Home » » Pintar Pelajaran Macam-Macam, Jenis-Jenis Gelombang, Menurut Arah Rambat Getar Medium Amplitudo

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Macam-Macam, Jenis-Jenis Gelombang, Menurut Arah Rambat Getar Medium Amplitudo

Macam-macam, Jenis-jenis Gelombang, Berdasarkan Arah Rambat Getar Medium Amplitudo - Di alam ini berbagai terjadi gelombang. Contohnya ada gelombang air, gelombang tali, cahaya, bunyi, dan gelombang radio. Apakah semua gelombang itu sama? Ternyata semua gelombang itu sanggup dikelompokkan menjadi beberapa jenis sesuai sifat kemiripannya contohnya sanggup dibagi dengan dasar berikut.

a. Berdasarkan arah rambat dan arah getar

Berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, gelombang sanggup dibagi menjadi dua. Pertama, gelombang transversal yaitu gelombang yang arah rambat tegak lurus pada arah getarnya. Contohnya gelombang air, tali dan cahaya. Kedua, gelombang longitudinal yaitu gelombang yang arah rambat dan arah getarnya sejajar. Contohnya gelombang pegas dan bunyi. Perbedaan kedua gelombang ini sanggup kalian lihat pada Gambar 1.
 Berdasarkan Arah Rambat Getar Medium Amplitudo Pintar Pelajaran Macam-macam, Jenis-jenis Gelombang, Berdasarkan Arah Rambat Getar Medium Amplitudo
Gambar 1. Jenis-jenis gelombang (a) gelombang longitudinal, (b) gelombang transversal. [1]

b. Berdasarkan zat mediator atau medium rambatannya,

Berdasarkan mediumnya, gelombang juga sanggup dibagi menjadi dua. 
  1. Gelombang mekanik yakni gelombang yang membutuhkan media dalam merambat. Contohnya gelombang tali dan bunyi. Apa yang terjadi jikalau ada dua orang astronot yang bercakap-cakap diruang hampa? Jawabnya tentu tidak sanggup secara eksklusif dari percakapan antar suara dari mulutnya.
  2. Sedangkan adalagi gelombang yang tidak membutuhkan media dalam merambat. Gelombang ini dinamakan gelombang elektromagnetik. Contohnya cahaya, gelombang radio dan sinar-X.
c. Berdasarkan amplitudonya [1]

Berdasarkan amplitudonya, gelombang sanggup dibedakan menjadi dua, yakni gelombang berjalan dan gelombang diam/berdiri.
  1. Gelombang Berjalan, yakni gelombang yang amplitudonya tetap pada setiap titik yang dilalui gelombang, contohnya gelombang pada tali.
  2. Gelombang Stasioner (diam/)berdiri, yakni gelombang yang amplitudonya berubah, contohnya gelombang pada senar gitar yang dipetik.
Anda kini sudah mengetahui Jenis Gelombang. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Handayani dan A. Damari. 2009. Fisika 3 : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 154.

Referensi Lainnya :

[1] Suharyanto, Karyono dan D. S. Palupi.  2009. Fisika : untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 335.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!