Home » » Cara Mengubah Pecahan, Desimal Dan Persen Lengkap

LIRIK LAGU : Cara Mengubah Pecahan, Desimal Dan Persen Lengkap

Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap - Dalam pelajaran Matematika, kita sering mendengar mengenai istilah pecahan, desimal, dan persen. Ketiga hal ini sering kali dianggap para siswa sebagai hal yang rumit dan memusingkan. Terlebih lagi bila harus mengubah pecahan menjadi desimal, pecahan menjadi persen ataupun sebaliknya. Cara mengubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen sebetulnya cukup mudah. Namun para siswa sudah terbayangkan bahwa cara mengubahnya cukup sulit dan menciptakan kepala pusing.
 kita sering mendengar mengenai istilah pecahan Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap
Dalam sebuah bilangan Matematika sanggup dinyatakan dalam bentuk pecahan, desimal maupun persen. Bentuk bilangan tersebut sanggup diubah menjadi bentuk yang berbeda dengan cara cara tertentu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana cara mengubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.

Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap

Untuk pembahasan kali ini, saya akan membagi menjadi 3 sub hidangan yaitu cara mengubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen. Masing masing hidangan mempunyai cara cara yang berbeda. Berikut ulasan selengkapnya:

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan ialah angka/ nilai yang berisi perbandingan dengan bentuk a/b, dimana a yaitu pembilang dan b yaitu penyebut/pembagi. Misalnya 1/4 (pembilangnya yaitu angka 1 dan penyebutnya yaitu angka 4). Bentuk bilangan pecahan sanggup diubah menjadi betuk desimal maupun bentuk persen. Berikut beberapa cara mengubah pecahannya:
Baca juga : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan
Cara Mengubah Pecahan Menjadi Desimal
Hal pertama yang akan saya bahas ialah cara mengubah pecahan menjadi desimal. Bentuk bilangan desimal identik dengan tanda koma diantara angkanya. Maka dari itu untuk memperoleh bentuk desimal maka kita sanggup memakai pembagian antara pembilang dengan penyebutnya. Contohnya
  • 4/5 = 4 : 5 = 0,8
  • 7/9 = 7 : 9 = 0,78
Cara Mengubah Pecahan Menjadi Persen
Selanjutnya adapula cara mengubah pecahan menjadi persen. Mengubah pecahan menjadi bentuk persen cukup gampang dilakukan. Caranya yaitu mengalikan penyebut pecahan dengan 100. Untuk lebih jelasnya sanggup anda perhatikan pola dibawah ini:
  • 3/10 = 3/10 x 100 = 30%
  • 2/5 = 2/5 x 100 = 40%

Bilangan Desimal

Bilangan desimal ialah bilangan yang memakai 10 jenis angka, mulai dari angka 0 hingga 9. Penulisan bilangan desimal memakai tanda koma diantara angka angkanya. Misalnya : 0,9. Bilangan ini sanggup diubah menjadi bentuk pecahan memakai cara tertentu. Berikut cara mengubah desimalnya:

Cara Mengubah Desimal Menjadi Pecahan
Cara mengubah desimal menjadi pecahan berkebalikan dengan cara mengubah pecahan diatas. Dalam mengubah bentuk desimal menjadi pecahan perlu kita perhatikan beberapa angka sehabis tanda koma. Apabila sehabis tanda koma terdapat 1 angka maka bilangannya persepuluh (dibagi 10). Apabila sehabis tanda koma terdapat 2 angka maka bilangannya perseratus (dibagi 100) dan seterusnya. Contohnya:
  • 0,8 = 8/10 = 4/5
  • 0,25 = 25/100  = 1/4
  • 0,125 = 125/1000 = 1/8
Baca juga : Cara Praktis Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Bilangan Persen

Bilangan persen ialah bilangan yang berbentuk per seratus. Persen tersebut disimbolkan dengan tanda "%". Misalnya 10%, 20%, dan sebagainya. Bilangan persen sanggup diubah menjadi pecahan memakai cara tertentu. Berikut cara mengubah persennya:

Cara Mengubah Persen Menjadi Pecahan
Cara mengubah persen menjadi pecahan berkebalikan dengan cara mengubah pecahan diatas. Angka yang dikalikan dengan persen mempunyai nilai per seratus (/100). Maka dari itu kita sanggup mengubah persen menjadi pecahan dengan cara membaginya dengan angka 100. Contohnya:
  • 25% = 25/100 = 1/4
  • 50% = 50/100 = 1/2
Demikianlah pembahasan mengenai cara mengubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen lengkap. Dalam sebuah bilangan Matematika sanggup dinyatakan dalam bentuk pecahan, desimal maupun persen. Ketiga bentuk bilangan tersebut sanggup diubah menjadi bentuk lainnya dengan cara yang sesuai. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!