Home » » Satuan Volume Beserta Pola Soalnya (Cara Mudah)

LIRIK LAGU : Satuan Volume Beserta Pola Soalnya (Cara Mudah)

Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah) - Dalam kehidupan sehari hari, kita selalu berafiliasi dengan hal hal yang berkaitan dengan hitungan Matematika, ibarat volume. Contohnya sebuah kolam mandi harus diisi penuh dengan air, maka untuk mengukur banyaknya air memakai satuan volume ibarat meter kubik ataupun liter. Adapula teladan lainnya yaitu dikala membeli minyak goreng kemasan. Banyaknya minyak tersebut dinyatakan dalam satuan liter. Ketika dibangku sekolah kita juga diajarkan mengenai cara gampang mengerjakan satuan volume dan teladan soal satuan volumenya. Penentuan satuan tersebut hampir sama dengan penentuan besaran panjang.
 kita selalu berafiliasi dengan hal hal yang berkaitan dengan hitungan Matematika Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)
Cara menghitung dan rumus satuan volume
Untuk menuntaskan soal soal satuan dalam volume biasanya memakai tangga konversi ibarat dalam satuan panjang. Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan cara gampang mengerjakan satuan volume beserta teladan soal satuan volume. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.

soalnya" target="_blank">Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)

Besaran volume dalam ilmu Matematika termasuk kedalam turunan besaran panjang. Satuan volume tersebut dinyatakan dalam bentuk meter kubik (m³) atau liter. Eksponen pangkat tiga yang berada dibelakang satuan biasanya membuktikan bahwa termasuk besaran volume. Cara gampang mengerjakan satuan volume dalam teladan soal satuan volume sanggup memakai tangga konversi.
Baca juga : soalnya" target="_blank">Cara Praktis Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Tangga Konversi Satuan Volume

Seperti yang kita ketahui bahwa cara gampang mengerjakan satuan volume adalah memakai tangga konversi. Namun tangga konversi ini mempunyai beberapa ketentuan kalau turun tangga atau naik tangga. Untuk tangga konversi memakai satuan meter kubik (m³) mempunyai ketentuan yang berbeda dengan satuan liter. Cara mengerjakannyapun berbeda meskipun sama sama termasuk dalam satuan volume. Berikut klarifikasi beserta teladan soal satuan volumenya:

Satuan Meter Kubik (m³)
 kita selalu berafiliasi dengan hal hal yang berkaitan dengan hitungan Matematika Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)
Tangga Konversi Satuan Meter Kubik
Gambar diatas merupakan tangga konversi untuk satuan meter kubik. Selain itu tangga diatas sanggup dipakai sebagai cara gampang mengerjakan satuan volume. Adapun beberapa ketentuan dalam mengkonversi satuan tersebut yaitu:
  • Apabila angkanya turun satu tangga maka akan dikalikan dengan 1000.
  • Apabila angkanya naik satu tangga maka akan dibagi dengan 1000.
Contoh soal satuan volumenya:
  • 3 hm³ = . . .m³
Jawab.
3 hm³ = 3 x 1.000.000 m³ = 3.000.000 m³.

  • 4 m³ = . . .dm³
Jawab.
4 m³ = 4 x 1.000 dm³ = 4.000 dm³
Baca juga : soalnya" target="_blank">Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus
  • 5.000 dam³ = . . . hm³
Jawab.
5.000 dam³ = 5.000 : 1.000 hm³ = 5 hm³

  • 7.000 mm³ = . . .dm³
Jawab.
7.000 mm³ = 7.000 : 1.000.000 dm³ = 0,007 dm³

Satuan Liter
Selain satuan meter kubik, adapula satuan liter yang juga dipakai dalam menyatakan satuan volume. Cara gampang mengerjakan satuan volume ini hampir sama dengan satuan meter kubik. Namun yang membedakannya terletak pada ketentuan yang terkait didalamnya. Satuan liter mempunyai kegunaan untuk menyatakan volume benda dalam sebuah ruangan tertentu. Perhatikan tangga konversi satuan liter dibawah ini!
 kita selalu berafiliasi dengan hal hal yang berkaitan dengan hitungan Matematika Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)
Tangga Konversi Satuan Liter
Gambar diatas merupakan tangga konversi untuk satuan liter. Selain itu tangga diatas sanggup dipakai sebagai cara gampang mengerjakan satuan volume. Adapun beberapa ketentuan dalam mengkonversi satuan tersebut yaitu:
  • Apabila angkanya turun satu tangga maka akan dikalikan dengan 10.
  • Apabila angkanya naik satu tangga maka akan dibagi dengan 10.
Contoh soal satuan volumenya:
  • 3 hl = . . .l
Jawab.
3 hl = 3 x 100 l = 300 l

  • 4 l = . . .dl
Jawab.
4 l = 4 x 10 dl = 40 dl
Baca juga : soalnya" target="_blank">Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal
  • 5.000 dal = . . . hl
Jawab.
5.000 dal = 5.000 : 10 hl = 500 hl

  • 7.000 ml = . . .dl
Jawab.
7.000 ml = 7.000 : 100 dl = 70 dl

Kedua satuan volume (meter kubik dan liter) sanggup dikonversikan satu sama lain. Maka dari itu ada beberapa ketentuan dalam hubungan konversi kedua satuan tersebut.

1 cc = 1 cm³
1 l = 1 dm³
1 ml = 1 cm³

Contoh Soal Satuan Volumenya:
7 m³ = . . . cl

Jawab.
Ubah satuan m³ menjadi dm³ terlebih dahulu, alasannya dm³ sebanding dengan liter.
7 m³ = 7 x 1.000 dm³ = 7.000 dm³
7.000 dm³ = 7.000 liter (1 dm³ = 1 liter)

Kemudian ubah satuan liter menjadi centiliter (cl):
7.000 liter = 7.000 x 100 cl = 700.000 cl (karena turun 2 tangga maka dikali 100)
Kaprikornus 7 m³ = 700.000 cl

Sekian klarifikasi mengenai cara gampang mengerjakan satuan volume dan teladan soal satuan volume. Cara mengerjakan satuan tersebut sanggup memakai tangga konversi. Semoga artikel sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!