Home » » Contoh Soal Aturan Snellius Perihal Pemantulan Cahaya

LIRIK LAGU : Contoh Soal Aturan Snellius Perihal Pemantulan Cahaya

- Hukum Pemantulan Cahaya. Contoh soal dan pembahasan wacana aturan pemantulan cahaya. Pada pecahan optika geometris, umumnya subtopik pertama yang akan dibahas ialah pemantulan cahaya. Pada subbab tersebut akan dibahas mengenai pengertian pemantulan cahaya, jenis pemantulan, dan aturan pemantulan cahaya. Hukum pemantulan cahaya juga dikenal sebagai aturan Snellius wacana pemantulan. Dari aturan tersebut sanggup diketahui bagaimana prinsip pemantulan cahaya dan relasi antara sinar tiba dengan sinar pantulnya. Berikut ini edutafsi susun beberapa soal yang umum keluar mengenai pemantulan cahaya.

Contoh 1 : Bunyi Hukum Pemantulan
Berdasarkan aturan Snellius mengenai pemantulan cahaya, relasi antara besar sudut tiba dan besar sudut pantul sanggup dinyatakan dengan ....
A. i = 2r
B. i = r
C. i = ½ r
D. i = ¼ r
E. i = r/s

Pembahasan :
Hukum pemantulan cahaya merupakan suatu aturan yang dicetuskan oleh ilmuwan Snellius. Sesuai dengan namanya, aturan ini menjelaskan bagaimana fenomena pemantulan cahaya terjadi dan menunjukkan bagaimana relasi antara sinar datang, sinar pantul, dan garis normal dalam insiden tersebut.

Pemantulan cahaya sanggup diartikan sebagai insiden dipantulkannya berkas cahaya dikala mengenai suatu bidang atau permukaan yang bersifat memantulkan. Bidang atau permukaan yang sanggup memantulkan berkas cahaya disebut sebagai bidang pantul. Berdasarkan sifat pemantulannya, pemantulan cahay dibedakan mejadi pemantulan teratur dan pemantulan baur.

Berikut poin dalam aturan pemantulan cahaya:
1). Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul berada pada satu bidang datar
2). Besar sudut tiba sama dengan sudut pantul

Sesuai dengan poin kedua pada aturan pemantulan cahaya, sanggup dilihat bahwa besar sudut pantul pada insiden pemantulan akan sama dengan besar sudut datangnya. Jika sudut tiba disimbolkan dengan (i) dan sudut pantul (r), maka berlaku persamaan i = r.
Jawaban : B

Contoh 2 : Istilah dalam Pemantulan Cahaya
Menurut aturan pemantulan cahaya, sinar datang, garis normal, dan sinar pantul berpotongan pada satu titik dan terletak pada satu bidang datar. Yang dimaksud dengan garis normal ialah ....
A. Garis lurus yang membagi bidang pantul menjadi dua bagian
B. Garis yang mengapit sinar tiba dan sinar pantul
C. Garis yang tegak lurus dengan bidang pantul
D. Garis khayal sejajar permukaan pantul
E. Garis lurus dengan kemiringan tertentu

Pembahasan :
Dalam insiden pemantulan cahaya, terdapat beberapa istilah yang umum digunakan, yaitu sinar datang, sinar pantul, garis normal, sudut datang, dan sudut pantul. Sinar tiba ialah garis yang menunjukkan berkas cahaya yang tiba ke permukaan sedangkan sinar pantul ialah garis yang menunjukkan cahaya yang dipantulkan.

