Home » » Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dan Jenis Jenis Seni Drama

LIRIK LAGU : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dan Jenis Jenis Seni Drama

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama - Seni yaitu karya insan yang mempunyai unsur unsur keindahan (estetika) didalamnya. Seni tersebut sanggup dibagi menjadi beberapa macam, salah satunya yaitu seni drama. Dalam ilmu seni, drama tersebut sanggup dijabarkan menjadi pengertian seni drama, tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Seni drama identik dengan obrolan yang berlatar tertentu. Bahkan didalamnya terdapat unsur permasalahan atau perselisihan yang dialami oleh tokoh. Selain itu karya seni ini telah menempel dan menyebar luas dikalangan masyarakat. Bahkan adapula seni drama yang mengusung tema budaya dengan ciri khasnya sendiri.
Seni yaitu karya insan yang mempunyai unsur unsur keindahan  Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama
Karya seni drama telah dianggap penting dalam masyarakat alasannya sanggup menjelaskan lebih dalam mengenai kehidupan insan dengan embel-embel unsur unsur positif didalamnya. Unsur utama dalam seni drama yaitu bahasa yang digunakan. Namun semua itu juga disertai dengan unsur pendukung lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana pengertian seni drama, tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama

Sebelumnya saya akan menjelaskan pengertian seni drama terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Berikut ulasan selengkapnya:
Baca juga : Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian Seni Drama

Pengertian seni drama yaitu karya seni yang didalamnya terdapat bab kepingan pementasan. Berdasarkan bahasa Yunani kata drama berarti "Dramoi" yang artinya perbuatan atau aksi. Namun menurut istilah, pengertian drama yaitu peniruan gerak yang memakai unsur unsur nyata. Drama tersebut sanggup diartikan sebagai sandiwara dimana kata "Sandi" artinya diam-diam dan kata "Wara" yang artinya pelajaran. Seni drama ini disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk obrolan dan perbuatan yang didalamnya terdapat unsur emosi dan pertikaian sehari hari.

Berdasarkan pengertian seni drama diatas terdapat unsur emosi dan pertikaian yang diambil dari kisah kisah nyata. Kemudian unsur tersebut ditiru melalui gerak dan obrolan serta disampaikan kepada masyarakat. Unsur utama dalam seni drama yaitu bahasa diserta derma unsur unsur lainnya. Unsur bahasa yang dipakai pun harus optimal dan sebaik mungkin. Bahasa drama tidak hanya berupa kata kata melainkan disertai dengan tempo kalimat, intonasi, volume suara, pelafalan, tekanan dan sebagainya. Dengan begitu bahasa yang disampaikan sanggup lebih sempurna.

Tujuan Seni Drama

Seni drama tersebut dibentuk tidak hanya untuk hiburan semata. Namun terdapat beberapa tujuan seni drama lainnya yang meliputi:
  • Sebagi media aba-aba yang membahagiakan.
  • Untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan kesenangan terkait keindahan seni.
  • Untuk sarana penghibur.
Baca juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater

Manfaat Seni Drama

Selain tujuan, adapula manfaat seni drama. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dalam pembuatan seni drama yaitu:
  • Untuk meningkatkan kerjasama satu sama lain, terutama dalam bidang sosial.
  • Untuk meningkatkan daya kreativitas siswa.
  • Membangkitkan tingkat emosi sehat pada anak.
  • Menghilangkan sifat takut, malu, tegang, gugup dan sebagainya.
  • Meningkatkan perilaku dan apresiasi anak dengan baik.
  • Meningkatkan perilaku menghargai pendapat dan pikiran orang lain.

Jenis Jenis Seni Drama

Seni drama sanggup dibagi menjadi beberapa jenis menurut masanya. Adapun jenis jenis seni drama ditinjau dari masanya yaitu:

Drama Modern (Drama Baru)
Jenis seni drama yang pertama yaitu seni drama modern atau baru. Drama modern yaitu karya seni yang dipakai sebagai media pendidikan dalam masyarakat. Jenis drama ini biasanya disampaikan dengan tema kehidupan sehari hari.

Drama Klasik (Drama Lama)
Jenis seni drama selanjutnya yaitu seni drama klasik atau lama. Drama klasik yaitu jenis drama yang bertemakan khayalan. Jenis drama ini biasanya menceritakan wacana kehidupan dewi dewi, kesaktian, kejadian luar biasa, kehidupan dikerajaan/istana dan sebagainya.

Sekian klarifikasi mengenai pengertian seni drama, tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Seni drama merupakan karya seni peniruan gerak yang diwujudkan dalam bentuk obrolan dan perbuatan sesuai tema dramanya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!