Home » » Pintar Pelajaran Sistem Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Tarumanegara

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Sistem Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Tarumanegara

Artikel dan Makalah wacana Sistem Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Tarumanegara - Kehidupan masyarakat Tarumanagara tak jauh beda dengan Kutai. Menurut sebuah prasasti, kehidupan sosialnya telah berkembang baik, terlihat dari penggalian susukan (sungai yang digali) Gomati dan Candrabhaga secara gotong-royong. Tenaga kerja yang diperintah menggali susukan tersebut biasanya dari golongan budak dan kaum sudra. Pembangunan susukan Gomati dan Candrabaga begitu bermakna bagi perekonomian Tarumanagara. Selain sebagai sarana pencegah banjir, juga sanggup dipergunakan sebagai sarana transportasi (lalu lintas) air dan perdagangan antara pedagang Tarumanagara dengan pedagang kawasan lain. Hasil bumi merupakan komoditas utama. (Baca juga : Kerajaan Tarumanegara)

Melalui perdagangan, masyarakat Tarumanagara sanggup memperoleh barang yang tidak dihasilkan di kerajaannya. Kehidupan ekonomi Tarumanagara bertumpu pada hasil ladang dan kebun. Barang yang ditawarkan yakni beras dan kayu jati. Mayoritas rakyat Tarumanagara yakni peladang. Karena masyarakat peladang selalu berpindah-pindah tempat. Ini berbeda dengan masyarakat petani yang selalu menetap di satu tempat, contohnya di Jawa Tengah dan Timur.

Catatan Sejarah :

Menurut Jacob Sumardjo, masyarakat peladang yakni masyarakat yang hidup di kawasan dataran tinggi dan pegunungan, hidup dengan berladang alasannya yakni itu mereka berpindah-pindah. Bila hasil panen ladang telah habis, mereka berpindah tempat untuk mencari lahan gres untuk ditanami buah-buahan, sayur, mayur, ubi-ubian, serta padi. Maka dari itu, di Jawa Barat jarang ditemukan bekas-bekas peninggalan kerajaan alasannya yakni baik pemimpin maupun rakyatnya cenderung berpindahpindah tempat, tidak berdiam untuk tempo yang cukup lama. Ini mengingat tanah di kawasan dataran tinggi tidak terlalu baik untuk dijadikan lahan pertanian. Sebaliknya, tradisi pertanian hidup di dataran rendah ibarat di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang lebih banyak meninggalkan artefak dan benda bersejarah.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Tarumanegara. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!