Home » » Kelompok Sosial (Pengertian, Ciri, Fungsi Dan Macamnya)

LIRIK LAGU : Kelompok Sosial (Pengertian, Ciri, Fungsi Dan Macamnya)

Kelompok Sosial (Pengertian, Ciri, Fungsi dan Macamnya) - Kelompok insan berkaitan dengan kodrat insan sebagai makhluk sosial. Manusia memang selalu melaksanakan interaksi dengan insan lainnya. Selain itu demi memenuhi kepentingannya, insan juga membentuk sebuah kelompok sosial. Apa itu kelompok sosial? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas wacana pengertian kelompok sosial, ciri ciri kelompok sosial, fungsi kelompok sosial dan macam macam kelompok sosial lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.
Kelompok insan berkaitan dengan kodrat insan sebagai makhluk sosial Kelompok Sosial (Pengertian, Ciri, Fungsi dan Macamnya)

Kelompok Sosial (Pengertian, Ciri, Fungsi dan Macamnya)

Manusia merupakan makhluk sosial yang mempunyai tujuannya masing masing. Untuk mencapai tujuan tersebut dibentuklah sebuah kelompok sosial yang terdiri dari beberapa orang. Dibawah ini terdapat klarifikasi mengenai pengertian kelompok sosial, ciri ciri kelompok sosial, fungsi kelompok sosial dan macam macam kelompok sosial.
Baca juga : Stratifikasi Sosial (Pengertian, Ciri, Macam, dan Proses Pembentukan)

Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok ialah sekumpulan individu yang saling berinteraksi satu sama lain dengan pekerjaan yang sama. Manusia memang ditakdirkan sebagai makhluk sosial selalu melaksanakan interaksi dengan insan lainnya. Interaksi yang dilakukan antar individu tadi akan membentuk sebuah kekerabatan kelompok sosial yang berdasar pada kepentingan bersama. Pengertian kelompok sosial ialah sekumpulan individu yang saling berinteraksi satu sama lain dengan contoh sikap tertentu sehingga menjadikan kekerabatan dan perasaan bersama yang cukup erat. Sekumpulan individu tersebut akan melaksanakan interaksi timbal balik dan mempunyai kesadaran mengenai anggota dalam kebersamaannya. 

Kelompok sosial tersebut mempunyai individu yang saling berinteraksi, mempunyai perasaan dan kegiatan umum yang sama secara menyeluruh dan terorganisir. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa pengertian kelompok sosial ialah sekumpulan individu yang mempunyai kekerabatan timbal balik yang erat, saling tolong menolong, saling beraktivitas bersama, melaksanakan interaksi satu sama lain dan memiiki kesadaran akan anggota bersama.

Ciri Ciri Kelompok Sosial

Selanjutnya saya akan membahas mengenai ciri ciri kelompok sosial. Kelompok sosial memang mempunyai ciri ciri tertentu yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:
  • Dalam kelompok sosial terdapat kekerabatan timbal balik antar anggota didalamnya.
  • Setiap individu mempunyai kesaaran bahwa dirinya merupakan bab dari kelompok sosial tersebut.
  • Setiap individu kelompok sosial mempunyai suatu faktor yang mengikat mereka semoga menjadi lebih erat yaitu faktor persamaan ideologi politik, persamaan nasib, persamaan tujuan, persamaan kepentingan dan lain sebagainya.
  • Setiap anggota kelompok sosial mempunyai kedudukan, fungsi dan peranan hirarkis yang terang alasannya yaitu mempunyai ikatan yang terstruktur.
  • Mempunyai kaidah tertentu yang berafiliasi dengan kegiatan kelompok yang bersangkutan.
  • Memiliki interaksi dan contoh sikap yang aktif.
  • Tidak mempunyai batas waktu berinteraksi.
  • Perilaku individu lainnya akan dipengaruhi oleh tragedi yang menimpa salah satu individunya.
  • Terdapat dinamika dan pergerakan dalam kelompok sosial.
  • Kegiatan dan interaksi dalam kelompok sosial berpedoman pada norma norma yang berlaku sehingga tujuan kelompoknya sanggup terealisasikan.
Baca juga : Pengertian, Faktor dan Bentuk Mobilitas Sosial

