Home » , » Pembahasan Un Bahasa Indonesia Perihal Kalimat Tanya

LIRIK LAGU : Pembahasan Un Bahasa Indonesia Perihal Kalimat Tanya

- Kalimat Tanya. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia ihwal kalimat tanya untuk tingkat menengah atas. Selain menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas dari suatu paragraf, salah satu model soal yang juga cukup sering keluar dalam ujian nasional ialah menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf. Pada model soal ini, murid diminta menyusun kalimat tanya yang jawabannya ada pada teks soal. Berikut edutafsi bagikan pembahasan beberapa soal ihwal kalimat tanya yang pernah keluar dalam ujian nasional sebagai citra bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Pertanyaan yang Sesuai Isi Teks

Bacalah kutipan teks berikut dengan seksama!
Sekitar 300 dari 400-an kios dan jongko (los) di pasar inpres Sayati, kota Bandung Sabtu (26/8) dini hari musnah terbakar. Dalam insiden itu seorang wanita pedagang ayam potong, Fatimah bin Yusuf (50-an) tewas terbakar alasannya ialah terkurung api di dalam kiosnya.

Keterangan yang dihimpun Sabtu siang menyebutkan api mulai berkobar sekitar pukul 02.30 dikala para pedagang masih tertidur lelap. Karena kencangnya tiupan angin kemarau dan terbakaranya tenda-tenda plastik, api dengan cepat menjalar ke hampir semua bab pasar yang terletak di jalan Kopo itu.

Api gres sanggup diatasi sekitar pukul 07.30, sehabis sekitar sepuluh kendaraan beroda empat pemadam kebakaran dari kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun, tanggapan luapan masa, jalan Poros Kopo Soreang sempat macet total selama beberapa jam.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks isu di atas ialah ....
A. Berapa rupiah kerugian atas kebakaran pasar Inpres Sayati?
B. Di manakah Fatimah, korban kebakaran tersebut dimakamkan?
C. Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?
D. Dari mana datangnya tiupan topan ke lokasi kebakaran?
E. Mengapa para pedagang terlelap tidur dikala terjadi kebakaran?

Pembahasan :
Kalimat tanya ialah kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau informasi yang membutuhkan jawaban. Kalimat tanya dicirikan dengan penggunaan tanda tanya (?) pada simpulan kalimat dan penggunaan beberapa kata tanya contohnya apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Kalimat tanya umunya dipakai untuk menyatakan pertanyaan atas suatu informasi. Pertanyaan yang sesuai dengan isi suatu teks ialah pertanyaan yang jawabannya sanggup ditemukan dalam teks tersebut. Dengan kata lain, pertanyaan tersebut sanggup dijawab dengan membaca teks tersebut secara seksama.

Teks di atas merupakan teks isu yang memberikan informasi mengenai kebakaran di pasar Inpres Sayati. Nah, menurut informasi dan data yang ada dalam teks isu tersebut, mari kita tinjau satu persatu pertanyaan pada opsi jawaban untuk melihat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.

Perhatikan ulasan berikut ini!
Pertanyaan : Berapa rupiah kerugian atas kebakaran pasar Inpres Sayati?
Jawaban : tidak ditemukan jawaban dalam teks. Tidak ada kalimat dalam teks isu tersebut yang membahas mengenai kerugian tanggapan kebakaran.

Pertanyaan : Di manakah Fatimah, korban kebakaran tersebut dimakamkan?Jawaban : pada teks hanya disebutkan lokasi korban terbakar, yaitu di dalam kiosnya namun tidak dijelaskan dimana korban dimakamkan.

Pertanyaan : Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?
Jawaban : yang menjadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati ialah seorang wanita pedagang ayam potong berjulukan Fatimah bin Yusuf (disebutkan pada paragraf pertama). 

