Home » » Pintar Pelajaran Manfaat Gelombang Suara Ultrasonik, Penerapan, Contoh, Aplikasi, Sonar, Pencitraan Medis, Terapi, Industri, Fisika, Bumi

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Manfaat Gelombang Suara Ultrasonik, Penerapan, Contoh, Aplikasi, Sonar, Pencitraan Medis, Terapi, Industri, Fisika, Bumi

fisika-bumi" target="_blank">Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik, Penerapan, Contoh, Aplikasi, Sonar, Pencitraan Medis, Terapi, Industri, Fisika, Bumi - Gelombang ultrasonik banyak dimanfaatkan dalam banyak sekali bidang dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa teladan penerapan suara ultrasonik.

1. Pemanfaatan untuk Sonar (Sound Navigation Ranging)


Sonar merupakan suatu teknik yang dipakai untuk memilih letak benda di bawah maritim dengan memakai metode pantulan gelombang. Pantulan gelombang oleh suatu permukaan atau benda sehingga jenis gelombang yang lebih lemah terdeteksi tidak usang sesudah gelombang asal disebut gema. Gema merupakan suara yang terdengar tidak usang sesudah suara asli. Perlambatan antara kedua gelombang memperlihatkan jarak permukaan pemantul.
 Gelombang ultrasonik banyak dimanfaatkan dalam banyak sekali bidang dalam kehidupan sehari Pintar Pelajaran Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik, Penerapan, Contoh, Aplikasi, Sonar, Pencitraan Medis, Terapi, Industri, Fisika, Bumi
Penduga gema (echo sounder) ialah peralatan yang dipakai untuk memilih kedalaman air di bawah kapal. Kapal mengirimkan suatu gelombang suara dan mengukur waktu yang diperlukan gema untuk kembali, sesudah pemantulan oleh dasar laut. Selain kedalaman laut, metode ini juga sanggup dipakai untuk mengetahui lokasi karang, kapal karam, kapal selam, atau sekelompok ikan.

2. Pencitraan Medis


Bunyi ultrasonik dipakai dalam bidang kedokteran dengan memakai teknik pulsa-gema. Teknik ini hampir sama dengan sonar. Pulsa suara dengan frekuensi tinggi diarahkan ke tubuh, dan pantulannya dari batas atau pertemuan antara organ-organ dan struktur lainnya dan luka dalam tubuh lalu dideteksi. Dengan memakai teknik ini, tumor dan pertumbuhan gila lainnya, atau gumpalan fluida sanggup dilihat. Selain itu juga sanggup dipakai untuk menyidik kerja katup jantung dan perkembangan janin dalam kandungan. Informasi mengenai banyak sekali organ tubuh menyerupai otot, jantung, hati, dan ginjal sanggup diketahui.

Frekuensi yang dipakai pada diagnosis dengan gelombang ultrasonik antara 1 hingga 10 MHz, laju gelombang suara pada jaringan tubuh insan sekitar 1.540 m/s, sehingga panjang gelombangnya adalah:

λ = v/f = (1.540 m/s) / (106 s-1) = 1,5 × 10-3 = 1,5 mm.

Panjang gelombang ini merupakan batas benda yang paling kecil yang sanggup dideteksi. Makin tinggi frekuensi, makin banyak gelombang yang diserap tubuh, dan pantulan dari bab yang lebih dalam dari tubuh akan hilang.

Pencitraan medis dengan memakai suara ultrasonik merupakan kemajuan yang penting dalam dunia kedokteran. Metode ini sanggup menggantikan mekanisme lain yang berisiko, menyakitkan, dan mahal. Cara ini dianggap tidak berbahaya.

3. Terapi Medis memakai Bunyi Ultrasonik


Dalam dunia kedokteran, gelombang ultrasonik dipakai dalam diagnosa dan pengobatan. Diagnosa dengan memakai gelombang ultrasonik berupa USG (ultrasonografi), sanggup dipakai untuk mengetahui janin di dalam kandungan. Pengobatan mencakup penghancuran jaringan yang tidak diinginkan dalam tubuh, contohnya watu ginjal atau tumor, dengan memakai gelombang ultrasonik berintensitas tinggi (setinggi 107 W/m2) yang lalu difokuskan pada jaringan yang tidak diinginkan tersebut. Selain itu suara ultrasonik juga dipakai untuk terapi fisik, yaitu dengan memperlihatkan pemanasan lokal pada otot yang cedera.
 Gelombang ultrasonik banyak dimanfaatkan dalam banyak sekali bidang dalam kehidupan sehari Pintar Pelajaran Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik, Penerapan, Contoh, Aplikasi, Sonar, Pencitraan Medis, Terapi, Industri, Fisika, Bumi
Gambar 2. Gelombang ultrasonik sanggup dipakai untuk mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan (USG). [1]

4. Penerapan dalam Bidang Industri


Dalam dunia industri, dengan memakai bor-bor ultrasonik sanggup dibentuk banyak sekali bentuk atau ukuran lubang pada gelas dan baja.

5. Mengetahui Keadaan Bagian dalam Bumi


Pergeseran tiba-tiba segmen-segmen kerak bumi yang dibatasi zona patahan sanggup menghasilkan gelombang seismik. Ini memungkinkan para jago geologi dan geofisika untuk memperoleh pengetahuan wacana keadaan bab dalam Bumi dan membantu mencari sumber materi bakar fosil baru. Ada empat tipe gelombang seismik, yaitu gelombang tubuh P, gelombang tubuh S, gelombang permukaan Love, dan gelombang permukaan Rayleigh.
 Gelombang ultrasonik banyak dimanfaatkan dalam banyak sekali bidang dalam kehidupan sehari Pintar Pelajaran Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik, Penerapan, Contoh, Aplikasi, Sonar, Pencitraan Medis, Terapi, Industri, Fisika, Bumi
Gambar 3. Grafik waktu penjalaran sanggup dipakai untuk memilih jarak stasiun seismograf dari episenter gempa bumi.
Alat yang dipakai untuk mendeteksi gelombang-gelombang ini disebut seismograf, yang biasanya dipakai untuk mendeteksi adanya gempa bumi. Seperti semua gelombang, laju gelombang seismik bergantung pada sifat medium, rigiditas, ketegaran, dan kerapatan medium. Grafik waktu perjalanan sanggup dipakai untuk memilih jarak stasiun seismograf dari episenter gempa bumi.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Gelombang Bunyi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Budiyanto, J. 2009. Fisika : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 298.

Referensi Lainnya :

[1] http://gallery.hd.org/_c/medicine/_more2005/_more08/sonogram-human-foetal-fetal-ultrasound-scan-at-22-weeks-mono-1-ANON.jpg.html

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!