Fungsi Kelompok Sosial

Fungsi kelompok sosial sanggup dibagi menjadi dua berdasarkan dampaknya yakni:

Fungsi Kelompok Formal
Fungsi kelompok sosial yang pertama ialah fungsi kelompok formal. Kelompok sosial dijadikan sebagai sarana pengerjaan kiprah yang berafiliasi dan sulit dikerjakan. Selain itu berfungsi sebagai kawasan pelaksanaan sosialisasi dalam memilih keputusan yang sulit dan kawasan membuat pemecahan duduk kasus serta pikiran gres yang membutuhkan kreativitas tertentu.

Fungsi Kelompok Individual
Fungsi kelompok sosial selanjutnya ialah fungsi kelompok individual. Fungsi ini menjadikan kelompok sosial sebagai sekumpulan individu yang mempunyai banyak sekali kebutuhan dan pemenuhannya ibarat kasih sayang, persahabatan dan dukungan. Selain itu kelompok sosial dijadikan sebagai sarana diskusi untuk menguji kenyataan sosial, sarana pengembangan, sarana pengurangan konsensus keraguan dalam lingkup sosial, pengembangan segi perspektif dan penegasan serta peningkatan pemeliharaan harga diri dan rasa identitas.

Selain fungsi fungsi diatas, adapula fungsi kelompok sosial lainnya. Berikut beberapa fungsi lain kelompok sosial secara garis besar yaitu:
  • Sara peningkatan rasa percaya diri dikala mempunyai kawasan tinggal.
  • Sarana peningkatan produktivitas dan semangat berkelompok.
  • Sarana pembentuk kerjasama untuk mencapai tujuan yang baik.
  • Sebagai kawasan pencurahan perasaan, bercerita dan berkeluh kesah.
  • Tempat berdiskusi dan bertukar pikiran wacana topik pembicaraan secara bersama sama.
  • Tempat untuk bersatu walaupun latar belakangnya berbeda.
  • Sarana peningkatan skill interpersonal dalam mengambil tindakan dan interaksi.

Macam Macam Kelompok Sosial

Macam macam kelompok sosial sanggup dibagi berdasarkan beberapa kategori ibarat berdasarkan ada tidaknya organisasi kekerabatan sosial, berdasarkan interaksi sosial dan sebagainya. Berikut klarifikasi selengkapnya.

Berdasarkan Ada Tidaknya Organisasi Hubungan Sosial
Berdasarkan ada tidaknya organisasi kekerabatan sosial, kelompok sosial sanggup dibagi menjadi beberapa macam. Berikut macam macam kelompok sosial yaitu:

Kelompok Statis
Macam kelompok sosial yang pertama ialah kelompok statis. Kelompok statis ialah kelompok yang tidak mempunyai kesadaran jenis dan kekerabatan sosial antar kelompok individu serta bukan merupakan organisasi. Misalnya kelompok penduduk remaja dan cukup umur yang usianya 18-40 tahun di desa Mangun Sari.

Kelompok Kemasyarakatan
Macam kelompok sosial selanjutnya ialah kelompok kemasyarakatan. Kelompok kemasyarakatan ialah kelompok yang mempunyai persamaan namun tidak mempunyai kekerabatan sosial dan organisasi antar anggota didalamnya.

Kelompok Sosial
Macam kelompok sosial selanjutnya ialah kelompok sosial. Kelompok sosial ialah kelompok yang mempunyai kekerabatan dan kesadaran jenis antar anggotanya, namun tidak mempunyai ikatan dalam organisasi. Misalnya organisasi mahasiswa, kelompok pertemuan dan ikatan alumni.