Karena pertanyaan pada opsi C ada jawabannya pada teks, maka pertanyan D dan E tidak perlu lagi diperiksa alasannya ialah niscaya jawabannya ialah pertanyaan C. Jadi, pertanyaan yang sesuai dengan isi teks isu tersebut ialah Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?.
Jawaban : C

Soal 2 : Menentukan Jawaban Berdasarkan Isi Teks

Berdasarkan kutipan teks isu pada soal nomor 1, jawaban yang sempurna atas pertanyaan "Bagaimana cara mengatasi kobaran api dalam insiden pasar Inpres Sayati tersebut?" ialah ....
A. Mengoperasikan kendaraan beroda empat pemadam kebakaran ke lokasi kejadian
B. Mengerahkan para penduduk di sekitar lokasi kebakaran
C. Membangunkan para pedagang yang masih terlelap
D. Mengerahkan abdnegara keamanan kota dan Kabupaten Bandung
E. Membangunkan masyarakat yang sedang tertidur lelap.

Pembahasan :
Jawaban untuk pertanyaan di atas sanggup ditemukan pada paragraf ketiga. Pada paragraf ketiga disebutkan bahwa api gres sanggup diatasi sekitar pukul 07.30, sehabis sekitar sepuluh kendaraan beroda empat pemadam kebakaran dari kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan ke lokasi kejadian. Jadi, menurut teks tersebut, cara mengatasi kobaran api dalam insiden kebakaran itu ialah dengan cara mengerahkan kendaraan beroda empat pemadam kebakaran ke lokasi insiden untuk memadamkan api.
Jawaban : A

Soal 3 : Menentukan Kalimat Pertanyaan yang Sesuai

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini alasannya ialah komponen tersebut ternyata sangat besar lengan berkuasa pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan sikap sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu dengan sikap sehat, seseorang akan memanfaatkan akomodasi pelayanan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Kalimat pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf di atas ialah ....
A. Mengapa sikap sehat merupakan pilar paling utama?
B. Bagaimana cara menjaga semoga lingkungan tetap sehat?
C. Apakah fungsi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat?
D. Mengapa masyarakat harus memelihara kesehatan lingkungan?
E. Kapan pemerintah harus menunjukkan pelayanan kesehatan?

Pembahasan :
Paragraf di atas membahas ihwal sikap sehat sebagai pilar yang paling utama. Kalimat penjelas menjelaskan alasan mengapa sikap sehat menjadi pilar yang paling utama. Sehingga pertanyaan yang paling sempurna untuk paragraf tersebut ialah "Mengapa sikap sehat merupakan pilar paling utama?".
Jawaban : A

Soal 4 : Menentukan Kalimat Tanya Sesuai Artikel

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Merujuk pada beberapa studi perekonomian, Mardjijono memberikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional sanggup menyerap tenaga kerja lebih kurang 40.000 orang. (2) Jateng menyumbang sekitar 10% kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan sanggup menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) "Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41%, maka sanggup terserap tenaga kerja 176.400 orang", sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia sanggup terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, sanggup meningkatkan absorpsi tenaga kerja.

Kalimat tanya yang sesuai dengan artikel di atas ialah ....
A. Apakah lapangan kerja sanggup tercukupi melalui pertumbuhan ekonomi nasional?
B. Bagaimana kekerabatan antara pertumbuhan ekonomi nasional terhadap lapangan kerja?
C. Bagaimana bila terjadi penambahan pengangguran setiap tahunnya?
D. Siapakah yang bertanggungjawab terhadap pertumbuhan ekonomi nasional?
E. Kapan Jawa Tengah sanggup menunjukkan lapangan kerja terhadap pengangguran?

Pembahasan :
Sebenarnya, alasannya ialah kalimat tanyanya sudah disediakan dalam opsi jawaban, maka murid hanya tinggal menentukan saja kalimat tanya mana yang sempurna untuk teks soal. Ada dua cara yang umum dipakai untuk menentukan kalimat tanya yang relevan dengan isi teks, yang pertama dengan membaca teks terlebih dahulu untuk mengetahui isinya dan yang kedua dengan eksklusif melihat opsi jawaban untuk menemukan jawaban pada teks soal.

