Home » » Pengertian Dan Rumus Perpindahan Beserta Referensi Soal

LIRIK LAGU : Pengertian Dan Rumus Perpindahan Beserta Referensi Soal

Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal - Setiap orang sering kali menyamakan antara jarak dan juga perpindahan. Meskipun bergotong-royong pengertian perpindahan dan jarak berbeda. Bahkan rumus perpindahan dan jarak serta referensi soal perpindahan dan jarak sangatlah berbeda. Jarak merupakan panjang lintasan pada pergerakan benda yang sanggup ditempuh dalam waktu tertentu. Sedangkan perpindahan merupakan perubahan posisi atau kedudukan sebuah benda dalam waktu tertentu. Singkatnya jarak termasuk panjang lintasan sedangkan perpindahan termasuk perubahan posisi.
Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal
Ilustrasi Perpindahan
Jarak dan perpindahan intinya memang berbeda kalau dilihat dari segi pengertian maupun rumusnya. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengertian perpindahan, rumus perpindahan dan referensi soal perpindahan. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal

Pengertian perpindahan yakni perubahan kedudukan sebuah benda kalau diukur dari titik awal hingga titik simpulan sesuai dengan arahnya. Perpindahan mempunyai arah dan nilai sehingga termasuk dalam besaran vektor. Untuk menghitung perpindahan sebuah benda biasaya memakai satuan pengukuran menyerupai halnya yang terdapat dalam jarak. Adapun rumus perpindahannya yaitu:
Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal
Rumus Perpindahan
Keterangan :
S = Perpindahan
x = Arah gerak benda yang pertama
y = Arah gerak benda yang kedua
Nilai y = 0, kalau pergerakan benda hanya searah

Sebuah benda mempunyai gerak netral sebab hanya sanggup melaksanakan gerakan maksimal dua arah saja yaitu sepanjang sumbu barat/timur ataupun selatan/utara. Selain rumus perpindahan di atas, adapula rumus lain yang menyatakan adanya perpindahan. Berikut rumusnya:
Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal
Rumus Perpindahan
Keterangan :
S = Perpindahan
u = Kecepatan benda awal ketika bergerak menuju arah tertentu
v = Kecepatan benda ketika bergerak ke lokasi terakhir
t = Waktu yang diperlukan
Baca juga : Rumus Momentum Sudut, Linier, Gaya dan Dimensi
Contoh Soal Perpindahan
1. Sebuah motor bergerak secara lurus sejauh 200 meter menuju arah utara. Setelah itu kendaraan beroda empat bergerak lagi ke arah selatan sejauh 100 meter. Hitunglah perpindahan yang dilakukan oleh motor tersebut?

Jawab.
Besar Perpindahan = 200 m (utara) - 100 m (selatan) = 100 m menuju arah selatan.

2.  Lina ingin bepergian dari rumah memakai mobil. Jika spedometer awal kendaraan beroda empat lina ketika berangkat yakni 20.000 km. Kemudian spedometernya mengatakan angka 20.500 km sehabis kembali. Berapakan perpindahan dan jarak Lina tersebut?

Jawab.
Selisih angka spedometer kendaraan beroda empat = 20.500 km - 20.000 km = 500 km
Jarak = 500 km.
Besar perpindahan 0 km sebab Lina bepergian dan kembali lagi ke posisi awal (rumahnya).

3. Seekor kucing bergerak sejauh 5 m menuju arah utara dan bergerak lagi ke arah barat 3 m. Berapakah jarak dan perpindahan kucing tersebut?

Jawab.
Jarak yang ditempuh kucing yakni S = 5 + 3 = 8 m.
Perpindahan kucing yakni S = √(x²+y²) = √(5²+3²) = 4 m

Sekian klarifikasi mengenai pengertian perpindahan, rumus perpindahan dan referensi soal perpindahan. Perpindahan yakni perubahan kedudukan sebuah benda kalau diukur dari titik awal hingga titik simpulan sesuai dengan arahnya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!