pendapat tersebut. Jadi, wangsit pokok paragraf kedua yaitu pendapat wacana semburan liar yang muncul. Tapi, jikalau ditanya secara keseluruhan, maka wangsit pokok teks di atas yaitu munculnya semburan liar.
Jawaban : B

Soal 5 : Ide Pokok Keseluruhan Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Penyebab anak kurang nafsu makan dan cara mengatasinya sanggup dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul sebab anak menjiplak atas apa yang dilakukan anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, karena diet misalnya, akan menyebarkan sikap enggan makan pula. Oleh sebab itu, acara makan bagi seorang anak harus dibentuk dalam suasana yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan ketika makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.

Ide pokok paragraf tersebut yaitu ....
A. Problema kurang nafsu makan pada anak
B. Perilaku anak kurang nafsu makan
C. Cara mengatasi kurang nafsu makan
D. Suasana makan yang menyenangkan
E. Jangan ada paksaan supaya anak mau makan.

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas mengenai persoalan kurang nafsu makan pada anak-anak. Kalimat utamanya yaitu problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Dari kalimat utama ini, wangsit pokoknya yang menjadi pembahasan paragraf tersebut yaitu problema kurang nafsu makan pada anak.
Jawaban : A

Demikianlah pembahasan beberapa soal wacana wangsit pokok paragraf yang pernah keluar dalam soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Jika pembahasan soal wacana wangsit pokok ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini. Terimakasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!