Home » » Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya

LIRIK LAGU : Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya

Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya - Setiap rakyat disebuah negara pastinya mempunyai identitas negaranya masing masing. Hal hal yang bekerjasama dengan kehidupan bernegara dan berbangsa niscaya mempunyai ikatan yang bersahabat sampai membentuk satu kesatuan. Seperti halnya dinegara Indonesia. Setiap warga negara Indonesia mempunyai identitas nasionalnya masing asing. Hal tersebut dikarenakan wilayah Indonesia terbagi menjadi beberapa agama, suku, bahasa, dan sebagainya. Ciri khas inilah yang menjadi identitas masing masing bagi setiap warga negara Indonesia. Namun sesungguhnya apa pengertian identitas nasional itu? Apa saja unsur unsur identitas Nasional?
Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya
Bangsa Indonesia populer dengan ciri khasnya sendiri, mulai dari letak geografisnya, lagu kebangsaan, pulau pulaunya, benderanya dan masih banyak lagi. Semua itu merupakan wujud dari identitas nasional yang dimiliki oleh negara Indonesia. Menurut hakikatnya, identitas nasional merupakan perwujudan dari nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun semua itu tidak terlepas dari ciri khasnya masing masing. Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan ihwal pengertian identitas nasional lengkap dengan unsur identitas nasional. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya

Untuk pembahasan kali ini akan aku bagi menjadi dua sub sajian yaitu pengertian identitas nasional dan unsur unsur identitas nasional. Identitas nasional dipakai sebagai parameter dalam mengambarkan ciri khas sebuah bangsa. Hal tersebut bekerjasama dengan teknologi, bahasa, norma, budbahasa istiadat dan sebagainya.
Baca juga : Penyebab Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia Beserta Penjelasan Lengkap

Pengertian Identitas Nasional

Berdasarkan bahasa Yunani, kata Identitas berarti "Identitu" yang artinya jati diri, ciri, dan tanda yang dimiliki oleh sesuatu atau seseorang sehingga menjadi pembeda dengan yang lainnya. Sedangkan nasional mempunyai makna yaitu identitas pada kelompok besar yang menurut pada persamaan fisik (bahasa, budaya dan agama) dan non fisiknya (tujuan, cita cita dan keinginan). Makara pengertian identitas nasional ialah sekelompok nilai budaya yang tumbuh, tercipta dan berkembang diberbagai aspek kehidupan. Identitas inilah yang akan membentuk satu kesatuan Indonesia dari aneka macam suku didalamnya. Negara indonesia merupakan negara Demokrasi yang berpedoman pada Pancasila dan mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Berdasarkan pengertian identitas Nasional di atas, sanggup kita peroleh kesimpulan bahwa identitas tersebut sanggup diperoleh dengan berpedoman pada Pancasila. Identitas nasional tersebut sanggup dipakai sebagai citra penataan kehidupan. Penataan kehidupan yang dimaksud ialah mengelola tingkat pergaulan dengan berpedoman pada Undang Undang, baik dalam tingkat Nasional maupun Internasional. Maka dari itu identitas nasional sanggup menjadi patokan dalam sebuah bangsa dan negara. Identitas Nasional akan terus berkembang dikalangan masyarakat dan tidak sanggup dilepaskan. Meski begitu identitas nasional tetap sanggup dinilai oleh banyak orang.

Unsur Identitas Nasional

Didalam Identitas Nasional terdapat beberapa unsur yang perlu anda ketahui. Adapun beberapa unsur identitas nasional beserta penjelasannya yaitu:
Baca juga : Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya
Suku Bangsa
Unsur identitas nasional yang pertama ialah suku bangsa. Suku bangsa ialah salah satu unsur yang berkaitan dalam pembentukan identitas nasional. Unsur ini lebih mengarah pada golongan sosial sebab intinya negara Indonesia terbentuk dari bermacam-macam suku yang tersebar diberbagai daerah. Maka dari itu dibutuhkan unsur suku bangsa dalam identitas nasional semoga sanggup dijadikan pembeda dengan suku suku lain di Indonesia.

Agama
Unsur identitas nasional selanjutnya ialah agama. Agama ialah unsur yang bekerjasama dengan nilai nilai agama dalam pembentukan identitas nasional. Hal ini dikarenakan identitas nasional terbentuk dari aneka macam agama yang ada dan berkembang di Nusantara. Adapun jenis jenis agama yang terdapat di Indonesia yaitu agama Islam, kong hu cu, katolik, budha, hindu, dan kristen.

Kebudayaan
Unsur identitas nasional selanjutnya ialah kebudayaan. Kebudayaan yaitu unsur pembentuk identitas Nasional dalam lingkungan berbangsa dan bernegara. Unsur ini cukup mencolok sebab keunikan dan keberagamannya.

Bahasa
Unsur identitas nasional selanjutnya ialah bahasa. Bahasa merupakan unsur pembentuk Identitas Nasional yang mempunyai ciri, cara pengucapan dan lain lain dalam berbangsa dan bernegara.

Demikianlah klarifikasi ihwal pengertian identitas nasional dan unsur identitas nasional. Identitas nasional dipakai sebagai parameter dalam mengambarkan ciri khas sebuah bangsa. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!