Home » » Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)

LIRIK LAGU : Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)

Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci) - Istilah masyarakat mungkin sudah tidak familiar lagi untuk kita. Lalu apa pengertian masyarakat itu? Bagaimana karakteristik masyarakat tersebut? Kata masyarakat secara etimologi dalam bahasa Arab berarti "Musyarak" yang maknanya interaksi atau hubungan. Maka dari itu ada yang mengartikan masyarakat sebagai sekelompok insan yang saling berinteraksi satu sama lain dengan cara teratur dan hidup bersama sama. Masyarakat sendiri dibuat dari penggunaan hasrat, perasaan dan pikiran insan untuk melaksanakan reaksi terhadap lingkungannya. Hal ini mengambarkan bahwa insan ditakdirkan untuk hidup bersama sama dan saling membutuhkan satu sama lain.
Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya  Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)
Pengertian masyarakat dan ciri ciri masyarakat secara terperinci
Arti masyarakat juga sanggup berasal dari Bahasa Inggris yang berarti "Society". Adapula arti masyarakat berdasarkan bahasa Latin yaitu "Societas" maknanya kawan. Masyarakat sering didefinisikan sebagai sekelompok individu yang menjalankan hidupnya secara bersama sama. Didalamnya juga terdapat kolaborasi dalam mencapai kepentingan bersama sesuai dengan susila istiadat, tatanan hidup dan norma yang berlaku dalam lingkungan masyarakat tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ihwal pengertian masyarakat dan karakteristik masyarakat terperinci. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)

Pengertian masyarakat sanggup dibagi menjadi beberapa definisi yaitu pengertian secara luas dan pengertian secara sempit. Namun definisi dari masyarakat tersebut juga dikemukakan oleh beberapa ahli. Selain itu tidak ketinggalan dengan karakteristik masyarakat yang terdapat didalamnya. Berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian Masyarakat

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa definisi masyarakat sanggup dibagi menjadi dua yaitu pengertian secara luas dan pengertian secara sempit. Pengertian masyarakat secara luas ialah relasi bersama dalam kehidupan secara keseluruhan tanpa dibatasi oleh bangsa, lingkungan dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian dalam arti sempit, masyarakat ialah sekumpulan individu yang dibatasi oleh teritorial, golongan, bangsa dan sebagainya. Masyarakat juga sanggup diartikan sebagai sekelompok orang yang mempunyai tujuan yang sama secara terorganisasi.
Baca juga : Kekuatan Politik Militer Era Orde Baru di Indonesia
Makna masyarakat secara sederhana ialah sekelompok insan yang saling bergaul dan berinteraksi demi mencapai kepentingan yang sama. Masyarakat tersebut sanggup terbentuk alasannya ialah adanya keinginan, perasaan dan pikiran sehingga mempunyai reaksi terhadap lingkungannya. Selain pengertian pengertian di atas, adapula pengertian masyarakat berdasarkan para ahli. Berikut pengertian berdasarkan beberapa jago yaitu:

Paul B. Harton
Pengertian masyarakat berdasarkan Paul B. Harton ialah sekelompok insan yang tinggal dalam wilayah tertentu, hidup dengan mandiri, sebagian besar melaksanakan kegiatan dengan kelompok tersebut, sekelompok orang yang hidup bersama sama dalam kurun waktu yang lama, dan mempunyai kesamaan budaya (kebudayaan).

Abdul Syani
Pengertian masyarakat berdasarkan Abdul Syani ialah saling mempengaruhi, bersama, berkumpul, saling bekerjasama dan hidup bersama.

Robert P dan Richard T. Schaefer
Pengertian masyarakat berdasarkan Robert P dan Richard T. Schaefer ialah sekelompok orang yang jumlahnya besar mempunyai wilayah sempurna tinggal yang sama, kebudayaan yang sama dan cukup independen dari orang orang luar.

Soerjono Soekanto
Pengertian masyarakat berdasarkan Soerjono Soekanto ialah proses relasi sosial yang sanggup terjadi melalui dua syarat menyerupai komunikasi dan kontak sosial.

John J. Macionis
Pengertian masyarakat berdasarkan John J. Macionis ialah interaksi yang terjadi diantara sekelompok orang dalam suatu wilayah tertentu dengan persamaan budaya.
Baca juga : Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Gillin
Pengertian masyarakat berdasarkan Gillin ialah sekumpulan insan yang mempunyai persatuan perasaan, perilaku dan tradisi kebiasaan yang terikat secara bersama sama.

Harton Haunt
Pengertian masyarakat berdasarkan Harton Haunt ialah masyarakat yang saling berorganisasi dan bekerjasama satu sama lain.

Selo Sumardjan
Pengertian masyarakat berdasarkan Selo Sumardjan ialah orang orang yang sanggup membuat kebudayaan dan saling hidup bersama.

Karakteristik Masyarakat

Selanjutnya saya akan membahas ihwal karakteristik masyarakat. Karakteristik ini dipakai sebagai ciri khas dalam lingkup pengertian masyarakat yang sebenarnya. Berikut beberapa karakteristik dalam masyarakat yaitu:
  • Mempunyai wilayah tertentu.
  • Dapat menghindari dan menghadapi musuh dengan cara kolektif atau bersama sama.
  • Tercipta adanya diskriminasi yang bukan warga masyarakat dan warga masyarakat.
  • Setiap anggota masyarakat sanggup beraktivitas dan bereproduksi.
Sekian klarifikasi mengenai pengertian masyarakat dan karakteristik masyarakat secara terperinci. Definisi masyarakat sanggup diartikan secara luas, sempit ataupun berdasarkan pendapat beberapa ahli. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!