Garis normal ialah sebuah garis bantu yang tegak lurus terhadap bidang atau permukaan pantul. Besar sudut yang dibuat oleh sinar tiba dan garis normal disebut sudut tiba (i) sedangkan besar sudut yang dibuat oleh sinar tiba dan garis normal disebut sudut pantul (r).
Jawaban : C

Contoh 3 : Besar Sudut Pantul
Suatu sinar mengenai suatu permukaan dan dipantulkan. Jika berkas cahaya tiba dengan sudut 60o terhadap permukaan pantul, maka besar sudut pantulnya ialah .....
A. r = 60o
B. r = 40o
C. r = 30o
D. r = 20o
E. r = 10o

Pembahasan :
Untuk menjawab soal menyerupai ini, maka kita harus memahami defenisi dari sudat tiba dan sudut pantul. Sudut tiba ialah sudut yang dibuat oleh sinar tiba dan garis normal sedangkan sudut pantul ialah sudut yang dibuat oleh garis normal dan sinar pantul.

Karena garis normal ialah garis yang tegak lurus dengan bidang pantul, maka besar sudut yang dibuat oleh garis normal dengan bidang pantul ialah 90o. Dan lantaran sudut yang dibuat oleh sinar tiba terhadap bidang pantul ialah 60o, maka besar sudut datangnya ialah :
⇒ i = 90o - sudut antara sinar tiba dan bidang pantul
⇒ i = 90o - 60o
⇒ i = 30o

Karena sudut tiba sudah diketahui, maka besar sudut pantul juga sanggup ditentukan. Sesuai dengan aturan pemantulan cahaya, besar sudut pantul sama dengan besar sudut datang, maka:
⇒ r = i = 30o
Jawaban : C

Contoh 4 : Jenis-jenis Pemantulan
Jika berkas sinar sejajar yang mengenai suatu permukaan atau bidang dipantulkan sebagai sinar yang menyebar ke segala arah, maka pemantulan tersebut disebut .....
A. Pemantulan teratur
B. Pemantulan difus
C. Pemantulan tidak teratur
D. Pemantulan divergen
E. Pemantulan konvergen

Pembahasan :
Berkas cahaya akan mengalami pemantulan dikala mengenai suatu bidang atau permukaan pantul. Berdasarkan abjad bidang pantulnya, pemantulan secara umum dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur (pemantulan difus).

Pemantulan teratur terjadi dikala berkas cahaya sejajar mengenai bidang atau permukaan yang halus dan rata contohnya cermin datar, permukaan alumunium, dan sebagainya. Pada pemantulan teratur, berkas cahaya akan dipantulkan sebagai berkas yang sejajar pula.

Pemantulan baur atau pemantulan difus ialah pemantulan yang terjadi dikala berkas cahaya sejajar mengenai bidang atau permukaan yang agresif atau tidak rata contohnya kertas putih, partikel debu, dan sebagainya. Pada pemantulan baur, berkas cahaya dipantulkan sehinggga menyebar ke segala arah.
Jawaban : B

Contoh 5 : Besar Sudut Datang
Perhatikan gambar di bawah ini!

soal-dan-pembahasan-hukum-snellius-tentang-pemantulan-cahaya-image.jpg"> Contoh <a href=soal dan pembahasan wacana aturan pemantulan cahaya CONTOH SOAL HUKUM SNELLIUS TENTANG PEMANTULAN CAHAYA" border="0" data-original-height="208" data-original-width="400" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrgHYTdqWygekTUFcZ9SrgGf_s4OBBzkuQQms1QxIu6iI0tAGK0ipKfr8zMp5B70E8vZCnJDld8IyDpmd6F80SVfliyjG6rEVBCLFyVANck-ARrEZvq-cCOPXtyyyLaYKB0FjD6gZbL9DP/s1600/contoh-soal-dan-pembahasan-hukum-snellius-tentang-pemantulan-cahaya-image.jpg" title="CONTOH SOAL HUKUM SNELLIUS TENTANG PEMANTULAN CAHAYA" />

Gambar tersebut menunjukkan suatu sinar yang dipantulkan oleh sebuah bidang pantul berbentuk datar. Jika sudut antara sinar tiba dan sinar pantul ialah 70o, maka besar sudut datangnya ialah ....
A. 70o
B. 60o
C. 40o
D. 35o
E. 30o

Pembahasan :
Sama menyerupai soal nomor 3, untuk mengerjakan soal ini murid harus memahami pengertian dari sudut tiba dan sudut pantul. Sudut tiba ialah sudut yang dibuat oleh sinar tiba dengan garis normal. Garis normal ialah garis tegak lurus bidang pantul. Pada aturan pemantulan cahaya disebutkan bahwa sudut tiba sama dengan sudut pantul (i = r).

