Home » » Pintar Pelajaran Bagaimana Cara Spons Melihat ?

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Bagaimana Cara Spons Melihat ?

Bagaimana Cara Spons Melihat ? - Para ilmuwan memperlihatkan pandangan sekilas mengenai cara organisme multiselular sederhana untuk mendeteksi cahaya. Beberapa larva spons mencari daerah yang teduh untuk menetap. Tetapi anehnya, mereka tidak mempunyai saraf optik atau gen penting untuk penglihatan menyerupai pada kebanyakan hewan. Namun, dikala ini para jago biologi mempunyai pengetahuan gres mengenai cara yang mungkin dilakukan spons untuk mendeteksi cahaya.

Larva dari spons Amphimedon queenslandica mempunyai mata unik yang terdiri dari sel-sel yang mengandung pigmen (zat kimia yang menyerap panjang gelombang tertentu dari cahaya), dan silia (organ yang terlihat menyerupai rambut-rambut kecil).
 Para ilmuwan memperlihatkan pandangan sekilas mengenai cara organisme multiselular sederhana  Pintar Pelajaran Bagaimana Cara Spons Melihat ?
Di dalam sel-sel mata larva Amphimedon queenslandica, gen yang disebut cry2 diaktifkan. Gen ini memproduksi protein yang peka terhadap cahaya sehingga sanggup membantu silia (ungu) untuk mengarahkan larva spons menuju atau menjauhi cahaya. (Credit: Sally Leys)
Tepat di sebelah sel-sel pigmentasi ini ialah sel-sel yang mempunyai cry2, yaitu gen pembuat protein yang sensitif terhadap cahaya. Gen ini mempunyai level lisan yang tinggi.

Todd Oakley dari University of California, Santa Barbara dan peneliti lainnya melaporkan temuan ini di Journal of Experimental Biology dan akan diterbitkan pada 15 April 2012.

Protein yang sensitif cahaya ini turut terlibat dalam mengarahkan pergerakan silia dan berfungsi sebagai kemudi bagi spons. “Temuan ini memperlihatkan petunjuk wacana bagaimana binatang sederhana ini membuatkan indera penglihatannya”, Kata Oakley.

Referensi Jurnal :

Kathryn Knight. 2012. SPONGE LARVAE COULD BE GUIDED BY CRYPTOCHROME. J Exp Biol 215:ii. doi: 10.1242/jeb.072322

Ajna S. Rivera, Nuri Ozturk, Bryony Fahey, David C. Plachetzki,Bernard M. Degnan, Aziz Sancar and Todd H. Oakley. 2012.  Blue-light-receptive cryptochrome is expressed in a sponge eye lacking neurons and opsin. J Exp Biol.215:1278-1286. ; doi: 10.1242/jeb.067140.

Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh Sciencenews. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!