Home » » Pintar Pelajaran Orangutan Mempunyai Keahlian Di Bidang Teknik

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Orangutan Mempunyai Keahlian Di Bidang Teknik

Orangutan Memiliki Keahlian Di Bidang Teknik - Orangutan mungkin lebih akil dari yang diperkirakan sebelumnya bila indikasinya yakni penelitian terbaru mengenai cara canggih mereka untuk membangun sarang. Para ilmuwan dari University of Manchester menghabiskan satu tahun mengamati dan merekam orangutan di sebuah kemudahan penelitian di Indonesia dan menemukan bahwa mereka ternyata mempunyai pengetahuan yang kompleks mengenai desain mekanik dan sifat material.

Kera besar yang hanya hidup secara liar di Sumatera dan Kalimantan yang juga salah satu kerabat terdekat manusia, membangun sarang oval besar di kanopi pohon setiap hari di mana mereka tidur, kemungkinan untuk sumbangan dari predator dan benalu atau untuk kehangatan selama tidur.

Sampai ketika ini, sedikit yang diketahui wacana desain mekanik  dan sifat material dari sarang tersebut, namun para peneliti yang dipimpin oleh Dr Roland Ennos, yang penelitiannya dilakukan oleh mahasiswa PhD Adam van Casteren, melaporkan bahwa orangutan memakai cabang tertentu untuk  bagian yang berbeda dari sarangnya. Mereka juga mematahkan cabang dengan cara yang berbeda tergantung pada bagaimana cabang tersebut akan digunakan.
 Orangutan Memiliki Keahlian Di Bidang Teknik  Pintar Pelajaran Orangutan Memiliki Keahlian Di Bidang Teknik
Orangutan yang sedang menciptakan sarang. (Foto : Tim Laman)
“Kami menemukan bahwa orangutan menentukan  cabang-cabang pohon yang berpengaruh dan kaku untuk bagian-bagian struktural dari sarang yang mendukung berat tubuh mereka dan memakai cabang yang lebih lemah dan fleksibel untuk lapisan sarang itu. Hal tersebut memperlihatkan bahwa pemilihan cabang oleh orang utan untuk bab yang berbeda dari sarangnya ditentukan oleh diameter cabang dan kekakuan, ”kata Dr Ennos dari University of Manchester’s Faculty of Life Sciences.

“Selanjutnya, cabang yang dipilih untuk kerangka struktural sarang dipatahkan secara berbeda dari cabang yang dipilih untuk lapisan, dimana cabang struktural dipatahkan di tengah secara melintang biar sanggup melekat dan cabang yang dipakai untuk lapisan benar-benar patah. Hal tersebut memperlihatkan bahwa orangutan kemungkinan memakai pengetahuan yang berbeda mengenai pematahan cabang untuk membangun sarang yang berpengaruh dan nyaman.”

Para penulis, yang menulis dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences, memperlihatkan bahwa orangutan dan beberapa jenis burung, kemungkinan mempunyai keahlian teknik.

Dr Ennos menambahkan, “Kami menyaksikan orangutan membangun sarang yang kondusif dan nyaman dengan mematahkan cabang yang tebal menjadi dua dan menganyamnya, lalu memutar cabang yang lebih kecil untuk menciptakan semacam kasur. Mereka sepertinya telah berguru mengenai sifat-sifat mekanis dari kayu, dan memakai pengetahuan tersebut dalam cara yang cerdas.

“Penelitian kami mempunyai implikasi bagi evolusi kecerdasan dan kognisi serta evolusi penggunaan alat pada manusia. Hal ini memperlihatkan bukti bahwa pengembangan semua sifat-sifat ini dimulai pada monyet alasannya yakni kebutuhan mereka untuk memahami lingkungan mekanik mereka, bukan hanya lingkungan sosial mereka.”

Referensi Jurnal :

A. van Casteren, W. I. Sellers, S. K. S. Thorpe, S. Coward, R. H. Crompton, J. P. Myatt, A. R. Ennos. Nest-building orangutans demonstrate engineering know-how to produce safe, comfortable beds. Proceedings of the National Academy of Sciences, 2012; DOI: 10.1073/pnas.1200902109

Artikel di atas merupakan terjemahan dari goresan pena ulang  berdasarkan bahan yang disediakan oleh Manchester University, via AlphaGalileo dan Science Daily. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!