Home » » Pengertian Kreativitas Dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

LIRIK LAGU : Pengertian Kreativitas Dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni - Seni merupakan kreasi dari insan dalam bentuk sebuah karya yang unik dan bernilai estetik. Meski begitu kita tidak sanggup menyebut semua hal menjadi sebuah seni. Hal ini dikarenakan seni mempunyai ketentuan ketentuannya sendiri. Manusia sanggup mencapai kreativitasnya dengan memakai kemampuan, nafsu, emosi dan nalar yang baik untuk menghasilkan karya seni yang layak. Apa itu kreativitas? Pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal pengertian kreativitas dan ciri ciri hasil kreativitas seni. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.
Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Untuk menjadi langsung yang kreatif, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting yang terdapat didalamnya. Dengan begitu kreativitas dalam diri anda sanggup tercipta dengan sendirinya. Dibawah ini terdapat klarifikasi mengenai pengertian kreativitas dan ciri ciri hasil kreativitas seni.

Pengertian Kreativitas

Tujuan hidup insan sanggup dicapai dengan perjuangan yang keras dalam menghadapi kendala dan rintangan hidup yang menghadang didepan. Hambatan dan rintangan hidup tersebut sanggup dihadapi insan dengan memakai nalar pikiran. Usaha yang berwujud nalar pikiran inilah yang disebut pengertian kreativitas. Kreativitas tersebut akan membuat hal gres biar suasana sebelumnya sanggup diatasi. Hal gres ini sanggup berupa benda abnormal ataupun konret.
Baca juga : Macam Macam Aliran Seni Lukis Lengkap Dengan Ciri Cirinya
Dibawah ini terdapat beberapa pengertian kreativitas berdasarkan para mahir yaitu:

Jelius Chandra
Pengertian kreativitas berdasarkan Jelius Chandra yaitu segala ungkapan kepribadian dan daya kerohanian yang dinyatakan dalam bentuk kehidupan, baik dalam sekelompok orang ataupun seseorang. Beliau beropini bahwa kreativitas tersebut tidak lepas dari produktivitas rohani. Maka dari itu ungkapan diri yang sifatnya unik sanggup dikatakan sebagai hal kreatif.

Conny R. Semiawan
Pengertian kreativitas berdasarkan Conny R. Semiawan yaitu kemampuan dalam membuat gagasan gres dan diterapkan dalam pemecahan masalah. Kreativitas tersebut mempunyai beberapa ciri ciri talenta ibarat flexibility (keluwesan), fluency (kelancaran), dan originality (keaslian) dalam berpikir. Selain itu kreativitas juga membutuhkan beberapa ciri diluar talenta kita ibarat ingin memperoleh pengalaman baru, bahagia bertanya, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Conny R. Semiawan juga menyebutkan bahwa kreativitas merupakan hasil interaksi individu dengan lingkungannya. Dimana ia tinggal akan terpengaruh dan saling mempengaruhi. 

Fidelis E.Waruwu dan Monty P. Satiadarma
Pengertian kreativitas berdasarkan Fidelis E.Waruwu dan Monty P. Satiadarma yaitu seseorang yang mempunyai kemampuan dalam membuat hal hal baru, baik berupa kombinasi yang telah ada ataupun karya baru, karya kasatmata ataupun gagasan, serta mempunyai cara berfikir afektif ataupun kreatif.

Utami Munandar
Pengertian kreativitas berdasarkan Utami Munandar yaitu
  1. Kemampuan dalam membuat kombinasi gres yang sesuai dengan unsur, data dan warta yang telah ada.
  2. Kemampuan yang sesuai dengan warta atau data dalam menemukan balasan dari duduk kasus yang lebih menekankan pada keberagaman jawaban, ketepatgunaan dan kuantitas jawaban.
  3. Kemampuan yang menggambarkan orisinalitas, kelancaran dan keluwesan berpikir serta kemampuan dalam menggabungkan sebuah gagasan.
Berdasarkan pengertian berdasarkan para mahir di atas, sanggup disimpulkan bahwa pengertian kreativitas yaitu kemampuan mental dalam banyak sekali keterampilan insan dalam melahirkan dan membuat hal hal yang sempurna guna, berbeda, efisien, unik, baru, orisinil, indah dan sempurna sasaran.

Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Daya kreasi seseorang sanggup diciptakan dengan kerja seni. Pengertian kerja seni yaitu sebuah pekerjaan yang bekerjasama dengan penciptaan hal hal yang gres dan belum pernah ada. Penciptaan kreativitas tersebut memerlukan tahapan yang panjang serta mempunyai ciri ciri hasil kreativitas seni yang baik. Hasil karya yang kreatif juga membutuhkan pengalaman dan perenungan batin yang dalam.
Baca juga : Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan Terlengkap
Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni
Contoh Hasil Kreativitas Seni
Dibawah ini terdapat beberapa ciri hasil kreativitas seni yang elok yaitu sebagai berikut:

Unik
Ciri hasil kreativitas seni yang pertama yaitu unik. Unik yaitu hal yang masih gres dan lain dibandingkan yang lainnya. Keunikan tersebut diciptakan untuk membuat sesuatu yang belum pernah dibentuk oleh seseorang. Unik ini sanggup berupa ide, teknik yang digunakan, medium dan sebagainya.

Individual
Ciri hasil kreativitas seni selanjutnya ialah  individual. Sebuah karya seni sanggup bersifat individu yang berarti hak milik seorang seniman. Ciri ini tercipta sebab didalamnya terdapat kandungan yang khusus. Masing masing pencipta seni mempunyai ciri khusus yang berbeda beda. Maka dari itulah karya yang dihasilkan bersifat pribadi. Selain itu masing masing seniman juga mempunyai ruh, pandangan, pengalaman dan penghayatan yang berbeda beda terkait seni kreativitas.

Universal
Ciri hasil kreativitas seni selanjutnya yaitu universal. Karya seni tersebut mempunyai sifat yang universal sebab didalamnya terdapat rasa artistik dan estetik banyak orang. Maka dari itu sebuah seni tentunya akan dinikmati oleh banyak orang. Bahkan peminat seni tersebut tidak memandang status sosial, pendidikan, harta, ataupun jabatan.

Ekspresif
Ciri hasil kreativitas seni selanjutnya yaitu ekspresif. Setiap seniman mempunyai perasan ekspresif yang berupa perenungan pengalaman dan pembagian terstruktur mengenai ide. Maka dari itu karya seni yang dihasilkan merupakan bentuk lisan dari seniman itu sendiri. Bahkan sanggup dijadikan misteri untuk orang lain.

Survival
Ciri hasil kreativitas seni yang terakhir yaitu survival. Sebuah karya seni sanggup bernilai abadi yang sifatnya konsisten dan estetik. Bahkan sanggup dibuktikan dengan adanya peninggalan seni pada zaman purba. Meskipun telah ada semenjak jaman dahulu, namun nilai estetikanya tetap sanggup kita nikmati.

Sekian klarifikasi mengenai pengertian kreativitas dan ciri ciri hasil kreativitas seni. Kreativitas yaitu kemampuan mental dalam banyak sekali keterampilan insan dalam melahirkan dan membuat hal hal yang sempurna guna, berbeda, efisien, unik, baru, orisinil, indah dan sempurna sasaran. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!