Karena besar sudut tiba sama dengan besar sudut pantul, maka jumlah sudut tiba dan sudut pantul akan sama dengan besar sudut yang dibuat oleh sinar tiba dan sinar pantul. Dengan demikian berlaku relasi berkikut:
⇒ 70o = i + r

Karena i = r, maka persamaannya sanggup disederhanakan menjadi :
⇒ 70o = i + i
⇒ 70o = 2i
⇒ i = 70o/2
⇒ i = 35o.
Jawaban : D

Contoh 6 : Pemantulan pada Cermin Datar
Salah satu benda yang sanggup memantulan cahaya secara teratur ialah cermin datar. Jika sebuah benda diletakkan di depan sebuah cermin datar pada jarak s, maka sinar yang jatuh dengan sudut tiba θ akan dipantulkan dengan sudut ....
A. r = 2θ
B. r = θ
C. r = ½θ
D. r = ¼θ
E. r = θ/s

Pembahasan :
Karena merupakan permukaan yang halus dan datar, maka pemantulan cahaya pada cermin datar merupakan pemantulan teratur dan memenuhi aturan Snellius untuk pemantulan. Sinar yang jatuh tegak lurus cermin dipantulkan dalam arah yang berlawanan, sedangkan sinar yang tiba dengan sudut θ akan dipantulkan dengan sudut pantul sebesar θ alasannya ialah sudut pantul sama dengan sudut tiba (r = i = θ).
Jawaban : B

Contoh 7 : Sifat Bayangan pada Cermin Datar
Jika sebuah benda yang tingginya 20 cm diletakkan di depan sebuah cermin datar pada jarak 10 cm, maka bayangan benda akan terbentuk di belakang cermin pada jarak ....
A. 20 cm
B. 15 cm
C. 10 cm
D. 8 cm
E. 5 cm

Pembahasan :
Cermin datar menghasilkan sifat bayangan yang sama untuk sebarang posisi benda. Berikut sifat bayangan yang dibuat oleh cermin datar:
1). Orientasi bayangan : tegak menyerupai benda
2). Ukuran bayangan : sama menyerupai benda
3). Jenis bayangan : bayangan maya
4). Bayangan menghadap berlawanan arah dengan benda
5). Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.

Sesuai dengan poin kelima di atas, jikalau benda diletakkan di depan sebuah cermin datar pada jarak 10 cm, maka bayangannya akan terbentuk pada jarak 10 c lantaran jarak bayangan sama dengan jarak benda.
Jawaban : C

Contoh 8 : Jarak Benda dan Bayangan
Sebuah benda diletakkan di depan cermin datar pada jarak 2 meter. Jika benda tersebut kemudian dipindahkan mendekati cermin sejauh 0,5 meter, maka jarak antara benda dan bayangan kini ialah ....
A. 3 meter
B. 2 meter
C  1,5 meter
D. 1 meter
E. 0,5 meter

Pembahasan :
Jarak mula-mula ialah 2 meter, lantaran benda dipindahkan mendekati cermin sejuah 0,5 meter, maka jarak benda ke cermin kini menjadi:
⇒ s = 2 - 0,5 = 1,5 m

Jika jarak antara benda dan bayangan kita misalkan x, maka jarak antara benda dan bayangan kini adalah:
⇒ x = s + s'
⇒ x = s + s
⇒ x = 2 x 1,5
⇒ x = 3 m
Jawaban : A

Demikianlah pembahasan pola soal wacana aturan pemantulan cahaya atau aturan Snellius untuk pemantulan. Semoga bermanfaat membantu murid dalam memahami konsep pemantulan cahaya. Jika pembahasan soal ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!