Home » » Manfaat Iktikad Kepada Hari Final (Kiamat) Terlengkap

LIRIK LAGU : Manfaat Iktikad Kepada Hari Final (Kiamat) Terlengkap

Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Terlengkap - Rukun Iman yang ke 5 pada agama Islam ialah Iman kepada Hari Akhir (Kiamat). Lalu apa saja manfaat Iman kepada hari simpulan (kiamat)? Ilmu yang mempelajari perihal hari simpulan ini hanya diketahui oleh Allah SWT saja. Bahkan kita (manusia) tidak sanggup mengetahui kapan alam semesta ini akan hancur dan berakhir. Namun ibarat yang kita ketahui bahwa dalam Al Qur'an terdapat klarifikasi bahwa simpulan zaman sendiri sanggup dibagi menjadi dua kategori yaitu Kiamat Sugra (kecil) dan Kiamat Kubra (besar).
 Lalu apa saja manfaat Iman kepada hari simpulan  Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Terlengkap
Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)
Kiamat sugra yaitu simpulan zaman kecil yang berupa rusaknya sebagian lingkungan dan makhluk hidup. Misalnya gunung meletus, gempa, dan lain lain. Sedangkan simpulan zaman kubra yaitu simpulan zaman besar yang berupa hancurnya alam semesta ini beserta isinya. Jenis simpulan zaman tersebut merupakan tanda berakhirnya makhluk hidup didunia dan insan akan berlanjut di kehidupan akhirat. Nah pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan perihal manfaat iktikad kepada hari simpulan (kiamat) terlengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Terlengkap

Sebelum membahas perihal manfaat iktikad kepada hari simpulan atau kiamat, aku akan menjelaskan perihal pengertian iktikad kepada hari simpulan terlebih dahulu. Iman kepada hari simpulan yaitu keyakinan dan kepercayaan seseorang bahwa alam semesta beserta isinya suatu hari nanti akan hancur dan berlanjut ke kehidupan alam abadi (kekal). Adapula pengertian iktikad kepada hari simpulan menurut etimologi (bahasa) yaitu percaya terhadap datanganya hari kiamat. Hari simpulan (hari kiamat) ini mempunyai dalil naqli dalam Surah An Naml ayat 87 yaitu:
Baca juga : Nama Nama Malaikat dan Tugas Malaikat Allah Beserta Dalilnya
An Naml ayat 87
Artinya:
"Dan (ingatlah) hari (ketika) di tiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang ada di bumi, di langit dan segala yang ada di bumi, kecuali siapa yang di kehendaki Allah SWT. Dan semua akan tiba menghadap-Nya dengan merendahkan diri."

Datangnya hari simpulan (kiamat) tersebut ditandai dengan adanya bunyi tiupan terompet sangkakala oleh Malaikat Israfil. Setelah Sangkakala dibunyikan maka bumi akan bergoyang dan segala isinya akan keluar. Kemudian alam semesta ini akan lenyap dan berganti menjadi alam lain yang awet (akhirat). Ketika hari simpulan tiba maka gunung akan pecah dan beterbangan sampai menjadi pasir. Bahkan langitpun akan terbelah dan hancur selayaknya minyak. Bintang bintang akan berjatuhan dan matahari akan tergulung. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat Iman kepada hari simpulan (kiamat) yaitu:
  • Membuat insan sadar bahwa insan nantinya akan mempunyai kehidupan yang awet (di Akhirat).
  • Membuat insan sadar bahwa tujuan mereka hidup didunia yaitu hari simpulan ini.
Baca juga : Pengertian Takabur, Ciri Ciri orang takabur dan Bahaya Takabur
  • Membuat insan biar lebih hati hati dalam menjalankan kehidupannya di dunia ini. Kehidupan tersebut harus diisi dengan ketaatan akan perintah agama dan menghindari kesenangan duniawi.
  • Membuat insan biar selalu berbuat baik dan menjauhi hal hal yang dihentikan oleh agama sebab dihari simpulan nanti segala perbuatan akan dibalas sesuai perbuatan mereka dikala masih hidup.
Sekian beberapa manfaat iktikad kepada hari simpulan (kiamat) yang sanggup aku bagikan. Kita sebagai umat agama Islam hendaknya percaya dan yakin serta beriman kepada hari simpulan (kiamat) dengan cara mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!