Kelompok Asosiasi
Macam kelompok sosial selanjutnya ialah kelompok asosiasi. Kelompok asosiasi ialah kelompok yang mempunyai kepentingan pribadi yang sama dan kesadaran jenis antar anggotanya demi mencapai kepentingan bersama. Misalnya universitas, perusahaan tertentu, dan negara.

Berdasarkan Interaksi Sosial
Berdasarkan interaksi sosial, kelompok sosial sanggup dibagi menjadi beberapa macam. Berikut macam macam kelompok sosial yaitu:
Baca juga : Faktor Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional
Kelompok Primer
Macam kelompok sosial yang pertama ialah kelompok primer. Kelompok primer ialah kelompok yang terjadi interaksi sosial didalamnya sehingga antar anggota sanggup hidup bersama sama dan saling mengenal secara erat dan dekat. Pengertian kelompok primer berdasarkan George Homa ialah sekelompok orang yang sanggup berkomunikasi eksklusif tanpa melalui perantara. Misalnya kelompok agama, keluarga, teman sepermainan, dan sebagainya.

Kelompok Sekunder
Macam kelompok sosial selanjutnya ialah kelompok sekunder. Kelompok sekunder ialah kelompok yang didalamnya terdapat interaksi antar individu secara tidak langsung, kurangnya ikatan yang erat dan berjauhan. Maka dari itu kekerabatan yang terjadi bersifat objektif. Misalnya himpunan serikat kerja, partai politik dan lain lain.

Kelompok Formal
Macam kelompok sosial selanjutnya ialah kelompok formal. Kelompok formal ialah kelompok yang mempunyai peraturan didalamnya ibarat AD/ART atau Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Jenis kelompok tersebut mempunyai peranan, terstruktur, dan terang pembagian kerjanya. Misalnya OSIS, organisasi kepemerintahan, perusahaan yang mempunyai AD/ART, organisasi mahasiswa, dan sebagainya.

Kelompok Informal
Macam kelompok sosial yang terakhir ialah kelompok informal. Kelompok informal ialah kelompok yang dibuat berdasarkan kebutuhan individu, interaksi terus menerus dan ikatan daya tarik. Jenis kelompok ini anggotanya tidak mempunyai peranan srukturisasi anggota yang baik. Setiap individu tersebut diberikan kiprah berdasarkan perasaan simpati dan sikap kekeluargaan saja. Misalnya persatuan ibu rumah tangga, kelompok arisan dan sebagainya.

Berdasarkan Solidaritas Antar Anggota
Berdasarkan solidaritas antar anggotanya, kelompok sosial sanggup dibagi menjadi beberapa macam. Berikut macam macam kelompok sosial yaitu:

Solidaritas Organik
Macam kelompok sosial yang pertama ialah solidaritas organik. Solidaritas organik ialah solidaritas yang mempunyai pembagian kerja yang teratur dan bersifat mengikat kompleks masyarakat sehingga anggotanya disatukan oleh rasa ketergantungan satu sama lain. Selain itu dalam kelompok tersebut terdapat struktur dan peranan yang jelas.

Solidaritas Mekanik
Macam kelompok sosial selanjutnya ialah solidaritas mekanik. Solidaritas mekanik ialah solidaritas yang terbentuk dari sekelompok individu yang diikat oleh kesadaran dan sifat sederhana yang belum mengenal pembagian kerja serta belum menyeluruh. Selain itu, solidaritas mekanik juga belum mempunyai kiprah dan struktur yang jelas.

Sekian klarifikasi mengenai pengertian kelompok sosial, ciri ciri kelompok sosial, fungsi kelompok sosial dan macam macam kelompok sosial. Kelompok sosial ialah sekumpulan individu yang saling berinteraksi satu sama lain dengan contoh sikap tertentu sehingga menjadikan kekerabatan dan perasaan bersama yang cukup erat. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!