Home » » Pintar Pelajaran Perubahan Iklim Kemungkinan Menghasilkan Perubahan Ekosistem Yang Sangat Drastis

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Perubahan Iklim Kemungkinan Menghasilkan Perubahan Ekosistem Yang Sangat Drastis

Perubahan Iklim Kemungkinan Menghasilkan Perubahan Ekosistem Yang Sangat Drastis - NASA melaporkan bahwa pada tahun 2100 akan terjadi perubahan iklim global yang  mengubah hampir setengah dari seluruh komunitas yang berada di permukaan  bumi dan akan mendorong konversi dari satu jenis komunitas ekologi utama ibarat hutan, padang rumput atau tundra menjadi ekosistem yang lain. Konversi ini sanggup mencapai 40 persen dari lahan berbasis ekosistem. Peneliti dari Laboratorium Jet Propulsion (JPL) NASA dan Institut Teknologi California di Pasadena, California, telah menyidik segala kemungkinan yang timbul dari perubahan iklim bumi terhadap reaksi tumbuhan selama tiga era berikutnya. Iklim mengalami perubahan sebab respons bumi terhadap meningkatnya gas rumah beling yang dihasilkan manusia. Hasil studi  diterbitkan dalam jurnal Perubahan Iklim.

Model proyeksi menggambarkan peningkatan perubahan ekologi dan tekanan di biosfer Bumi, sehingga banyak spesies tumbuhan dan  hewan menghadapi meningkatnya persaingan untuk kelangsungan hidup dan adanya perubahan spesies yang signifikan sebab beberapa spesies menyerang tempat yang diduduki oleh spesies lain. Sebagian besar tanah di bumi yang tidak ditutupi oleh es atau padang pasir diproyeksikan mengalami setidaknya 30 persen perubahan area tutupan tumbuhan  sehingga menjadikan  manusia dan binatang harus menyesuaikan diri dan sering berpindah tempat.
Perubahan Iklim Kemungkinan Menghasilkan Perubahan Ekosistem Yang Sangat Drastis Pintar Pelajaran Perubahan Iklim Kemungkinan Menghasilkan Perubahan Ekosistem Yang Sangat Drastis
Prediksi persentase bentang alam ekologi yang mengalami perubahan spesies tumbuhan sebab perubahan iklim yang diakibatkan acara insan pada tahun 2100. (Credit: NASA/JPL-Caltech)
Selain melaporkan adanya perubahan komunitas tumbuhan, studi ini juga memprediksi bahwa perubahan iklim akan mengganggu keseimbangan ekologis spesies tumbuhan dan hewan, mengurangi keanekaragaman hayati dan mempengaruhi air di bumi, energi, siklus karbon dan unsur lainnya.

“Selama lebih dari 25 tahun, para ilmuwan telah memperingatkan ancaman jawaban perubahan iklim,” kata Jon Bergengren, seorang sarjana postdoctoral di Caltech. ”Studi kami memperkenalkan pandangan gres perihal perubahan iklim, mengeksplorasi implikasi ekologis dari beberapa derajat pemanasan global, seiring dengan terjadinya gletser yang mencair, naiknya permukaan maritim dan perubahan lingkungan lainnya, serta pada akhirnya, itu ialah konsekuensi ekologis yang jelas. “

Ketika dihadapkan pada perubahan iklim, spesies tumbuhan harus selalu bermigrasi secara bebuyutan sebab mereka hanya bisa bertahan, bersaing dan bereproduksi pada kisaran iklim dimana mereka bisa menyesuaikan diri secara fisiologis. Sementara itu, tumbuhan dan binatang telah dilengkapi kemampuan untuk bermigrasi sebagai respon terhadap perubahan iklim musiman, misalnya pada selesai jaman es. Namun, ketika ini mereka tidak mempunyai kemampuan untuk sanggup bertahan hidup terhadap perubahan iklim yang drastis. Aktifitas insan ibarat pertanian dan urbanisasi telah menghancurkan habitat alami di bumi, sehingga hal ini akan menghambat keberhasilan migrasi tumbuhan dan hewan.

