Home » » Cara Menghitung Diagonal Bidang Dan Diagonal Ruang Balok

LIRIK LAGU : Cara Menghitung Diagonal Bidang Dan Diagonal Ruang Balok

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok - Disekeliling kita sering dijumpai beberapa benda yang bentuknya balok, contohnya pembungkus sabun mandi, penghapus dan sebagainya. Balok merupakan bangkit ruang Matematika yang mempunyai diagonal bidang maupun diagonal ruang. Lalu bagaiaman cara menghitung diagonal bidang balok? Bagaimana cara menghitung diagonal ruang balok? Diagonal balok merupakan bidang dalam sebuah balok yang disusun oleh dua diagonal bidang dan dua rusuk pada balok tersebut. Balok mempunyai sisi sisi yang berbentuk persegi panjang dimana mempunyai 6 sisi, 8 titik sudut dan 12 rusuk.
Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Bangun ruang balok banyak dipakai dalam soal soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama ataupun SMA. Terlebih lagi para siswa diharuskan untuk menghitung diagonal bidang, diagonal ruang, volume balok dan sebagainya. Untuk menuntaskan soal soal tersebut, anda harus memakai rumus balok yang sempurna semoga soal soal tersebut sanggup diselesaikan dengan baik dan benar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Cara menghitung diagonal balok sanggup dibagi menjadi dua yaitu cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Dibawah ini terdapat klarifikasi mengenai cara mencari diagonal balok, baik diagonal bidang maupun diagonal ruang.
Baca juga : Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal

Diagonal Bidang Balok

Pengertian diagonal bidang balok adalah garis sisi atau bidang pada sebuah balok yang dibuat oleh dua titik sudut yang saling berhadapan. Diagonal bidang balok sering disebut sebagai diagonal sisi balok. Balok mempunyai 12 diagonal bidang/sisi. Cara menghitung diagonal bidang balok sanggup memakai konsep Teorema Pythagoras. Perhatikan gambar balok di bawah ini!
Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Gambar diatas menunjukkan letak diagonal bidang pada balok. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa jumlah diagonal bidang pada balok adalah 12 buah. Cara menghitung diagonal bidang balok memakai konsep Teorema Pythagoras menyerupai rujukan di bawah ini.
Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Diketahui panjang BF = 8 cm, FE = 15 cm, FG = 6 cm. Hitunglah:
a. Panjang BE
b. Panjang BG
c. Panjang BD

Jawab.
a. Cara menghitung diagonal bidang balok (panjang BE) sanggup dilakukan dengan Teorema Pythagoras. Perhatikan segitiga BFE dengan siku siku di F. Maka
BE² = BF² + FE²
       = 8² + 15²
       = 64 + 225
       = 289
 BE = √289
 BE = 17 cm

b. Perhatikan segitiga BFG dengan siku siku di F. Maka panjang BG yaitu:
BG² = BF² + FG²
       = 8² + 6²
       = 64 + 36
       = 100
 BG = √100
 BG = 10 cm
Baca juga : 54 Gambar Jaring Jaring Balok
c. Perhatikan segitiga BCD dengan siku siku di C. Maka panjang BD yaitu:
BC = FG = 6 cm
CD = FE = 15 cm
BD² = BC² + CD²
       = 6² + 15²
       = 36 + 225
       = 261
 BD = √261
 BD = 3√29 cm

Diagonal Ruang Balok

Pengertian diagonal ruang balok adalah garis pada ruang balok yang disusun oleh dua titik sudut yang berhadapan pada ruang bangkit tersebut. Cara menghitung diagonal ruang balok sama menyerupai menghitung diagonal bidang balok yaitu memakai konsep Teorema Pythagoras. Perhatikan gambar balok di bawah ini!
Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Gambar diatas menunjukkan letak diagonal ruang pada balok. Balok mempunyai 4 buah diagonal ruang. Cara menghitung diagonal ruang balok memakai konsep Teorema Pythagoras menyerupai rujukan di bawah ini.
Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Diketahui panjang BD = 8 cm dan FB 6 cm. Berapakan panjang diagonal ruang FD?

Jawab.
FD² = FB² + BD²
       = 6² + 8²
       = 36 + 64
       = 100
 FD = √100
 FD = 10 cm

Sekian klarifikasi mengenai cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Untuk mencari diagonal balok (diagonal bidang dan ruang) sanggup memakai konsep Teorema Pythagoras. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!