Home » » Pengertian Sistem Gosip Geografis Beserta Komponennya

LIRIK LAGU : Pengertian Sistem Gosip Geografis Beserta Komponennya

Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya - Kegiatan pengembangan jadwal secara geografis telah didukung oleh alat yang dinamakan dengan SIG atas Sistem Informasi Geografis. Alat tersebut berkhasiat dalam pembuatan keputusan secara ilmiah maupun pelaksanaan perencanaan berbasis komputer. Alat ini juga mempunyai komponen sistem informasi geografis yang cukup penting dalam menunjang sistem kerjanya. Lalu apa pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG) itu? SIG sanggup diartikan sebagai sebuah sistem yang sanggup menampilkan informasi, membangun dan memanipulasi informasi tersebut dalam lingkup geografis.
Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya
Seperti yang kita ketahui bahwa SIG atau Sistem Informasi Geografis dijadikan sebagai alat sumber informasi dengan basis komputer. Alat ini dirancang sedemikian rupa biar sanggup mengambil informasi spasial antar ruang dalam bentuk data. Dengan begitu kondisi bumi sanggup dicek, dianalisa, ditampilkan, dicapture, diintegrasikan, dan dimanipulasi melalui data tadi. Kali ini aku akan menjelaskan ihwal pengertian sistem informasi geografis dan komponen sistem informasi geografis. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Dalam pembahasan kali ini, aku akan membaginya menjadi dua sub hidangan yaitu pengertian sistem informasi geografis dan komponen sistem informasi geografis. SIG tersebut berupa alat yang membantu pekerjaan insan dalam kegiatan pengembangan program. Berikut klarifikasi selengkapnya:

Pengertian Sistem Informasi Geografis

Pengertian sistem informasi geografis (SIG) yaitu sebuah sistem modern yang dirancang memakai komputerisasi sehingga sanggup berfungsi sebagai penganalisa tanda-tanda keruangan. SIG tersebut banyak dipakai dalam setiap instansi pemerintah daerah untuk merencanakan pembangunan didaerah tersebut. 
Baca juga : Pengertian Gempa Tektonik, Vulkanik dan Runtuhan Lengkap
Berdasarkan istilahnya, pengertian Sistem Informasi Geografis sanggup dibagi menjadi dua definisi yaitu:
  • Sistem informasi yaitu kombinasi sistem kerja yang dipakai untuk mendapat informasi dalam mengambil keputusan. Sistem informasi tersebut mempunyai beberapa komponen penting ibarat perangkat lunak, data, analisa data, perangkat keras dan kegiatan pengolahan data.
  • Informasi geografis yaitu sekumpulan data atau fakta yang bekerjasama dengan lokasi wilayah dan ruang permukaan bumi secara langsung. Data tersebut akan disusun hingga menjadi informasi gres yang sifatnya geografis.

Komponen Sistem Informasi Geografis

Berdasarkan pendapat Steve J. Anderson dan John E. Harmon, komponen sistem informasi geografis sanggup dibagi menjadi 6 jenis. Komponen komponen inilah yang akan membantu sistem kerja SIG biar sanggup berfungsi dengan baik.

Manusia
Komponen sistem informasi geografis yang pertama yaitu manusia. Manusia tersebut bertugas untuk menjalankan dan mengoperasikan SIG sesuai dengan sistem kerjanya. Orang yang sanggup mengoperasikan SIG tersebut merupakan salah satu komponen utama dalam menjalankan SIG.

Aplikasi
Komponen sistem informasi geografis selanjutnya yaitu aplikasi. Aplikasi yaitu sistem mekanisme yang berkhasiat sebagai pengolah data menjadi informasi. Contohnya penjumlahan, klasifikasi, tabulasi dan sebagainya.
Baca juga : Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, dan Antroposentris
Data
Komponen sistem informasi geografis selanjutnya yaitu data. Data tersebut sanggup berupa data atribut maupun data grafis atau spasial. Data atribut yaitu sebuah data yang membahas ihwal aspek deskriptif mengenai fenomena yang diteliti. Misalnya data penduduk, data sensus, jumlah pengangguran, data ekonomi, data pertanian dan sebagainya. Sedangkan data spasial yaitu data yang membahas ihwal fenomena permukaan bumi. Data spasial sanggup berupa koordinat, foto permukaan bumi dari udara, gambaran satelit, dan lain lain.

Software
Komponen sistem informasi geografis selanjutnya yaitu software. Software yaitu jadwal aplikasi perangkat lunak SIG yang berkhasiat untuk menganalisa, mengolah, menayangkan, menyimpan, dan memproses data spasial. Misalnya ILWIS, Arc. View, dan Map Inf.

Hardware
Komponen sistem informasi geografis selanjutnya yaitu hardware. Hardware yaitu perangkat keras SIG yang berkhasiat untuk menjalankan komputer. Misalnya plotter, RAM, CPU, harddisk, digitizer, dan lain lain.

Metode
Komponen sistem informasi geografis yang terakhir yaitu metode. Metode yaitu tahapan atau cara dalam mengoperasikan SIG mulai dari awal hingga akhir.

Selain pengertian sistem informasi geografis dan komponen sistem informasi geografis, adapula beberapa manfaat dari SIG. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat sistem informasi geografis (SIG) yaitu:
  • Untuk mengetahui persebaran sumber daya alam. Misalnya emas, watu bara, besi, dan sebagainya.
  • Untuk mengetahui luas persebaran lahan.
  • Untuk mengawasi daerah yang terkena tragedi alam.
  • Untuk mengetahui persebaran dan potensi penduduk.
  • Untuk menyebarkan dan mendata jaringan transportasi.
  • Untuk menyebarkan dan mendata sekolah, pemukiman penduduk, sarana hiburan dan rekreasi, rumah sakit, serta daerah industri.
  • Untuk menyebarkan dan mendata sentra pusat pembangunan dan pertumbuhan.
Sekian klarifikasi mengenai pengertian sistem informasi geografis dan komponen sistem informasi geografis. SIG merupakan alat yang membantu pekerjaan insan dalam kegiatan pengembangan program. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!