Home » » Pintar Pelajaran Definisi, Pengertian Gelombang, Osilasi, Gelombang Maritim Primer Sekunder Panjang

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Definisi, Pengertian Gelombang, Osilasi, Gelombang Maritim Primer Sekunder Panjang

Definisi, Pengertian Gelombang, Osilasi, Gelombang Laut Primer Sekunder Panjang - Konsep gelombang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gelombang bunyi, gelombang cahaya, gelombang radio, dan gelombang air merupakan beberapa tumpuan bentuk gelombang. Ketika kita melihat fenomena gelombang laut, ternyata, air gelombang tidak bergerak maju, melainkan melingkar. Sehingga air hanya bergerak naik-turun begitu gelombang melintas. Tepi pantai menahan dasar gelombang, sehingga puncak gelombang bergerak lebih cepat untuk memecah di tepi pantai. Dengan demikian, terjadinya gerak gelombang maritim sanggup dirumuskan sebagai berikut. Pertama, air mencapai dasar bulat pada lembah gelombang. Kemudian, air mencapai potongan atas bulat pada puncak gelombang. Lalu, puncak gelombang memecah di tepi pantai. Gelombang air bergerak dengan kecepatan yang sanggup diketahui. Tetapi, setiap partikel pada air itu sendiri, hanya berosilasi terhadap titik setimbang. Gelombang bergerak melintasi jarak yang jauh, tetapi medium (cair, padat, atau gas) hanya sanggup bergerak terbatas. Dengan demikian, walaupun gelombang bukan merupakan materi, pola gelombang sanggup merambat pada materi.

Sebuah gelombang terdiri dari osilasi yang bergerak tanpa membawa bahan bersamanya. Gelombang membawa energi dari satu daerah ke daerah lain. Pada masalah gelombang laut, energi diberikan ke gelombang air, contohnya oleh angin di maritim lepas. Kemudian energi dibawa oleh gelombang ke pantai.

Gelombang periodik merupakan gerak gelombang secara teratur dan berulang-ulang yang memiliki sumber berupa gangguan yang kontinu dan berosilasi, berupa getaran atau osilasi. Gelombang air sanggup dihasilkan oleh benda penggetar apapun yang diletakkan di permukaan, ibarat tangan, atau air itu sendiri dibentuk bergetar saat angin bertiup melintasinya, dan sanggup juga sebab sebuah kerikil yang dilempar ke dalamnya.

Materi Fisika :
Gelombang Laut
fisika-842013.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> Konsep gelombang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari Pintar Pelajaran Definisi, Pengertian Gelombang, Osilasi, Gelombang Laut Primer Sekunder Panjangfisika-842013.jpg" title="Pintar Pelajaran Definisi, Pengertian Gelombang, Osilasi, Gelombang Laut Primer Sekunder Panjang" width="400">

Gelombang maritim dbedakan menjadi tiga macam gelombang primer atau gelombang longitudinal. Gelombang ini merambat di permukaan bumi di dasar maritim dengan kecepatan 7-14 km/sekon. Yang kedua ialah gelombang sekunder atau gelombang transversal. Gelombang ini ibarat gelombang primer melalui permukaan bumi di dasar laut. Yang ketiga ialah gelombang panjang. Gelombang ini sanggup menjadikan kerusakan di permukaan bumi sebab berasal dari episentrum bumi. Gelombang ini dikategorikan sebagai gelombang maritim tektonik sebab di akibatkan oleh bergesernya lempengan kerak bumi.

Anda kini sudah mengetahui Pengertian Gelombang. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Budiyanto, J. 2009. Fisika : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!