Home » » Rumus Dan Rujukan Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan

LIRIK LAGU : Rumus Dan Rujukan Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan

Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan - Dalam ilmu Fisika terdapat materi pembelajaran mengenai gaya Coulomb. Materi ini meliputi rumus gaya coulomb untuk menuntaskan pola contoh soal gaya coulomb tersebut. Pada tahun 1785, Charles Augustin de Coulomb yaitu warga negara Perancis yang menggagas adanya aturan Coulomb. Beliau melaksanakan penelitian wacana gaya listrik yang berafiliasi dengan dua muatan beserta jarak keduanya memakai alat yang berjulukan neraca puntir. Penelitian inilah yang menjadi awal terbentuknya aturan coulomb atau lebih dikenal gaya coulomb.
Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan
Gambar Neraca Puntir
Gambar diatas merupakan gambar neraca puntir yang dipakai Charles untuk melaksanakan penelitian terhadap aturan coulomb. Hukum coulomb menyatakan kekerabatan antara gaya yang terdapat pada dua titik muatan dengan jarak yang memisahkan dua titik tersebut. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan wacana rumus gaya coulomb dan pola soal gaya coulomb. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan

Sebelum membahas wacana rumus gaya coulomb dan pola soal gaya coulomb. Saya akan memperlihatkan klarifikasi singkat mengenai aturan ini. Gaya coulomb atau lebih dikenal dengan muatan listrik mempunyai satuan Internasional yaitu Coulomb (C). Hukum coulomb mempunyai persamaan dengan aturan newton dan gravitasi yaitu berbanding terbalik dengan perbandingan kuadrat pada aturan newton. Gaya coulomb ini sanggup saling tolak menolak ataupun tarik menarik.
Baca juga : Rumus Momentum Sudut, Linier, Gaya dan Dimensi
Pada dasarnya aturan coulomb mempunyai muatan listrik yang akan saling tarik menarik jikalau muatannya berbeda jenis dan akan tolak menolak jikalau muatannya sejenis. Gaya coulomb tersebut mempunyai besar yang bergantung pada kuadrat jarak kedua muatan (r²) dan besar muatannya masing masing (Q1 dan Q2). Biasanya pola soal gaya coulomb ini sanggup diselesaikan dengan memakai rumus gaya coulombnya. 
Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan
Ilustrasi Hukum Coulomb
Berdasarkan pendapat Charles Augustin de Coulomb menyatakan bahwa suara aturan coulumb yaitu :

"Besar kedua benda yang bermuatan listrik baik tolak menolak ataupun tarik menarik berbanding lurus dengan masing masing muatan bendanya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut."

Berdasarkan suara aturan coulomb diatas, sanggup disimpulkan bahwa apabila dua benda yang bermuatan sejenis didekatkan maka akan menjadikan gaya sehingga sanggup saling tolak menolak. Maka dari itu kedua benda yang bermuatan listrik sejenis ini tidak sanggup saling bersatu. Berbeda lagi jikalau kedua benda mempunyai muatan yang berbeda jenis, apabila didekatkan akan saling tarik menarik dan saling bersatu. Gaya tolak menolak dan gaya tarik menarik tersebut dinamakan dengan gaya elektrostatis. Dibawah ini terdapat klarifikasi mengenai rumus gaya coulomb dan pola soal gaya coulomb.

Rumus Gaya Coulomb

Gaya Coulomb mempunyai rumusnya sendiri. Berikut rumus gaya coulombnya yaitu :
Rumus Gaya Coulomb
Keterangan :
Fc = Gaya tolak menolak atau gaya tarik menarik (Newton)
k = Konstanta pembanding bernilai 9 x 10⁹ Nm²/C²
Q1 = Besar muatan listrik pertama (Coulomb)
Q2 = Besar muatan listrik kedua (Coulomb)
r = Jarak antara dua benda yang bermuatan (meter)

Agar anda lebih memahami mengenai rumus gaya coulomb di atas, maka saya akan memperlihatkan beberapa pola soal terkait rumus tersebut. Berikut beberapa pola soal gaya coulombnya:

1. Dua benda mempunyai muatan Q1 dan Q2 dengan jarak r. Berapakah besar gaya coulombnya apabila muatan pertama diperbesar 5x?
Baca juga : Pengertian dan Ciri Zat Padat, Cair dan Gas Beserta Perubahan Wujudnya
Pembahasan.
Diketahui : Q1 = 5Q1, r, dan Q2
Ditanyakan : Fc = ?
Jawab.
soal%2Bcoulomb%2B1.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasansoal%2Bcoulomb%2B1.JPG" title="Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan" />
Jawaban Contoh Soal Gaya Coulomb No. 1

2. Dua benda mempunyai muatan listrik yang besarnya 4 x 10⁻⁶ dan 8 x 10⁻⁴. Jarak kedua benda bermuatan tersebut yaitu 8 cm. Berapakan besar gaya coulombnya?

Pembahasan.
Diketahui : Q1 =  4 x 10⁻⁶; Q2 = 8 x 10⁻⁴; r = 8 cm = 8 x 10⁻² m
Ditanyakan : Fc = ?
Jawab.
soal%2Bcoulomb%2B2.JPG" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">soal%2Bcoulomb%2B2.JPG" />
Jawaban Contoh Soal Gaya Coulomb No. 2

Sekian klarifikasi mengenai rumus gaya coulomb dan pola soal gaya coulomb. Gaya coulomb yaitu kekerabatan antara gaya yang terdapat pada dua titik muatan dengan jarak yang memisahkan dua titik tersebut. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!