Home » » Pengertian Perubahan Sosial, Ciri Dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)

LIRIK LAGU : Pengertian Perubahan Sosial, Ciri Dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)

Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)Kehidupan masyarakat dibelahan dunia akan selalu mengalami adanya perubahan. Perubahan tersebut sanggup terletak pada kehidupan sosial, sikap, rujukan pikir yang inovatif dan sebagainya sehingga sanggup memperoleh kehidupan yang lebih bermartabat. Perbandingan dalam perubahan masyarakat akan sanggup diketahui jikalau adanya penelusuran lebih lanjut mengenai keadaan masyarakat dimasa lampau dengan masa lainnya. Perubahan ini dinamakan dengan perubahan sosial. Didalamnya terdapat beberapa klarifikasi terkait pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial, dan faktor penyebab perubahan sosial.
Kehidupan masyarakat dibelahan dunia akan selalu mengalami adanya perubahan Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)
Faktor Penyebab perubahan sosial beserta ciri ciri dan pengertianya
Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat akan melalui proses yang terus menurus namun setiap orang mempunyai jenis perubahan yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan adanya masyarakat yang mengalami perubahan dalam kurun waktu lebih cepat daripada masyarakat lainnya. Meski begitu letak perubahan yang terjadi biasanya tidak terlalu terlihat atau tidak begitu menonjol. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perihal pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial dan faktor penyebab perubahan sosial terlengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)

Peristiwa perubahan sosial antar masyarakat intinya memang berbeda beda, ada yang berlangsung dengan cepat, lambat, mempunyai efek yang terbatas ataupun mempunyai efek yang luas. Dibawah ini terdapat beberapa klarifikasi mengenai pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial dan faktor penyebab perubahan sosial. Berikut ulasan selengkapnya:
Baca juga : Stratifikasi Sosial (Pengertian, Ciri, Macam, dan Proses Pembentukan)

Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian perubahan sosial ialah banyak sekali perubahan yang sifatnya kompleks dalam lingkup masyarakat. Berdasarkan pendapat Alvin L. Bertrand, perubahan sosial memakai faktor tunggal yang terkandung didalamnya. Namun berdasarkan Robin Williams, perubahan sosial tidak hanya mengandung satu faktor saja lantaran ilmu sosiologi semakin modern dan telah meninggalkan faham determinisme monofaktor sehingga interpretasi sepihak tidak akan digunakan. Makara perubahan sosial dalam masyarakat terjadi lantaran beberapa faktor efek dalam hal yang kompleks. 

Selain pengertian diatas, adapula pengertian perubahan sosial berdasarkan para ahli. Berikut klarifikasi selengkapnya:

William F.Ogburn
Pengertian perubahan sosial berdasarkan William F.Ogburn ialah perubahan yang terjadi dalam ruang lingkup tertentu dan mengandung beberapa unsur kebudayaan, baik material ataupun immaterial.

Kingsley Davis
Pengertian perubahan sosial berdasarkan Kingsley Davis ialah perubahan yang kejadiannya terdapat dalam fungsi dan struktur pada masyarakat.

MacIver
Pengertian perubahan sosial berdasarkan MacIver ialah perubahan yang menyangkut keseimbangan hubungan sosial atau social relationships.

JP.Gillin
Pengertian perubahan sosial berdasarkan JP.Gillin ialah cara dan variasi dalam hidup yang sudah diterima, inovasi atau difusi gres dalam masyarakat, kebudayaan material, ideologi, perubahan kondisi geografis ataupun komposisi penduduk dalam masyarakat.

Samuel Koenig
Pengertian perubahan sosial berdasarkan Samuel Koenig ialah perubahan yang berkembang dalam rujukan kehidupan manusia.
Baca juga : Pengertian, Faktor dan Bentuk Mobilitas Sosial
Selo Soemardjan
Pengertian perubahan sosial berdasarkan Selo Soemardjan ialah seluruh perubahan dalam forum kemasyarakatan yang kuat terhadap sikap, sistem sosial, rujukan sikap dan nilai nilai dalam kelompok masyarakat.

Ciri Ciri Perubahan Sosial

Perubahan sosial tidak semuanya disebabkan oleh tanda-tanda gejala sosial yang terjadi. Tetapi tanda-tanda gejala sosial sanggup terjadi lantaran dipengaruhi oleh beberapa ciri khusus. Adapun ciri ciri perubahan sosial yaitu meliputi:
  • Selalu mengalami perubahan cepat atau lambat lantaran perkembangan pada setiap masyarakat tidak akan pernah berhenti.
  • Perubahan dalam forum kemasyarakatan akan terjadi terus menerus disertai dengan perubahan forum sosial lainnya.
  • Perubahan sosial dalam proses adaptasi diri akan menimbulkan disorganisasi yang bersifat sementara.
  • Perubahan sosial tidak dibatasi oleh bidang spiritual maupun bidang kebendaan. Hal ini disebabkan oleh adanya interaksi yang cukup kuat.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Perubahan sosial dipengaruhi oleh dua faktor secara umum yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut klarifikasi mengenai masing masing faktor penyebab perubahan sosial:

Faktor Internal
Faktor penyebab perubahan sosial yang pertama ialah faktor internal. Faktor internal ialah faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat pecahan dalam. Faktor internal perubahan sosial tersebut meliputi:
  • Penemuan baru.
  • Sistem ideologi.
  • Pertumbuhan penduduk.
  • Invensi.
Faktor Eksternal
Faktor penyebab perubahan sosial selanjutnya ialah faktor eksternal. Faktor eksternal ialah faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat pecahan luar. Faktor eksternal perubahan sosial tersebut meliputi:
  • Peperangan.
  • Lingkungan fisik ibarat tragedi alam.
  • Pengaruh dari budaya lain.
Selain pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial dan faktor penyebab perubahan sosial diatas. Adapula beberapa dampak perubahan sosial, baik dampat kasatmata maupun dampak negatif.
Baca juga : Faktor Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional
Dampak Positif Perubahan Sosial
Perubahan sosial menimbulkan beberapa dampak kasatmata seperti:
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Menciptakan tenaga kerja yang profesional.
  • Membentuk norma dan nilai yang baru.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.
Dampak Negatif Perubahan Sosial
Selain dampak positif, perubahan sosial juga menimbulkan beberapa dampak negatif seperti:
  • Menimbulkan disintegrasi sosial.
  • Menimbulkan pergolakan daerah.
  • Menimbulkan kenakalan remaja.
  • Merusak lingkungan.
  • Berkurangnya eksistensi watak istiadat.
  • Tidak berfungsinya forum sosial secara optimal.
  • Menciptakan paham duniawi.
Sekian klarifikasi mengenai pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial, dan faktor penyebab perubahan sosial terlengkap. Perubahan sosial ialah perubahan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat secara kompleks lantaran dipengaruhi oleh keadaan geografis, struktur masyarakat, faktor lingkungan, perubahan hubungan sosial, perubahan forum kemasyarakatan, ataupun perubahan komposisi penduduk masyarakat. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!