Home » » 8 Pola Epilog Makalah Yang Baik Dan Benar Terlengkap

LIRIK LAGU : 8 Pola Epilog Makalah Yang Baik Dan Benar Terlengkap

8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap - Makalah ialah karya tulis ilmiah berdasarkan hasil analisis lapangan dan analisis teori mengenai pembahasan duduk masalah tertentu. Makalah tersebut tersusun oleh beberapa bab penting. Salah satunya ialah bab penutup. Lalu bagaimana teladan epilog makalah yang baik dan benar? Bagian epilog makalah merupakan bab terakhir dalam laporan sebelum daftar pustaka. Sebagian orang mungkin kebingungan dan sulit menulis bab epilog ini. Hal ini dikarenakan epilog makalah yang baik dan benar harus berisi kesimpulan selesai dalam laporan disertai saran yang terkait.
 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap 8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap
Contoh Penutup Makalah
Dalam membuat makalah yang baik dan benar harus disertai dengan penulisan epilog yang seefektif mungkin dan terperinci serta tidak asal asalan. Bagian epilog makalah ialah bab laporan yang berisi kesimpulan dan saran mengenai isi uraian duduk masalah yang ditulis dengan singkat. Bagian epilog tersebut sering dinamakan dengan Bab Kesimpulan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa teladan epilog makalah yang baik dan benar terlengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap

Sebelum membagikan teladan epilog makalah yang baik dan benar, saya akan menjelaskan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis epilog tersebut. Bagian epilog makalah berisi kesimpulan yang isinya berupa keseluruhan isi pembahasan dalam makalah tersebut. Selanjutnya adapula saran yang terdapat dalam bab penutup. Saran tersebut berupa rekomendasi penulis mengeni persoalan atau tema dalam makalah. Dalam membuat epilog makalah, anda harus memperhatikan beberapa hal penting seperti:
Baca juga : Pengertian Kohesi dan Koherensi Dalam Wacana Beserta Contoh
Kalimatnya Tidak Bertele tele
Contoh epilog makalah yang baik dan benar harus memakai kata kata yang to the point dan tidak bertele tele. Bagian epilog yang baik biasanya hanya terdiri dari satu halaman saja. Jika pembahasan dalam makalah cukup panjang maka bab penutupnya maksimal hanya dua halaman saja dan tidak lebih dari itu. Hal ini dikarenakan bab epilog makalah berisi pembahasan selesai dan kesimpulan dari isi persoalan yang diangkat dalam makalah. Penutup tersebut sekaligus menjadi tanggapan mengenai tujuan pendahuluan yang telah disampaikan sebelumnya. 

Dalam teladan epilog makalah yang baik dan benar memang memakai kalimat yang to the point atau eksklusif pada inti permasalahannya. Kalimat yang ditulis dalam bab epilog harus berupa inti sari penting mengenai keseluruhan isi makalah. Anda tidak perlu memakai kalimat pembagian terstruktur mengenai yang tidak penting atau bertele tele dalam epilog makalah tersebut.

Berupa Inti Rangkuman Isi Makalah
Contoh epilog makalah yang baik dan benar harus berupa inti rangkuman dari isi makalah. Banyak para penulis yang salah membuat epilog makalah alasannya kurang berfokus dalam melaksanakan rangkuman isi pembahasannya. Hal ini sering terjadi alasannya para penulis kurang paham mengenai apa yang akan ia tulis pada bab epilog tersebut. Bagian epilog tersebut sebetulnya berisi poin poin dari tema yang dibahas sebelumnya. Dengan mengetahui poin pembahasannya maka anda akan lebih gampang menulis epilog makalahnya.

Menulis Saran Sesuai Dengan Temanya
Contoh epilog makalah yang baik dan benar harus disertai dengan saran yang sesuai dengan tema persoalannya. Terkadang bab saran epilog tersebut dianggap remeh oleh sebagian penulis. Sampai pada akibatnya saran ditulis dengan panjang lebar dan tidak menjurus pada tema makalah. Padahal sebetulnya penulisan saran yang baik harus tetap berafiliasi dengan tema dan isi makalahnya.
Baca juga : Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Beserta Contoh
Penulisan saran dalam teladan epilog makalah yang baik dan benar harus berafiliasi dengan hasil analisis yang anda temukan sebelumnya. Jika saran berkaitan dengan hasil analisis lapangan maka sanggup ditujukan untuk pelaku lapangan terkait tema makalahnya. Tetapi jikalau saran berkaitan dengan analisis teori atau pustaka dalam buku refereni maka sanggup berupa perihal yang berasal dari beberapa sumber literasinya. Pada pada dasarnya pembuatan saran dalam epilog makalah ialah harus berfokus pada hasil pembahasannya dan tidak menyimpang dari pokok persoalan.

