Home » » Pintar Pelajaran Teori Aturan Oktaf Newlands, Sistem Periodik, Kelemahan, Kelebihan, Bunyi, Pengertian

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Teori Aturan Oktaf Newlands, Sistem Periodik, Kelemahan, Kelebihan, Bunyi, Pengertian

Teori Hukum Oktaf Newlands, Sistem Periodik, Kelemahan, Kelebihan, Bunyi, Pengertian - Usaha selanjutnya dilakukan oleh spesialis kimia asal Inggris berjulukan A. R. Newlands, yang pada tahun 1864 mengumumkan penemuannya yang disebut aturan oktaf. Newlands menyusun unsur menurut kenaikan massa atom relatifnya. 

Unsur-unsur kimia diurutkan dari kiri ke kanan. Ternyata unsur yang berselisih 1 oktaf (unsur ke-1 dan ke-8, unsur ke-2 dan unsur ke-9), mengatakan kemiripan sifat atau kelompok unsur-unsur yang seolah-olah terulang setiap 8 unsur. Jika hitungan diawali dari Li, unsur kedelapan yaitu unsur Na dan unsur keenambelas yaitu K. Unsur Li, Na, dan K mempunyai sifat yang mirip. Begitu juga dengan unsur Be, Mg, dan Ca. Pengelompokan unsur yang dilakukan Newlands pada 1864 tersebut dikenal dengan nama Hukum Oktaf. Akan tetapi, teorinya ini dianggap hal yang konyol oleh banyak orang. Sampai lima tahun kemudian, Dmitri Mendeleev memperkenalkan suatu bentuk tabel periodik menurut massa atom. Gambar 1.menunjukkan susunan unsur-unsur kimia yang dikelompokkan Newlands. [1]
 Usaha selanjutnya dilakukan oleh spesialis kimia asal Inggris berjulukan A Pintar Pelajaran Teori Hukum Oktaf Newlands, Sistem Periodik, Kelemahan, Kelebihan, Bunyi, Pengertian
Sistem Periodik Newlands. [2]

Newlands merupakan orang yang pertama kali mengatakan bahwa unsur-unsur kimia bersifat periodik.

  1. Hukum oktaf ini juga mempunyai kelemahan sebab hanya berlaku untuk unsur-unsur ringan. Jika diteruskan, ternyata kemiripan sifat terlalu dipaksakan. Misalnya, Zn mempunyai sifat yang cukup berbeda dengan Be, Mg, dan Ca.
  2. Hukum Oktaf Newland hanya berlaku untuk unsur-unsur dengan massa atom yang rendah.
Pada ketika daftar Oktaf Newland disusun, unsur-unsur gas mulia (He, Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn) belum ditemukan. Gas Mulia ditemukan oleh Rayleigh dan Ramsay pada tahun 1894. Unsur gas mulia yang pertama ditemukan ialah gas argon. [3]

Anda kini sudah mengetahui Hukum Oktaf Newlands. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Utami, B. A. N. Catur Saputro, L. Mahardiani, dan S. Yamtinah, Bakti Mulyani.2009. Kimia : Untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 250.

Referensi Lainnya :

[1] Rahayu, I. 2009. Mudah Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.

[2] http://en.wikipedia.org/wiki/John_Alexander_Reina_Newlands

[3] Permana, I. 2009. Memahami Kimia 1 : SMA/MA untuk Kelas Semester 1 dan 2. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 175.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!