Home » » Pintar Pelajaran Spesies Gres Ular Ditemukan Di Tanzania

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Spesies Gres Ular Ditemukan Di Tanzania

Spesies Baru Ular Ditemukan Di Tanzania - Ular berbisa jenis gres telah ditemukan di kawasan Tanzania selatan. Lokasi ular tersebut masih dirahasiakan untuk melindungi spesies tersebut dari para pemburu dan kolektor illegal. Penelitian mengenai inovasi ini dipublikasikan di Jurnal Zootaxa edisi desember. Spesies ular gres ini dinamakan Matilda’s Horned Viper (Atheris matildae), ular ini mempunyai sisik berbentuk tanduk di atas matanya dengan panjang 60 cm. Peneliti dari Wildlife Conservation Society (WCS) menamakan spesies ular ini dari nama putri Tim Davenport (direktur kegiatan WCS Tanzania).

Ular berwarna cerah ini mempunyai kemiripan dengan Usambara Bush Viper (Atheris cheratopora), perbedaannya ialah pada spesies Matilda’s Horned Viper memiki sisik yang lebih besar.

Habitat ular berbisa ini diperkirakan berada di kawasan hutan terpencil yang terletak di kawasan pegunungan di barat daya Tanzania. Menurut para peneliti, kawasan tersebut sudah rusak parah akhir penebangan dan industri kerikil bara, sehingga menimbulkan penurunan kualitas dari habitat ular ini.
 Spesies Baru Ular Ditemukan Di Tanzania  Pintar Pelajaran Spesies Baru Ular Ditemukan Di Tanzania
Matilda’s Horned Viper, yang namanya diambil dari nama putrid salah seorang peneliti, merupakan spesies ular gres dari kerabat Bush Viper (Foto: WCS)
Para peneliti masih menyembunyikan lokasi tepatnya ular ini ditemukan untuk melindungi dari para pemburu ilegal, sebab Pada dikala ini perdagangan satwa liar merupakan perdangan ilegal terbesar kedua di dunia.

Dikhawatirkan, perburuan illegal di alam liar sanggup memperlihatkan efek yang sangat merugikan bagi populasi ular ini. Menurut WCS, di sebagian besar wilayah Afrika perburuan illegal merupakan bahaya terbesar bagi kelangsungan hidup bagi banyak sekali macam spesies di alam liar.

Perburuan ilegal dikhawatirkan sanggup menjadi bahaya bagi Matilda’s Horned Viper  karena sisiknya yang berwarna warni dan menarik perhatian. Degradasi secara terus menerus dari habitat alami mereka juga menjadi bahaya lain yang serius bagi kelangsungan hidup spesies ini.

Sebagai langkah pencegahan para peneliti telah membentuk cagar alam kecil bagi spesies ular ini dan melalui persetujuan International Union of Conservative Nature  spesies ular ini diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah.

Referensi Jurnal :

Michele Menegon, Tim R.B. Davenport & Kim M. Howell. 2011. Description of a new and critically endangered species of Atheris (Serpentes: Viperidae) from the Southern Highlands of Tanzania, with an overview of the country’s tree viper fauna. Zootaxa 3120: 43–54.

Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh Our Amazing Planet (9 Januari 2010). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!