Untuk mempelajari sensitivitas sistem ekologi bumi terhadap perubahan iklim, para ilmuwan memakai model komputer yang memprediksi jenis komunitas tumbuhan yang unik diadaptasi untuk setiap iklim di Bumi. Simulasi ini didasarkan pada Skenario perubahan gas rumah beling yang dibahas oleh PBB. Model ini dipakai untuk mensimulasikan keadaan masa depan vegetasi alami Bumi yang selaras dengan proyeksi iklim dari 10 simulasi iklim yang berbeda secara global.  PBB melaporkan bahwa simulasi iklim memprediksi bahwa bumi lebih hangat dan basah, dengan peningkatan suhu global 3,6-7,2 derajat Fahrenheit (2 hingga 4 derajat Celcius) pada tahun 2100, hal ini ibarat dengan yang terjadi 22.000 tahun yang kemudian yaitu Last Glacial Maximum (masa dimana jaman es mencapai puncaknya untuk terakhir kalinya).  Dalam skenario, beberapa tempat menjadi lebih berair sebab meningkatnya penguapan, sementara yang lain menjadi kering sebab perubahan dalam sirkulasi atmosfer.

Para peneliti menemukan adanya pergeseran dari bioma, atau jenis utama komunitas ekologi, ke arah kutub bumi - paling dramatis terjadi di padang rumput subtropis dan hutan taiga - dan menuju tempat yang lebih tinggi.  Ecologically sensitive “hotspots” ialah tempat yang diproyeksikan mengalami tingkat peralihan spesies terbesar - yang diidentifikasi oleh penelitian ini mencakup wilayah di Himalaya dan Dataran Tinggi Tibet, cuilan timur khatulistiwa Afrika, Madagaskar, wilayah Mediterania, cuilan selatan Amerika Selatan, dan area Great Lakes  dan Great Plains Amerika Utara. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila area terbesar yang mengalami perubahan bioma dan sensitive secara ekologi pada era ini, ditemukan di tempat dengan perubahan iklim yang paling dramatis: di lintang tinggi belahan bumi utara, terutama sepanjang perbatasan utara dan selatan hutan taiga.

“Studi kami menyebarkan cara sederhana, konsisten dan kuantitatif untuk menggambarkan dampak perubahan iklim terhadap ekosistem, menilai dan membandingkan implikasi dari proyeksi model iklim,” kata Duane Waliser (JPL)   . ”Alat gres ini memungkinkan para ilmuwan untuk menjelajahi dan memahami keterkaitan antara ekosistem bumi dan iklim dan untuk mengidentifikasi tempat yang diproyeksikan mempunyai tingkat terbesar dari sensitivitas ekologis.”

“Dalam studi ini, kami telah menyebarkan dan menerapkan dua metode pengukuran sensitivitas ekologis gres yaitu analog sensitivitas iklim - untuk menyidik tingkat potensi perubahan komunitas tumbuhan selama tiga era berikutnya,” kata Bergengren. Level dramatis sensitifitas ekologis dari ekosistem Bumi yang diperkirakan oleh penelitian kami, menyoroti pentingnya masyarakat global untuk mempercepat kemajuan dalam melestarikan keanekaragaman hayati dengan cara menstabilkan iklim bumi.”

JPL dikelola oleh California Institute of Technology di Pasadena untuk NASA.

Referensi Jurnal :

Jon C. Bergengren, Duane E. Waliser, Yuk L. Yung. Ecological sensitivity: a biospheric view of climate change. Climatic Change, 2011; 107 (3-4): 433 DOI: 10.1007/s10584-011-0065-1.

Artikel ini merupakan terjemahan dari goresan pena ulang berdasakan materi yang disediakan oleh NASA/Jet Propulsion Laboratory via Science Daily. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!