Home » » Pintar Pelajaran Panda Prasejarah Ditemukan Di Eropa

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Panda Prasejarah Ditemukan Di Eropa

Panda Prasejarah Ditemukan Di Eropa - Kerabat purba dari Panda Raksasa telah ditemukan di Spanyol. Penelitian gres menyatakan bahwa beruang Cina yang populer tersebut ternyata berasal dari Benua Eropa. Spesies berumur 11 juta tahun tersebut dijuluki sebagai Agriarctos beatrix, hidup di hutan lembab yang kini merupakan negara Spanyol, berdasarkan para ilmuwan yang gres saja menemukan fosil gigi binatang tersebut bersahabat dengan kota Zaragoza (peta). Gigi tersebut telah banyak memperlihatkan info bagi jago Paleontologis wacana keberadaan spesies tersebut, berdasarkan Juan Abella, seorang kepala studi dari Museo Nacional de Ciencias Naturales, Madrid, Spanyol.

“Sebagai contoh, semua aksara dan bentuk gigi beruang sanggup memperlihatkan bahwa gigi tersebut memang dimiliki oleh beruang, dan hal tersebut sama menyerupai cara kita mengetahui gigi anjing, kucing, rusa, dan kelompok binatang vertebrata lainnya”. menyerupai yang telah disampaikan oleh Abella yang dikirim lewat email.

Setelah menganalisa fosil gigi tersebut, beliau menambahkan pada penelitian tersebut bahwa fosil gigi tersebut dimiliki oleh keluarga beruang, dan lebih tepatnya dimiliki oleh Subfamili Panda Raksasa.
 Kerabat purba dari Panda Raksasa telah ditemukan di Spanyol Pintar Pelajaran Panda Prasejarah Ditemukan Di Eropa
Hanya dengan fosil gigi yang ada, para peneliti bisa mengidentifikasi nenek moyang panda raksasa : A. beatrix. (foto : Illustrasi oleh José Antonio Peñas, SINC)
Kemiripan dari subfamili tersebut mungkin sangat mencolok, Abella dan para peneliti yang lain berspekulasi bahwa beruang tersebut mempunyai pola menyerupai Panda, alasannya kebanyakan spesies yang berasal dari famili tersebut mempunyai pola bercak hitam dan putih yang sama.

Apakah Panda bahu-membahu berasal dari Eropa?

A. beatrix tidak menyerupai Panda pada umumnya. Beruang Matahari yang merupakan beruang modern dengan ukuran terkecilnya mempunyai berat 130 pon (60 kilogram), mungkin belum bisa disebut sebagai pemburu terhebat pada masa prasejarah di Eropa.

Tim berspekulasi bahwa, menyerupai Panda dan beruang kecil yang ada pada ketika ini, spesies gres yang ditemukan tersebut telah bisa memanjat pohon sehingga sanggup menghindari predator yang ada pada ketika itu, menyerupai pada Beruang anjing yang telah punah dan Harimau bertaring tajam (Saber tooth), yakni binatang sejenis kucing yang berasal dari famili Barbourofelidae. A. beatrix merupakan spesies yang dikenal paling renta dari subfamili Ailuropodinae, dan merupakan panda raksasa.

Abella menyampaikan bahwa asal mula dari beruang tersebut tidak berasal dari Cina, dimana spesies panda raksasa tersebut tinggal. Namun berasal dari tempat yang hangat dan lembab di barat daya daratan Eropa.

Apakah nenek moyang panda raksasa berpindah ke daratan Cina?

Bagaimana cara nenek moyang panda raksasa tersebut berpindah dari Spanyol ke Cina?

Berdasakan dari penelitian sebelumnya, Abella menyampaikan bahwa beruang pada umumnya sanggup berpindah dan menyebar dengan gampang apabila terdapat lingkungan yang menguntungkan dan mendukung untuk hidup mereka, dan dimulai dari daratan di barat daya eropa yang lembab dan hangat.

Abella juga menyampaikan bahwa beruang juga lebih cenderung bermigrasi di seluruh daratan, dan salah satu penghalang besar dari migrasi tersebut yakni sebuah bahari purba di Eropa yang disebut Parathetys yang telah menyusut pada masa keberadaan A. beatrix.

Adapun bagaimana cara A. beatrix bisa hingga ke Cina, Abella menyampaikan “Kami tidak tahu, namun tidak ada yang memperlihatkan adanya fosil dari spesies tersebut yang ditemukan di luar Spanyol”.

Di masa yang akan tiba Abella berharap sanggup menggali kerangaka dari A. beatrix, yang akan lebih banyak lagi mengungkap bagaimana beruang tersebut hidup dan bergerak.

Hal ini belum diketahui apakah tengkorak dari spesies tersebut masih ada, namun tim yang berhubungan dengan Institut Català de Paleontologia di Barcelona akan tetap untuk menggali tempat lapisan tanah berfosil yang sangat menarik untuk dipelajari. Di tempat lapisan tanah berfosil dimana fosil gigi A. beatrix tersebut ditemukan diperkirakan mempunyai umur yang sama dengan umur fosil gigi tersebut.

Abella menyampaikan bahwa sebelum kerangka dari fosil A. beatrix ditemukan secara keseluruhan, maka beliau dan timnya belum bisa memperlihatkan info yang lengkap wacana spesies tersebut.

Studi wacana kekerabatan Panda telah diterbitkan pada edisi terbaru jurnal Estudios Geológicos.

Referensi Jurnal :

J. Abella, P. Montoya, J. Morales. 2012. Una nueva especie de Agriarctos (Ailuropodinae, Ursidae, Carnivora) en la localidad de Nombrevilla 2 (Zaragoza, España). Estudios Geológicos, 67 (2). doi: 10.3989/egeol.40714.182.

Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan dari National Geographic News. Artikel ini ditulis oleh hristine Dell’Amore ( 14 Mei 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!