Dengan cara pertama, kita sanggup membaca teks soal dengan seksama semoga mengetahui isi teks tersebut. Dalam hal ini diharapkan keahlian membaca cepat dan menyerap informasi dari teks yang dibaca. Setelah mengetahui isinya, maka dengan gampang sanggup ditentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi teks (yaitu, kalimat tanya yang jawabannya ada dalam teks).

Dengan cara kedua, kita sanggup eksklusif mengusut satu-persatu kalimat tanya yang disediakan dalam opsi jawaban untuk kemudian diperiksa jawabannya pada teks soal. Dala hal ini, juga diharapkan kecermatan dalam menangkap informasi dengan teknik mmebaca cepat.

Pada pembahasan ini, edutafsi memakai cara pertama, yaitu membaca teks terlebih dahulu dengan cepat untuk mengetahui isinya. (Terkadang, isi teks sudah tercermin dari kalimat utama atau pandangan gres pokoknya). Pada teks di atas, secara keseluruhan, teks itu membahas mengenai imbas tingkat pertumbuhan ekonomi nasional dengan absorpsi tenaga kerja.

Berdasarkan topik tersebut, maka kalimat tanya yang sesuai untuk teks di atas ialah "Bagaimana kekerabatan antara pertumbuhan ekonomi nasional terhadap lapangan kerja?". Pertanyaan tersebut sudah terjawab melalui kalimat utama paragraf didukung kalimat penjelas.
Jawaban : B

Soal 5 : Mengidentifikasi Pertanyaan yang Sesuai

Bacalah kutipan berikut ini dengan cermat!
Konflik agraria yang berkelanjutan serta tidak terselesaikannya problem hingga akar persoalannya sangat linear hubungannya dengan semakin maraknya perlawanan yang dilakukan oleh kaum tani. Hal ini terlihat dengan agresi 500-an petani dari Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Dengan didampingi oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mereka melaksanakan agresi demonstrasi selama seminggu di beberapa instansi ibarat di Mabes Polri, BPN, Kementrian Keuangan, Kemnetrian BUMN, istana, KPK, dan DPR. Sengketa lahan masyarakat Ogan Ilir (20 desa, 6 kecamatan) dengan PTPN VII Unit Usaha Cinta Manis ini telah berlangsung selama 30 tahun, semenjak tahun 1985. Sengketa ini terkait perampasan tanah seluas 3.000 ha.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf di atas ialah ....
A. Konflik apa yang sangat dekat hubungannya dengan perlawanan petani Ogan Ilir?
B. Siapakah yang mendampingi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia berdemonstrasi?
C. Mengapa konflik antara petani Ogan Ilir dengan WALHI tidak kunjung selesai?
D. Bagaimanakah cara petani Ogan Ilir berdemonstrasi selama seminggu?
E. Berapa usang demonstrasi itu berlangsung di depan gedung dewan perwakilan rakyat dan istana?

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas mengenai konflik agraria yang sangat linear hubungannya dengan perlawanan kaum tani di Ogan Ilir mengenai sengketa lahan masyarakat. Pertanyaan yang sesuai (ada jawabannya di dalam teks) ialah "Konflik apa yang sangat dekat hubungannya dengan perlawanan petani Ogan Ilir?". Jawaban untuk pertanyaan itu ada di kalimat pertama, yaitu konflik agraria. Penggunaan kata-kata "Sangat linear hubungannya" serupa dengan kata "erat kaitannya".
Jawaban : A

Demikianlah pembahasan beberapa soal ihwal kalimat tanya yang pernah keluar dalam ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia, semoga bermanfaat. Jika pembahasan soal ihwal kalimat tanya ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!