Contoh Penutup Makalah

Setelah membahas mengenai beberapa hal penting dalam membuat epilog makalah diatas, kini datang saatnya untuk saya membagikan beberapa teladan epilog makalah yang baik dan benar. Kita sanggup menganalisa beberapa faktor yang terkandung dalam teladan epilog makalah menyerupai yang saya jelaskan diatas. Berikut beberapa misalnya yaitu:

Contoh Penutup Makalah #1
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Harga materi pangan antar pedagang di Pasar Tradisional Kliwon tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Perbedaan harga yang mencapai 5,5 persen tersebut tidak berdampak pada pola perdagangan yang menjatuhkan pedagang satu dengan yang lainnya. Harga rata rata materi pangan dari 10 pedagangan yang diwawancarai tidaklah jauh berbeda.

Untuk harga cabe rawit perkilogram sekitar Rp 16.000 - Rp 25.000, harga cabe keriting perkilogram sekitar Rp 28.000 - Rp 38.000, harga bawang putih per kilogram sekitar Rp 28.000 - Rp 32.000, dan harga bawang merah perkilogram sekitar Rp 25.000 - Rp 30.000. Berdasarkan data tersebut sanggup kita simpulkan bahwa para pedagang bersaing secara sehat. Dengan demikian, para pedagang Pasar Tradisional Kliwon tidak melaksanakan adanya monopoli antar pedagang lainnya.

2. Saran
Para pedagang di Pasar Tradisional Kliwon sebaiknya tetap menjaga atmosfer acara ekonomi menyerupai kini alasannya pada dasarnya acara ekonominya berjalan dengan sehat. Maka yang perlu dilakukan oleh para pendagang ialah menjaga keseimbangan perdagangan di Pasar Tradisional Kliwon supaya tetap stabil dan tidak rusak.

Jika kita amati, dalam contoh epilog makalah diatas kita sanggup menganalisa bahwa terdapat dua bab utama yakni kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan bab dimana intisari makalah dirangkum dan ditulis sedangkan saran maupun kritik saran ialah bab dimana kita akan menemukan banyak sekali sugesti, saran maupun kritik selama proses pembuatan makalah.

Bahasa yang dipakai dalam teladan epilog makalah diatas juga terlihat lugas dan tidak bertele tele, melainkan eksklusif pada inti pembahasannya. Meskipun demikian pembaca masih sanggup menangkap apa yang ingin disampaikan oleh penulis dalam kesimpulan tersebut alasannya gaya penulisan yang gampang dipahami.

Contoh Penutup Makalah #2
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan klarifikasi data dan isu diatas sanggup disimpulkan bahwa materi pengawet banyak dipakai dalam jajanan anak sekolah. Hal ini tentunya membahayakan kesehatan badan anak, maka dari itu pemerintah dinas kesehatan diperlukan sanggup mencegah dan menindaklanjuti tindakan negatif tersebut. Para siswa dan siswi dilarang untuk jajan sembarangan serta pihak kantin sekolah juga lebih memperhatikan jajanan yang dihidangkannya. Adanya pengawasan dari orang bau tanah dan guru merupakan faktor penting dalam menangani duduk masalah tersebut.
Baca juga : 12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru
2. Saran
Penulis sebetulnya menginginkan penyusunan makalah yang tepat dan rapi. Namun masih banyak kekurangan dalam makalah ini yang perlu diperbaiki oleh penulis. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan penulis. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun penulisan makalah ini sebagai materi penilaian selanjutnya.

Contoh Penutup Makalah #3
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Karir pertama Wiliam Kaye Estes terjadi ketika berada di University of Indianan. Estes melaksanakan beberapa percobaan dan mengungkapkan salah satu percobaan elemen stimulus memakai cara all-or-none. Tetapi alasannya dalam satu percobaan hanya terdapat sedikit sampel maka proses belajarnya hanya berlangsung secara gradual atau inkremental.

Estes mengungkapkan terori Sampling Stimulus (SST) merupakan wujud pengembangan dari teori transfer elemen Thorndike secara matematis. Yaitu teori ekspansi dalam membuat prediksi transfer pembinaan antar situasi secara cepat berdasarkan dua elemen stimulus yang sama. Pembelajaran berdasarkan SST dilakukan dengan cara all-or-none (belajar sekaligus atau tidak sama sekali) dan membutuhkan respons setra kontiguitas tertentu antar stimulus.

Pada dasarnya kita sanggup menemukan banyak sekali teladan epilog makalah pada banyak sekali acuan baik online maupun offline. Terlebih lagi jikalau masih di dingklik sekolah tentunya sudah sangat familiar dengan pembukaan makalah, isi makalah maupun epilog makalah yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Dalam penulisan epilog makalah pun ada hukum tersendiri baik dari segi gaya penulisan maupun isu yang terkandung didalamnya.

Sekian pembahasan mengenai teladan epilog makalah yang baik dan benar terlengkap. Dalam membuat epilog makalah sebaiknya memakai kata kata yang to the point (tidak bertele tele), didalamnya terdapat rangkuman isi makalah, dan berisi saran yang sesuai dengan tema pembahasannya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!