Home » » Pintar Pelajaran Rumus Besaran-Besaran Pada Gelombang, Frekuensi, Amplitudo, Panjang, Waktu, Jumlah

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Rumus Besaran-Besaran Pada Gelombang, Frekuensi, Amplitudo, Panjang, Waktu, Jumlah

Rumus Besaran-besaran pada Gelombang, Frekuensi, Amplitudo, Panjang, Waktu, Jumlah -Gelombang sebagai rambatan energi getaran mempunyai besaran-besaran yang sama dan ada beberapa tambahan. Diantaranya ialah frekuensi dan periode. Frekuensi gelombang ialah banyaknya gelombang yang terjadi tiap detik. Sedangkan periode ialah waktu yang diharapkan untuk satu gelombang.

a. f = N/t

b. T = t/N

c. f = 1/T

dengan :

f = frekuensi (Hz)
T = periode (s)
N = banyaknya gelombang
t = waktu (s)

Untuk gelombang transversal satu gelombang sama dengan dari puncak ke puncak terdekat atau dari lembah ke lembah terdekat. Sedangkan untuk gelombang longitudinal satu gelombang sama dengan dari regangan ke regangan terdekat atau dari rapatan ke rapatan terdekat. Berikutnya ialah besaran cepat rambat. Gelombang merupakan bentuk rambatan berarti mempunyai kecepatan rambat. Sesuai dengan pengertian dasarnya maka cepat rambat ini sanggup dirumuskan menyerupai berikut.

v = s/t

Untuk satu gelombang sanggup di tentukan besaran berikutnya yang perlu diketahui ialah panjang gelombang dan cepat rambat gelombang. Perhatikan Gambar 1. 
Gelombang sebagai rambatan energi getaran mempunyai besaran Pintar Pelajaran Rumus Besaran-besaran pada Gelombang, Frekuensi, Amplitudo, Panjang, Waktu, Jumlah
Gambar 1. Panjang 1 gelombang pada : (a) gelombang transversal dan (b) gelombang longitudinal
Panjang gelombang yang disimbulkan λ merupakan panjang satu gelombang atau jarak yang ditempuh untuk satu kali gelombang.

v = λ/t

atau 

v = λ . f

Contoh Soal :

Sebuah gelombang menjalar pada air. Dalam waktu 25 gelombang sanggup menempuh jarak 10 m. Pada jarak tersebut terdapat 4 gelombang. Tentukan ferkuensi, periode, panjang gelombang, dan cepat rambat gelombang!

Penyelesaian / Kunci Jawaban :

t = 2 s, S = 10 m, N = 4

a. frekuensi gelombang :

f = N/t = 4/2 = s Hz

b. periodenya setara :

f = 1/T = 1/2 s

c. panjang gelombang memenuhi :

λ = S/N = 10/4 = 2,5 m

d. cepat rambat gelombang :

v = λ . f = 2,5 . 2 = 5 m/s

Anda kini sudah mengetahui Besaran pada Gelombang. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Handayani dan A. Damari. 2009. Fisika 3 : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 154.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!